Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    BeritaHonda dan GM Jalin Kerjasama Produksi Unit Daya Berbahan Bakar Hidrogen di...

    Honda dan GM Jalin Kerjasama Produksi Unit Daya Berbahan Bakar Hidrogen di Amerika Serikat

    Honda dan GM nantinya akan memproduksi unit daya berbahan bakar hidrogen yang punya kelebihan di durability karena sudah menggunakan bahan yang tahan korosi tinggi dan tahan di suhu rendah.

    News.OLX – Honda tidak pernah kendor dalam usahanya untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan berbasis hidrogen. Selama hampir lebih dari 30 tahun, pabrikan mobil jenama Jepang ini sudah melakukan penelitian dan pengembangan pada teknologi hidrogen dan FCEV.

    Baru-baru ini Honda dan General Motors (GM) mengumumkan kerjasama dalam memproduksi unit daya berbahan bakar hidrogen di Amerika Serikat melalui Fuel Cell System Manufacturing (FCSM) , LLC. 

    FCSM sendiri merupakan perusahaan kerjasama pertama di industri otomotif yang fokus pada produksi sistem sel bahan bakar canggih dan berdiri pada Januari 2017 silam.

    Pabrik pembuatan baterai milik GM ini memiliki total investasi sebesar $85 juta dan dibangun diatas tanah seluas luas 6.503 m2 yang berada di Brownstown, Michigan, Amerika Serikat.

    Honda dan GM nantinya akan memproduksi unit daya berbahan bakar hidrogen yang punya kelebihan di durability karena sudah menggunakan bahan yang tahan korosi tinggi dan tahan di suhu rendah. 

    Sistem ini  akan digunakan pada kendaraan berbahan bakar hidrogen (FCEV) yang akan diluncurkan Honda pada tahun 2024 ini.

    Untuk mengurangi biaya dalam pengembangan dan produksi, perusahaan juga telah melakukan berbagai pendekatan diantaranya adalah pengurangan penggunaan jumlah logam mulia yang signifikan, peningkatan skala ekonomi melalui produksi besar serta standardisasi sumber pengadaan suku cadang. Dengan berbagai upaya yang telah dilakukan tersebut, biaya sistem sel bahan berhasil dikurangi hingga sepertiga dari total biaya.

    “Awal produksi ini menandai tonggak penting bagi GM dan Honda dalam upaya kami menjadikan transportasi dan kebutuhan energi lainnya netral karbon. Semua orang di FCSM bekerja sebagai ‘satu tim’ dengan misi menyediakan sistem sel bahan bakar hidrogen yang terjangkau kepada pelanggan kami,” ungkap Suheb Haq selaku Presiden FCSM.

    Tetsuo Suzuki selaku Wakil Presiden FCSM, juga menambahkan, “Kami telah menciptakan sistem produksi bertenaga yang mengintegrasikan kekuatan Honda dan GM. Kami telah mewujudkan sistem produksi massal berkualitas tinggi yang memperhatikan detail, dan berupaya memanfaatkan teknologi sel bahan bakar hidrogen di masa depan dan awal mulanya era hidrogen. Kami siap memenuhi kebutuhan Anda.”

    Sejak tahun 2013, Honda dan GM memang telah menjalin kerjasama dalam pengembangan sistem sel bahan bakar dengan tujuan menghasilkan sistem yang lebih praktis dan berbiaya rendah untuk memperluas penggunaan dan kegunaannya di masa depan.

    Honda memiliki tujuan untuk mencapai netralitas karbon melalui semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050. Upaya ini mencakup tidak hanya produk, tetapi juga seluruh siklus hidupnya, termasuk aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan energi bersih dan sirkulasi sumber daya. Hidrogen diposisikan sebagai pembawa energi yang menjanjikan bersama dengan listrik.

    Dapatkan informasi menarik lainnya di OLX Member of Astra. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait