Kamis, Mei 2, 2024
Lainnya
    Tips & TrikLakuin Ini Biar Bebas Stres saat Berkendara di Jalanan Macet

    Lakuin Ini Biar Bebas Stres saat Berkendara di Jalanan Macet

    Macet memang bisa bikin kamu stres saat berkendara. Atasi dengan kiat-kiat ini.

    News.OLX – Ada banyak keuntungan dari mengemudi ke tempat kerja. Namun, berkendara juga bisa mengundang berbagai kejadian dan situasi yang memicu stres. Karenanya, mengendalikan emosi selama menghadapi macet adalah keterampilan penting yang harus dimiliki oleh setiap pengemudi.

    5 Cara agar Tidak Stres saat Macet

    Tidak diragukan lagi bahwa meminimalisir stres saat berkendara di tengah kemacetan sangat diperlukan demi kesehatan dan keselamatan diri dan orang lain. Ini dia beberapa cara agar bebas stres saat macet yang tak hanya efektif tapi juga menyenangkan:

    1. Rencanakan Perjalanan Lebih Awal

    Merencanakan perjalanan jauh-jauh hari akan mengurangi stres saat berkendara. Sebelum berangkat, luangkan waktu sejenak untuk memeriksa aplikasi map atau navigasi untuk rute alternatif dan informasi lalu lintas terkini.

    Jurus simpel ini berguna untuk menginformasikan adanya peluang macet, jadi kamu bisa menemukan jalur terbaik.

    Kalau ada kemacetan atau penutupan jalan, kamu sudah punya informasi lengkap untuk segera mengantisipasi keadaan. Jadi, sempatkan beberapa menit di awal untuk membuat rencana, dan kamu pasti akan lebih siap untuk menghadapi berbagai lika-liku di jalan nantinya.

    2. Coba Deep Breathing

    Menghirup dan menghembuskan napas dalam-dalam dapat mengaktifkan respons relaksasi tubuh, yang kemudian merangsang relaksasi sistem saraf.

    Ketika kamu fokus pada napas, tarikan dan hembusan napas yang berirama memberi sinyal pada otakmu bahwa inilah saatnya untuk rileks. Jadi, tubuh akan menangkal respons “lawan atau lari” (fight or flight) yang dipicu oleh stres karena macet.

    Dengan setiap hembusan napas, lepaskan ketegangan dari tubuh dengan penuh kesadaran, terutama dari area-area seperti bahu dan leher, di mana stres cenderung menumpuk. Deep breathing mampu meredakan stres seketika. Selain itu, teknik ini juga menumbuhkan kebiasaan untuk tetap fokus di tengah situasi semrawut.

    macet 2

    3. Dengarkan Musik atau Podcast

    Musik punya efek ajaib dalam memengaruhi mood dan emosi. Pilih lagu yang kalem dengan tempo lambat, melodi lembut, atau lagu instrumental untuk menciptakan suasana yang tenang di dalam mobil.

    Atau, kamu bisa mendengarkan podcast tentang topik yang menarik untuk kamu simak sebagai pengalih perhatian. Pasalnya, podcast dapat memalingkan fokus kamu dari keruwetan lalu lintas.

    Entah itu podcast informatif, cerita seru, atau acara komedi, stimulasi pada indra pendengaran dapat mengubah persepsi tentang perjalanan.

    4. Istirahat Sejenak

    Manfaatkan rest area atau tempat pemberhentian yang aman untuk keluar dari mobil, meregangkan kaki, sekaligus menyegarkan tubuh dan pikiran. Aktivitas fisik, meskipun singkat, dapat melancarkan peredaran darah, mengurangi ketegangan otot, dan mengembalikan energi kamu.

    Selain itu, meluangkan waktu sebentar untuk sekadar melakukan peregangan sederhana atau jalan cepat dapat mengurangi penat akibat duduk dalam waktu yang lama. Istirahat ini juga berfungsi sebagai penyegaran mental. Jadi, kamu bisa menjauh sejenak dari segala hiruk-pikuk lalu lintas.

    5. Tetap Positive Thinking

    Mengembangkan pola pikir positif selama perjalanan bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi stres. Alih-alih tenggelam dalam rasa frustasi akibat macet, alihkan pikiran ke arah yang lebih positif.

    Renungkan aspek-aspek dalam hidup yang kamu syukuri, misalnya hubungan, pencapaian, atau hal-hal sederhana yang membuat kamu bahagia. Latihan mindfulness ini tidak hanya mengalihkan perhatian dari kepadatan lalu lintas, tetapi juga menumbuhkan apresiasi dan kepuasan akan apa yang dimiliki saat ini.

    Di samping itu, menerapkan afirmasi positif atau latihan visualisasi juga bisa memperkuat teknik ini. Contohnya, kamu bisa membayangkan saat-saat bahagia atau mengulangi mantra yang sesuai dengan goals kamu.

    Itu dia lima cara agar tidak stres saat macet yang ampuh usir penat fisik dan mental. Selalu ingat untuk mengemudi dengan aman tak peduli apapun kondisinya agar kamu tiba dengan selamat di tujuan.

    Yuk, temukan mobil impianmu sekarang di OLX! Jelajahi ribuan penawaran terbaik secara online dengan download aplikasi OLX di Google Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait