Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikDinamo Starter Mobil Rusak, Apa Penyebabnya?

    Dinamo Starter Mobil Rusak, Apa Penyebabnya?

    Dinamo starter bisa mengalami kerusakan kapan saja. Ini dia penyebab dan cara menjaga keandalannya.

    News.OLX – Dinamo starter mobil, atau juga disebut starter motor, adalah komponen pada mesin mobil yang berfungsi untuk memulai putaran mesin. Komponen ini juga bertugas menggerakkan flywheel yang terhubung dengan kruk as mesin. Alhasil, mesin mulai berputar dan menyala.

    Dinamo starter sangat penting untuk memulai mesin mobil. Jika ada masalah dengan komponen ini, maka perlu perbaikan segera untuk memastikan mobil beroperasi dengan baik.

    Wajib Tahu, Ini 4 Penyebab Dinamo Starter Mobil Rusak

    Ada sejumlah penyebab dinamo starter mobil rusak. Beberapa di antaranya yaitu:

    1. Korsleting

    Korsleting terjadi ketika dua atau lebih kabel listrik yang seharusnya tidak bersentuhan, menjadi bersentuhan. Akibatnya, gangguan ini menyebabkan aliran listrik jadi tidak terkendali, bahkan dapat menimbulkan kerusakan pada komponen elektronik mobil, termasuk starter motor.

    Korsleting sendiri bisa terjadi karena isolasi kabel rusak, kontak buruk, atau kegagalan komponen lainnya.

    Jadi, penting untuk memeriksa kondisi kabel secara berkala dan mengganti kabel yang rusak atau aus. Selain itu, jaga pula kebersihan dan kekeringan di sekitar kabel untuk mencegah korosi dan korsleting akibat kelembaban.

    2. Karbon Brush Aus

    Pada dasarnya, karbon brush adalah komponen yang umumnya terbuat dari karbon atau bahan serupa yang memiliki sifat konduktif baik. Karbon brush berfungsi sebagai penyambung listrik antara bagian stasioner dan bagian berputar pada dinamo starter.

    Ketika starter motor diaktifkan, karbon brush bersentuhan dengan komutator atau slip ring pada armature. Namun, seiring waktu dan penggunaan, karbon brush akhirnya akan aus. Hal ini bisa disebabkan oleh gesekan konstan dengan permukaan komutator atau slip ring. Alhasil, material karbon makin tipis.

    Oleh karena itu, sebaiknya lakukan maintenance dan monitoring rutin untuk memastikan kondisi karbon brush agar senantiasa baik. Segera ganti jika karbon brush mulai aus atau bahkan rusak.

    dinamo starter

    3. Komponen Internal Aus

    Faktanya, komponen internal dinamo starter juga bisa mengalami aus. Bagian-bagian yang biasanya rusak karena penggunaan terus-menerus antara lain armature, bearing (bantalan), gigi-gigi, dan gear train.

    Semua komponen internal ini bekerja sama untuk menghasilkan putaran yang diperlukan untuk memutar mesin. Jika salah satunya aus atau bahkan rusak, kinerja keseluruhan dinamo starter dapat terpengaruh.

    Karenanya, pemeliharaan yang tepat, seperti pelumasan bantalan, penggantian gigi yang aus, dan pemeriksaan armature dari waktu ke waktu, dapat memperpanjang umur pakai starter motor.

    4. Aki Lemah

    Penyebab dinamo starter mobil rusak selanjutnya adalah karena kerusakan pada aki.

    Aki adalah sumber daya listrik utama pada mobil. Fungsinya termasuk menyimpan dan menyediakan energi listrik yang dibutuhkan starter motor agar bisa menghasilkan putaran yang kuat pada armature, kemudian menggerakkan gigi starter ke flywheel mesin.

    Jika aki lemah, daya yang disalurkan ke starter motor tidak akan mencukupi. Aki yang mengalami korosi pada terminalnya juga dapat menghambat aliran listrik, sehingga memengaruhi kinerja starter motor.

    Sebaliknya, aki yang sehat dan berfungsi baik penting supaya sistem starter bekerja secara efisien. Jadi, selalu perhatikan tanda-tanda aki lemah atau rusak untuk mencegah masalah pada sistem ini.

    Itulah empat penyebab dinamo starter mobil rusak yang umumnya bisa kamu cegah dengan mudah.

    Misalnya, lakukan pemeriksaan berkala oleh mekanik yang terlatih. Pastikan kabel-kabel yang terhubung ke dinamo starter tidak aus apalagi rusak. Kemudian, perhatikan apa ada suara tidak biasa saat menyalakan mesin. Bunyi berisik atau grind yang tidak normal biasanya adalah tanda-tanda starter motor bermasalah.

    Mau beli mobil impian tanpa drama? Yuk, temukan di OLX! Download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store dan dapatkan akses eksklusif ke ribuan penawaran terbaik langsung dari ujung jari.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait