Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikIni Cara Mudah Mengembalikan Akun IG yang Hilang

    Ini Cara Mudah Mengembalikan Akun IG yang Hilang

    Akun IG tiba-tiba hilang bisa dikembalikan lagi atau tidak ya?

    News.OLX – Akun IG tiba-tiba hilang bisa membuat panik. Bagaimana tidak, Instagram saat ini merupakan salah satu platform sosial media yang paling banyak penggunanya. 

    Kegunaannya bisa beragam. Bisa menjadi sumber hiburan, sumber informasi, bahkan tak sedikit yang memanfaatkan Instagram sebagai sumber pendapatan.

    Tapi bagaimana jika akun IG mu hilang tiba-tiba karena diretas atau tidak sengaja melanggar peraturan? Tenang, ada cara mudah untuk mengembalikannya tanpa perlu stres berlebihan.

    Penasaran bagaimana cara mengembalikan akun Instagammu yang hilang? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti 

    1. Kunjungi situs Instagram Help Center

    Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunjungi situs Instagram Help Center. Kamu bisa klik link berikut atau ketikkan langsung alamatnya di browser: instagram.com/help.

    2. Isi data yang dibutuhkan dengan lengkap

    Setelah masuk ke halaman Instagram Help Center, isi data yang dibutuhkan pada kolom yang tertera. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat agar proses pemulihan dapat berjalan lancar.

    3. Berikan alasan yang meyakinkan

    Berikan alasan yang meyakinkan pihak Instagram untuk mengembalikan akun IG kamu. Jelaskan secara singkat dan jelas mengapa kamu membutuhkan pemulihan akun tersebut.

    4. Jangan lupa tanyakan jika tidak mengerti

    Jika ada kesulitan atau kamu tidak mengerti mengapa akunmu hilang, tanyakan kepada pihak Instagram. Mungkin ada masalah teknis atau perubahan kebijakan yang menyebabkan penghapusan akun.

    5. Jika terjadi pelanggaran, beri alasan tidak disengaja

    Jika ternyata kamu melakukan pelanggaran aturan Instagram, berikan alasan bahwa itu tidak disengaja dan merupakan kesalahan sistem. Jelaskan dengan jujur agar pihak Instagram bisa memahami situasi.

    6. Foto diri sebagai Verifikasi

    Pada tahap tertentu, kamu mungkin diminta untuk mengirim foto diri sebagai bentuk verifikasi. Ini untuk memastikan bahwa pemilik akun adalah orang yang sebenarnya.

    7. Sabar menunggu proses pemulihan

    Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, sabarlah menunggu. Proses pemulihan akun Instagram biasanya memerlukan waktu beberapa hari. Pantau surel dan pemberitahuan untuk mendapatkan pembaruan.

    akun IG (1)

    Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang karena Hack atau Diretas

    Jika akun IG kamu terkena hack atau diretas, langkah-langkahnya sedikit berbeda. Kunjungi help.instagram.com, lalu pilih menu “Privacy, Security, and Reporting” > “Login and Password” > “Hacked Accounts”. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan akunmu.

    Aturan atau ketentuan penggunaan Instagram

    Jika akunmu sudah kembali, penting untuk menyimak ketentuan penggunaan (term of use) Instagram terbaru agar kejadian kehilangan akun tidak terulang. Jika akun Instagram kamu tidak hilang juga penting menyimak aturan penggunaan agar menjaga ketertiban pengguna. Berikut ketentuan penggunaan per 26 Juli 2022:

    • Pengguna harus berusia minimal 13 tahun atau mencapai usia legal minimum di negara pengguna.
    • Tidak boleh ada pembatasan hukum yang melarang menerima layanan Instagram atau terlibat dalam layanan terkait pembayaran jika terdapat dalam daftar pihak yang dilarang.
    • Akun tidak boleh pernah dinonaktifkan sebelumnya karena pelanggaran hukum atau kebijakan Instagram.
    • Tidak boleh merupakan pelaku kejahatan seksual yang telah dihukum.

    Penggunaan Instagram yang Dilarang:

    • Tidak boleh menyamar sebagai orang lain atau memberikan informasi yang tidak akurat.
    • Meskipun tidak wajib mengungkapkan identitas, pengguna harus memberikan informasi yang akurat dan terkini, termasuk data pribadi.
    • Dilarang melakukan kegiatan yang ilegal, menyesatkan, atau penipuan, atau untuk tujuan yang ilegal atau tidak sah.
    • Tidak boleh melanggar (atau membantu atau mendorong orang lain untuk melanggar) Ketentuan Penggunaan atau kebijakan Instagram, termasuk Panduan Komunitas Instagram, Ketentuan Platform Meta, dan Kebijakan Pengembang, serta Pedoman Musik.
    • Dalam penggunaan konten merek, harus mematuhi Kebijakan Konten Merek dengan menggunakan alat konten merek Instagram.
    • Dilarang melakukan tindakan yang dapat mengganggu atau merusak operasi yang dimaksudkan dari layanan, termasuk penyalahgunaan saluran pelaporan, sengketa, atau banding, seperti membuat laporan atau banding palsu atau tidak beralasan.
    • Tidak boleh mencoba membuat akun, mengakses, atau mengumpulkan informasi dengan cara yang tidak sah.
    • Dilarang menjual, mengontrakkan, atau membeli akun atau data yang diperoleh dari layanan Instagram.
    • Tidak boleh memposting informasi pribadi atau rahasia orang lain tanpa izin atau melakukan tindakan yang melanggar hak-hak orang lain, termasuk hak kekayaan intelektual.
    • Modifikasi, terjemahan, penciptaan karya turunan, atau rekayasa balik terhadap produk atau komponennya tidak diizinkan.
    • Pengguna tidak boleh menggunakan nama domain atau URL dalam username tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari Instagram.

    Ingatlah untuk selalu mematuhi aturan dan kebijakan Instagram agar menghindari kejadian serupa di masa depan. Semoga dengan langkah-langkah di atas, akun IG kamu dapat kembali dengan mudah. Jangan panik, tetap tenang, dan ikuti prosesnya dengan cermat.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait