Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    ReviewKerap Dianggap Mahal, Berapa Harga Coating Mobil?

    Kerap Dianggap Mahal, Berapa Harga Coating Mobil?

    harga coating mobil sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada jenis coating yang kamu pilih.

    News.OLX – Menggunakan coating mobil merupakan salah satu langkah efektif untuk melindungi dan merawat kendaraan kesayanganmu ini. Melakukan prosedur ini bukan hanya membuat tampilannya tetap terlihat gagah, namun juga mencegah kerusakan pada cat di bodinya.

    Meskipun manfaatnya cukup signifikan, ternyata masih banyak pemilik yang menganggap bahwa harga coating mobil sangat mahal, karena bisa menyentuh jutaan rupiah.

    Meskipun tidak sepenuhnya salah, namun harga coating mobil sebenarnya sangat bervariasi, tergantung pada jenis coating yang kamu pilih. Jenis hingga harga masing-masingnya, yaitu:

    1. Sealant Coating

    Bahan dasarnya sintetis, yang mampu bertahan selama tiga hingga enam bulan. Proses pengerjaannya cukup dengan mengoleskan lapisan tersebut secara tipis pada permukaan mobil.

    Perlindungannya cukup baik dengan  harga relatif terjangkau, yaitu Rp500 ribu-Rp1 juta.

    2. Waxing

    Bahan dasar coating dengan waxing ini adalah lilin, sehingga perlindungan yang diberikannya masih kurang daripada beberapa bahan lain. Oleh karena itu, daya tahannya pun sama dengan sealant coating, yaitu tiga hingga enam bulan saja.

    Tapi, jangan anggap remeh perlindungannya, karena masih bisa melindungi cat kendaraanmu dari berbagai kerusakan ringan. Harga coating mobil ini pun sama terjangkau dengan sealent, mulai Rp500 ribu–Rp1 juta.

    coating mobil (1) (1)

    3. Coating Mobil Nano

    Bahan dasar yang digunakan pada nano coating adalah silikon dioksida, yang mana mampu mengisi celah atau pori-pori pada cat mobil. Seperti namanya, ukuran partikelnya yang nano akhirnya bisa memberikan perlindungan lebih optimal.

    Setelah prosedur coating, tampilan kendaraan akan terkesan mengkilap dan lebih tahan atas goresan ringan.

    Harganya sekitar Rp2 juta-Rp5 juta, karena bergantung pada tipe mobil dan bengkelnya.

    4. Ceramic Coating

    Sama seperti nano coating, coating mobil ini juga memakai bahan dasar silikon dioksida. Namun, dibandingkan nano, daya tahannya jauh lebih lama, sehingga cocok untuk perlindungan jangka panjang.

    Proses pengaplikasiannya sebenarnya sama saja dengan tipe coating lainnya, yaitu dengan mengoleskan lapisan ceramic ke permukaan cat kendaraan.

    Harga untuk coating ini lumayan menguras dompet, yaitu mulai Rp3 juta–Rp7 juta. Namun jika kamu membandingkan dengan perlindungan serta daya tahannya, maka harganya sebenarnya sepadan.

    5. Powder Coating

    Terakhir adalah powder coating, yang cukup berbeda daripada tipe lainnya. Hal ini karena bentuknya berupa powder atau serbuk kering.  Bahan dasar serbuk tersebut ialah termoset atau termoplastik.

    Cara pengaplikasian serbuk tersebut adalah dengan menyemprotkannya menuju permukaan mobilmu, yang mana memakai cara elektrostatik. Kemudian, untuk mengeraskan dan mengeringkan lapisan serbuk itu memakai sinar ultraviolet melalui proses penjemuran.

    Setelah prosedur tersebut, hasilnya adalah lapisan yang tahan lama dank eras. Daya tahannya terhadap korosi ataupun goresan pun tidak kalah luar biasa.

    Sesuai kualitasnya, prosedur ini juga dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu mulai Rp3 juta–Rp7 juta.

    Tentukan Coating Mobil Sesuai Kebutuhan dan Budget

    Dari berbagai jenis pilihan coating di atas, terlihat bahwa pilihan kamu sangat banyak. Jika ingin lebih terjangkau, kamu bisa memakai waxing dan sealant. Jika ingin upgrade, kamu bisa mengumpulkan dana hingga enam bulan agar bisa mendapatkan coating yang  lebih tahan lama.

    Sementara itu, untuk investasi pada mobil, sebaiknya memang memakai coating mobil nano, ceramic, ataupun powder. Karena daya tahannya lama, kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk coating ulang.

    Selain informasi coating mobil ini, kamu juga bisa cek info atau barang lain di OLX. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait