Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriParkir dengan Mobil Matic, Pindah ke P atau Tarik Rem Tangan?

    Parkir dengan Mobil Matic, Pindah ke P atau Tarik Rem Tangan?

    Mobil matic butuh perhatian ekstra saat parkir. Ini dia rahasia untuk menguasai teknik parkir yang tepat.

    News.OLX – Mobil matic adalah tipe mobil dengan transmisi otomatis yang juga dikenal dengan sebutan automatic gearbox. Berkebalikan dari transmisi manual di mana pengendara harus memindahkan gigi secara manual lewat pedal kopling dan tuas persneling, automatic gearbox mengatur proses ini secara otomatis.

    Sisi plus lain dari mobil matik dengan automatic gearbox-nya adalah mudahnya memarkir kendaraan. Dengan kata lain, kamu tak perlu menginjak kopling atau memindahkan gigi secara manual. Pasalnya, di dalam mobil matic terdapat fitur “Park” (P), yaitu mekanisme untuk menahan kendaraan agar tidak bergerak.

    Makanya, seharusnya urusan parkir memarkir mobil matik adalah perkara enteng. Sayangnya, beberapa orang awam masih sering membuat kesalahan fatal. Misalnya, belum paham kapan harus mengoper gigi ke P atau menarik rem tangan lebih dulu.

    Fungsi Tuas P pada Mobil Matic

    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, posisi P pada transmisi otomatis merupakan setingan yang berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan.

    Ketika kamu mengganti posisi transmisi ke P, maka pin logam kecil yang bernama “parking pawl” akan terhubung dengan roda gigi dalam transmisi. Kemudian, pin logam ini mengunci transmisi dan menghalangi roda supaya tidak berputar.

    P ada di bagian paling ujung jangkauan tuas persneling. Gunakan tuas ini saat mobil sedang tidak bergerak dan ketika kamu memang berniat untuk keluar dari kendaraan. Dengan begitu, mobil akan terparkir dengan aman.

    Memindahkan gigi ke P saat mobil sedang melaju bisa merusak transmisi. Selain itu, gerakan ini juga akan menimbulkan hentakan atau dorongan tiba-tiba. Karenanya, pastikan mobil benar-benar dalam posisi berhenti sebelum pindah ke P.

    mobil matic 1

    Cara Parkir Mobil Matic yang Benar

    Berikut adalah langkah-langkah parkir mobil matic dengan benar:

    • Cari tempat parkir yang tepat.
    • Tarik rem tangan sambil menginjak pedal rem agar mobil berhenti total.
    • Pindahkan tuas persneling ke P.
    • Setelah mobil berada di posisi P, matikan mesin mobil.
    • Cek sekeliling mobil untuk memastikan kendaraan berada di posisi yang tepat dalam ruang parkir.
    • Pastikan bahwa tidak ada objek yang menghalangi atau membahayakan di sekitar mobil.

    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, maka seluruh bobot mobil tidak akan ditopang oleh transmisi otomatis. Sebaliknya, justru rem parkirlah yang akan mengambil alih semua beban, sementara parking pawl dalam transmisi hanya berperan sebagai mekanisme cadangan.

    Akan tetapi, sebagian orang mengalami kesulitan untuk memindahkan gigi P. Alasan di balik hal ini adalah karena seluruh bobot kendaraan ditahan oleh transmisi. Untuk melepaskan beban tersebut, ada sejumlah besar tekanan yang juga harus dibuang. Itulah sebabnya terasa sulit untuk berpindah dari P.

    Nah, itu dia cara mudah parkir mobil matic. Selalu ingat untuk menarik rem tangan dan menginjak pedal rem sebelum pindah ke P demi menghindari sentakan mendadak dan mengurangi risiko keselamatan.

    Jual atau beli mobil bekas dengan mudah di OLX! Temukan beragam mobil berkualitas dari penjual terpercaya dan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Download aplikasi OLX sekarang juga di Google Play Store atau App Store untuk transaksi jual-beli mobil yang makin praktis!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait