Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    BeritaJenis dan Pilihan Mobil Berteknologi Ramah Lingkungan

    Jenis dan Pilihan Mobil Berteknologi Ramah Lingkungan

    Selain LCGC, ternyata jenis mobil teknologi ramah lingkungan cukup beragam jenisnya!

    News.OLX – Teknologi mobil ramah lingkungan semakin berkembang dan menjadi fokus utama dalam industri otomotif.

    Mobil-mobil ini dirancang untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan menghemat bahan bakar.

    Berikut adalah beberapa jenis teknologi mobil ramah lingkungan yang semakin populer:

    1. Hybrid Electric Vehicle (HEV)

    Mobil HEV adalah salah satu jenis teknologi ramah lingkungan yang menggabungkan dua mesin sebagai sumber tenaga. 

    Mesin bensin digunakan bersamaan dengan motor traksi listrik. Mesin bensin digunakan sebagai mesin utama, sedangkan motor traksi digunakan sebagai sumber daya tambahan. 

    Mobil HEV mengoptimalkan efisiensi bahan bakar dengan mengandalkan antara mesin bensin dan motor listrik. Dalam kondisi stop and go motor listrik akan bekerja lebih optimal. 

    Ini membantu mengurangi emisi gas buang dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Contoh mobil yang mengadopsi teknologi ini adalah Toyota Corolla Altis Hybrid EV

    2. Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV)

    Mobil teknologi ramah lingkungan berikutnya adalah PHEV, yang merupakan evolusi dari HEV. Mobil PHEV memiliki mesin pembakaran internal (ICE) dan baterai sebagai sumber tenaga. 

    Mobil teknologi ramah lingkungan PHEV dapat beroperasi dalam mode all-electric, di mana hanya listrik yang digunakan sebagai tenaga penggerak, atau mode hybrid, di mana baterai dan mesin pembakaran internal digunakan bersamaan. 

    Ini memberikan fleksibilitas dalam penggunaan sumber daya dan membantu mengurangi emisi karbon.

    Adapun contoh mobil yang berteknologi PHEV adalah Chery TIGGO 7 PRO e+ dan TIGGO 8 PRO e+ yang keduanya akan resmi dipasarkan di Indonesia pada tahun 2024.

    teknologi ramah lingkungan (1)

    3. Battery Electric Vehicle (BEV)

    BEV adalah mobil teknologi ramah lingkungan yang sepenuhnya menggunakan baterai sebagai satu-satunya sumber tenaga, atau yang biasa disebut kendaraan full elektrik. 

    Mesin pembakaran internal tidak ada dalam mobil BEV, yang berarti mobil ini benar-benar bebas emisi saat digunakan. 

    BEV memanfaatkan baterai untuk menyimpan energi listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor listrik. Pengisian baterai dilakukan melalui jaringan listrik eksternal. 

    Meskipun BEV tidak memiliki emisi gas buang, produksi baterai masih memiliki dampak lingkungan yang perlu dipertimbangkan. Contoh mobil berteknologi BEV yaitu, Hyundai Ioniq 5, Chery Omoda 5 EV, dan Wuling Air EV.

    4. Hidrogen

    Mobil hidrogen adalah salah satu gebrakan terbaru dalam dunia otomotif yang menawarkan solusi ramah lingkungan yang menjanjikan. 

    Kendaraan ini tidak bergantung pada bahan bakar fosil dan memiliki banyak keunggulan, termasuk tidak menghasilkan emisi berbahaya. Salah satu aspek paling mencolok dari mobil hidrogen adalah daya tempuhnya yang luar biasa.

    Mobil hidrogen, juga dikenal sebagai Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV), menggunakan teknologi sel bahan bakar (fuel cell) untuk menghasilkan listrik yang digunakan untuk menggerakkan motor. 

    Teknologi ini memanfaatkan reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan listrik, dengan satu-satunya hasil sampingan berupa air murni. 

    Artinya, mobil hidrogen tidak mengeluarkan emisi gas buang yang merugikan lingkungan. Contoh mobil berteknologi hidrogen adalah Toyota Mirai.

    5. Low Cost Green Car atau LCGC

    Low Cost Green Car atau LCGC adalah sebuah program dari pemerintah Indonesia yang mengatur tentang kendaraan harga ekonomis serta ramah lingkungan.

    Program ini bertujuan untuk mengembangkan kendaraan harga terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah, serta bermesin ramah lingkungan.

    Maksud dari ramah lingkungan atau green car ini adalah penggunaan bahan bakar yang dirancang harus seefisien mungkin, sehingga tidak banyak menimbulkan polusi dan pencemaran lingkungan karena sisa pembakaran.

    Mobil jenis LCGC ini cukup banyak variannya di Indonesia, seperti misalnya Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya dan lain sebagainya.

    Itu adalah beberapa jenis mobil ramah lingkungan. Kalau kamu, lebih tertarik dengan yang mana nih? Harga dari masing-masing mobil ramah lingkungan di atas cukup bervariatif, untuk itu pastikan pilihan kamu sesuai dengan ketersediaan budget, ya!

    Selain informasi ini, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait