Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikBenarkah Setelah Diguyur Hujan Mobil Wajib Langsung Dicuci?

    Benarkah Setelah Diguyur Hujan Mobil Wajib Langsung Dicuci?

    Mobil keguyur hujan? Jangan lupa lakukan ini setelahnya!

    News.OLX – Musim hujan yang kerap melanda wilayah Jabodetabek menuntut perhatian ekstra terhadap perawatan mobil.

    Bagi pemilik atau pengguna mobil pribadi, menjaga kondisi kendaraan di musim hujan menjadi kunci untuk mencegah kerusakan dan menjaga penampilan mobil.

    Lantas seberapa penting mencuci mobil setelah terkena hujan? Mengutip laman resmi Nissan, mencuci mobil setelah hujan tidak hanya berfungsi untuk mencegah korosi, tetapi juga untuk menghindari potensi waterspot atau jamur yang bisa merusak tampilan bodi mobil.

    Maka dari itu mencuci mobil setelah hujan adalah langkah yang bijak untuk mencegah air hujan yang mengandung asam menempel pada bodi mobil.

    Menurut laman Nissan lagi, dikatakan air hujan tidak selalu bersih, terutama di daerah-daerah tertentu.

    Misal jika kamu tinggal di dekat laut, air hujan cenderung mengandung lebih banyak garam, dengan PH antara 3-5, yang dapat menyebabkan karat pada bodi mobil.

    Di daerah perkotaan atau dekat pabrik, tingkat polusi tinggi dapat membuat hujan menjadi asam, mempercepat proses karat pada kendaraan.

    Meskipun berada di daerah yang jauh dari laut dan minim polusi, hujan tetap memiliki risiko. Kandungan seperti oksigen terlarut, garam, dan polusi dalam air hujan dapat menyebabkan potensi karat.

    Tingginya kelembaban udara juga meningkatkan risiko korosi, dan air hujan membuat cat mobil lebih rentan terhadap kerusakan karena cepat melunak.

    Hujan (1)

    Tips cuci mobil setelah hujan

    Sebaiknya cuci mobil secepat mungkin setelah terpapar air hujan, untuk membantu menghindari risiko karat dan kerusakan lainnya.

    Jika tidak memungkinkan untuk mencuci, semprotkan air PDAM bertekanan tinggi untuk membersihkan kotoran di seluruh bodi mobil, termasuk di bagian kolong mobil.

    Penting juga untuk segera mengeringkan mobil setelah terkena hujan. Pengeringan cepat menggunakan lap khusus seperti plas chamois atau microfiber membantu menjaga tampilan dan kualitas bodi mobil.

    Luangkan waktu di akhir minggu untuk melakukan pencucian mobil secara menyeluruh agar penampilan mobil tetap terjaga dengan baik.

    Dengan langkah-langkah ini, kamu dapat mengatasi risiko karat dan menjaga keindahan kendaraan kamu.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait