Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikAman dari Pelacak dan Hacker, Begini Cara Amankan Obrolan WhatsApp

    Aman dari Pelacak dan Hacker, Begini Cara Amankan Obrolan WhatsApp

    Hacker mengintai obrolan WhatsApp kamu. Ini dia tips perkuat keamanan chat WA.

    News.OLX – WhatsApp (WA) menggunakan enkripsi end-to-end untuk melindungi privasi pengguna. Ini berarti, hanya pengirim dan penerima pesan yang dapat membaca isinya. 

    Namun, sebagaimana teknologi pada umumnya, tidak ada sistem yang sepenuhnya bebas risiko hacker. Dengan kata lain, meskipun WA memiliki tingkat keamanan yang tinggi, tidak ada jaminan mutlak bahwa aplikasi perpesanan instan ini selamanya aman dari upaya peretasan.

    4 Cara Mengamankan Chat WA dari Pelacak dan Hacker

    Untuk melindungi akun WA kamu dari hacker, ikuti tips berikut:

    1. Selalu Update Aplikasi

    Tiap kali developer WA menemukan celah keamanan baru, mereka akan merespons dengan merilis update untuk memperbaikinya. Nah, dengan menggunakan versi terbaru, kamu bisa melindungi akun dan data pribadi dari bahaya celah-celah ini.

    Selain perbaikan keamanan, update juga biasanya mencakup perbaikan untuk bug atau masalah teknis yang cenderung bisa memengaruhi kinerja aplikasi. Penggunaan versi terbaru dapat meminimalkan kemungkinan munculnya masalah teknis sekaligus memastikan aplikasi berjalan lebih stabil.

    Jadi, cek secara berkala apakah kamu sudah menggunakan versi terbaru WA di Google Play Store atau App Store. Jika ada update tersedia, jangan tunggu nanti untuk memperbarui aplikasi.

    2. Aktifkan 2FA

    Autentikasi Dua Faktor (2FA) adalah tindakan keamanan yang memerlukan dua metode verifikasi berbeda untuk mengakses akun.

    Sementara itu, dalam konteks WA, kamu bisa mengaktifkan 2FA untuk memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap akses ilegal ke akunmu. Saat diaktifkan, kamu akan diminta untuk mengatur kode PIN unik yang digunakan setiap kali kamu log in di perangkat baru. 

    Kemudian, WA akan meminta kode verifikasi 2FA ketika kamu mencoba masuk. WA akan mengirim kode ini melalui SMS ke nomor telepon yang telah kamu daftarkan.

    Jangan bagikan kode verifikasi 2FA dengan orang lain. Seandainya HP-mu hilang atau kamu lupa kode PIN, WA menyediakan langkah pemulihan tertentu. Jadi, kamu tetap bisa mengakses akunmu dengan aman.

    3. Waspadai Pesan Phishing

    Cara mengamankan akun WA dari hacker yang berikutnya adalah dengan berhati-hati terhadap pesan phishing

    Singkatnya, pesan phishing adalah upaya scamming di mana oknum tertentu mencoba mencuri informasi pribadi atau keuangan seseorang dengan menyamar sebagai lembaga terpercaya. Di sisi lain, pesan phishing bisa berupa link atau chat yang dirancang untuk mengelabui target.

    Jadi, hindari mengklik link dari pengirim yang tidak kamu kenal atau pesan yang terasa mencurigakan. Sama seperti link, hindari juga men-download file dari pengirim yang tidak kamu kenal. Pasalnya, berkas tersebut bisa saja berisi malware atau virus yang berpotensi merusak HP.

    hacker (1)

    4. Cek Perangkat yang Tersambung

    Terakhir, kamu wajib memantau perangkat apapun yang terhubung dengan akunmu. Hal ini penting supaya kamu bisa mendeteksi akses tidak sah ke akun WA kamu, apalagi jika itu dari hacker.

    Kamu bisa melihat daftar perangkat yang saat ini terhubung dengan akun WA kamu di pengaturan. Apabila kamu mendapati perangkat yang mencurigakan, segera log out dari perangkat tersebut. 

    Dengan begitu, perangkat tersebut tidak lagi bisa mengakses akun WA tanpa autentikasi ulang. Itu dia empat cara mengamankan chat WA dari peretasan. Selalu proaktif supaya akun dan data pribadimu selamat dari ancaman hacker yang mengintai kapan saja.

    Dapatkan gadget terbaik di OLX! Segera download aplikasinya di Google Play Store atau App Store untuk pengalaman jual-beli yang lebih praktis. Nikmati fitur negosiasi, notifikasi real-time, dan akses eksklusif ke penawaran terbaik hanya di aplikasi OLX.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait