Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & Trik12 Penyebab Mesin Mobil Ngelitik dan Solusinya

    12 Penyebab Mesin Mobil Ngelitik dan Solusinya

    Mesin mobil ngelitik bisa dicegah dengan perawatan rutin.

    News.OLX – Suara knocking atau mesin ngelitik merupakan masalah yang tidak boleh diabaikan, karena dapat mengindikasikan adanya permasalahan serius dalam mesin. Suara ini terdengar seperti ketukan logam yang beradu dan dapat muncul saat mesin dinyalakan, bahkan saat mobil melaju pelan. 

    Perlu diketahui bahwa mesin gelitik dapat disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah 12 penyebab umum dari mesin ngelitik pada mesin mobil dan solusinya:

    1. Busi tidak sesuai rekomendasi pabrikan

    Penggunaan busi yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat menjadi penyebab mesin ngelitik. 

    Gejalanya meliputi RPM tidak stabil, mesin brebet, dan detonasi. Solusinya adalah menggunakan busi sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

    2. Kotoran di ruang bakar

    Kotoran padat yang menempel di ruang bakar dapat meningkatkan rasio kompresi mesin dan menyebabkan ngelitik. Solusinya adalah melakukan tune-up secara berkala untuk membersihkan kerak dan deposit di dalam ruang bakar.

    3. Penurunan kualitas bensin

    Penurunan kualitas bensin dapat menjadi penyebab mesin ngelitik. Salah satu contoh penggunaan mesin berkualitas rendah adalah bensin basi.

    Atau bensin yang sudah terlalu lama mengendap di dalam tangki mobil atau motor. Penurunan kualitas ini akibat adanya perubahan senyawa kimia di dalam bensin akibat disimpan terlalu lama. Solusinya kuras tangki dan ganti dengan bensin baru.

    Mesin (3)

    4. Oktan tidak sesuai

    Penggunaan bahan bakar dengan oktan tidak sesuai dengan rekomendasi mesin juga dapat menyebabkan mesin ngelitik. Pastikan menggunakan bensin dengan oktan sesuai dengan spesifikasi mesin.

    5. Filter bahan bakar kotor

    Filter bahan bakar yang kotor dapat mengganggu aliran bensin dan menyebabkan mesin ngelitik. Gantilah filter bahan bakar secara berkala sesuai dengan anjuran pabrikan.

    6. Ruang bakar kotor

    Membersihkan ruang bakar secara teratur untuk menghilangkan kotoran yang dapat mempengaruhi tekanan kompresi mesin dan mengatasi knocking.

    7. Pengaturan timing mesin tidak tepat

    Pengaturan timing mesin yang tidak tepat dapat menjadi penyebab gelitik mesin. Pastikan pengaturan timing mesin sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

    8. Mesin overheating

    Mesin yang overheating atau terlalu panas dapat menyebabkan ngelitik. Pastikan sistem pendinginan mesin berfungsi dengan baik dan sesuaikan cara mengemudi untuk mencegah overheating.

    9. Salah pakai oli mesin

    Pemilihan minyak pelumas yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dapat menjadi penyebab mesin gelitik. Gunakan minyak pelumas sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

    10. Ada komponen mesin yang aus

    Komponen mesin yang aus atau rusak dapat menyebabkan ngelitik. Periksa dan ganti komponen yang sudah aus atau rusak secara berkala.

    11. Pengaturan karburator tidak tepat

    Jika pada mesin berkaburator, komponen ini jika settingannya tidak tepat bisa mempengaruhi performa mesin dan menyebabkan mesin ngelitik. Sesuaikan pengaturan karburator sesuai dengan kemampuan kendaraan dan rekomendasi pabrikan.

    12. Kebocoran vacuum

    Kebocoran vacuum pada inject manifold menyebabkan kurangnya tingkat hisap pada inject manifold. Efeknya komponen ini akan kemasukan banyak oksigen dan menyebabkan mobil terasa berat, dan pada RPM tinggi mobil akan seperti tertahan disertai mesin ngelitik.

    Selain informasi di atas, kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Kamu juga cari mobil bekas impianmu dengan mengakses OLX melalui aplikasi dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait