Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    ReviewDisuntik Mati pada 2021, Seperti Apa Sejarah Suzuki Karimun di Indonesia?

    Disuntik Mati pada 2021, Seperti Apa Sejarah Suzuki Karimun di Indonesia?

    Suzuki Karimun yang sudah disetop produksinya ternyata punya sejarah panjang yang menarik untuk disimak.

    News.OLX – Suzuki Karimun adalah salah satu mobil mungil terlaris di Indonesia yang merupakan pabrikan mobil asal Jepang, Suzuki. Mobil ini identik dengan ukurannya yang kecil, bentuknya yang kotak, dan penggunaan ruang interior yang efisien.

    Masyarakat Indonesia banyak yang membeli mobil ini karena terbilang ekonomis, irit bahan bakar, dan mudah untuk bermanuver, apalagi di lingkungan perkotaan.

    Mobil ini sudah ada sejak tahun 1998 namun akhirnya menghilang dari pasaran pada tahun 2021. Selama perjalanannya, Suzuki Karimun, yang uniknya memiliki nama Suzuki Wagon R di Jepang dan India, mobil ini sudah mengalami beberapa kali penyegaran.

    Suzuki Karimun (1)

    Suzuki Karimun Generasi Pertama

    Peluncuran perdana Suzuki Karimun yang hadir pada tahun 1998 memamerkan mesin 1.000 cc yang menghasilkan 55 tenaga kuda. Model ini menandai masuknya model ini ke pasar Indonesia dengan transmisi manual 5-percepatan.

    Memiliki banderol seharga Rp69.750.000, Karimun generasi pertama berhasil menyedot perhatian khalayak luas karena tiga faktor keunggulannya. Misalnya, efisiensi bahan bakar, harga yang terjangkau, dan interior yang lapang.

    Kombinasi antara ukuran mesin yang tidak terlalu besar, transmisi manual, dan harga yang kompetitif menjadikan Karimun sebagai mobil primadona bagi konsumen di Indonesia.

    Perilisannya menandai awal dari lini produk sukses Suzuki yang tersohor akan desainnya yang sesuai dengan gaya hidup perkotaan. Selain itu, mobil ini sekaligus menjadi pondasi bagi generasi Karimun mendatang.

    Suzuki Karimun Generasi Kedua

    Karimun generasi kedua, yang berganti nama menjadi Karimun Estilo pada tahun 2007, mendapat transformasi khusus. Menampilkan desain yang lebih atraktif secara estetika yang terinspirasi dari Maruti Suzuki di India, siluetnya yang semula boxy kini terlihat lebih modern dan ramping.

    Bertolak dari sistem karburator, mesin bertransisi ke sistem injeksi dengan tetap mengusung konfigurasi 1.000 cc 4 silinder. Terlepas dari perubahan ini, spesifikasi powertrain tetap stabil dengan 65 tenaga kuda, yang dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan.

    Dengan demikian, Karimun Estilo merepresentasikan gabungan gaya dan efisiensi pada bab kedua dari rangkaian perjalanan Karimun.

    Suzuki Karimun Generasi Ketiga

    Akhirnya, Suzuki Karimun generasi ketiga yang meluncur pada tahun 2013 mengantarkan Karimun ke nomenklatur Wagon R dengan bergabung dalam skema LCGC (Low-Cost Green Car).

    Dengan mengusung mesin 1.000 cc 3 silinder, berbeda dengan pendahulunya, Wagon R mengusung konsep modern dengan berbagai fitur hiburan dan kenyamanan.

    Kabin yang lapang, yang mampu memuat hingga lima orang penumpang, menjadi ciri khas model ini. Desain kabin yang tinggi, dikombinasikan dengan bodi yang boxy, tidak hanya mempercantik tampilan mobil, tetapi juga menyumbang ruang bagasi yang lebih besar dan akomodatif.

    Versi Suzuki Wagon R ini unggul dalam hal efisiensi bahan bakar, fitur-fitur kekinian, dan desain yang fungsional.

    Kendati Suzuki Karimun tidak lagi dijual, permintaan untuk unit bekasnya tetap menguat. Mobil bekas ini banyak tersedia di pasaran, dengan banderol mulai dari Rp35 juta, sehingga mengundang para penggemar otomotif dan calon pembeli dengan anggaran terbatas.

    Dapatkan mobil bekas impianmu hanya di OLX! Akses ribuan iklan mobil bekas langsung dari smartphone kamu dengan download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store. Temukan penawaran terbaik, bandingkan harga, dan hubungi penjual dengan mudah.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait