Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    MobilBerumur Lebih dari 200 Tahun, Ini Sejarah Peugeot

    Berumur Lebih dari 200 Tahun, Ini Sejarah Peugeot

    Peugeot adalah merek mobil asal Prancis yang telah lama berada di industri dan merupakan salah satu produsen yang memiliki nilai sejarah cukup panjang di kancah otomotif. 

    News.OLX – Didirikan sejak tahun 1810, tahukah kamu bahwa perusahaan ini awal mulanya merupakan produsen alat perkakas gergaji. Hingga akhirnya, sekarang mereka fokus kepada memproduksi mobil.

    Karena sejarah otomotif yang mereka miliki lebih dari 2 abad, tak salah jika banyak sekali penggemarnya dan mereka memiliki pasar sendiri bagi pecinta otomotif dunia. Lalu, bagaimana sejarah Peugeot dari awal hingga saat ini? Inilah penjelasan sejarah singkat Peugeot untuk kamu. 

    Awal berdirinya Peugeot 

    Didirikan oleh dua bersaudara dan pengusaha ternama di Prancis pada tahun 1810, Jean Pierre II dan Jean Frederic Peugeot. Pada awalnya, dua saudara ini memproduksi alat-alat perkakas seperti gergaji. 

    Lalu tak lama berselang, mereka mengembangkan bisnis dengan memproduksi peralatan penggilingan kopi dan rem sepeda di tahun 1840 hingga 1885. 

    Baca juga: Alasan Fog Lamp Lebih Baik Warna Kuning Daripada Lampu LED Putih

    Hingga saat Peugeot diambil alih oleh generasi selanjutnya yaitu Armand Peugeot, cucu dari Jean Pierre II, pada tahun 1886 Peugeot mulai melebarkan sayap mereka dengan memproduksi sepeda dengan logo singa di bagian bodinya. 

    Sejak produksi sepeda itulah Armand mulai kepincut pada industri otomotif. Visinya mulai berkobar saat dia bertemu dengan tokoh penting bernama Gottlieb Daimler, yang menciptakan Benz-Patent Motorwagen atau mobil bertenaga bensin pertama di dunia.

    Mobil pertama yang dibuat oleh Peugeot adalah kendaraan tiga roda bertenaga uap bernama Serpollet Peugeot. Armand menggandeng seorang insinyur bernama Leon Serpollet dalam memproduksi mobil tersebut.

    Namun, penjualan mobil cukup terganggu karena tren mobil bertenaga bensin mulai menjamur. Tapi Armand tidak menyerah, dia putar otak mencari cara agar bisnis otomotifnya tetap berjalan dengan mengalihkan mobil bermesin uap itu menjadi mobil mesin bensin.

    Mobil bensin pertama Peugeot

    Armand akhirnya berhasil membuat Peugeot mobil bensin pertama, yaitu Quadricycle Tipe 2 yang memiliki empat roda dan disokong oleh teknologi mesin Daimler. Mobil ini lebih canggih daripada yang lain karena sudah dibekali suspensi tiga titik dan transmisi gigi geser.

    Baca juga: Penyebab dan Cara Atasi Mesin Mobil Cepat Panas

    Armand memutuskan untuk memproduksi massal mobil pertamanya pada tahun 1891. Mobil tersebut diberi nama Tipe 3, dan merupakan penyempurnaan dari Tipe 2. Penjualan mobil ini berhasil dan meningkatkan jumlah produksi mobil tipe 3 sebanyak 500 hingga tahun 1899.

    Berhasil memproduksi beberapa mobil dan meraih kesuksesan di ajang balap mobil, Peugeot akhirnya memutuskan untuk mengawali langkahnya di dunia otomotif dengan mendirikan Automobiles Peugeot pada tahun 1896.

    Di pabrik ini, Peugeot memproduksi sepeda dan mobil dengan brand Peugeot yang terkenal itu. Setelah sukses memproduksi berbagai jenis kendaraan selama lebih dari 10 tahun, Peugeot membuat pabrik terbesarnya di tahun 1912 yang masih berdiri hingga sekarang.

    Perjalanan Peugeot di industri otomotif

    Tahun 1929, Peugeot mulai mengubah karakteristik nama mobilnya dan itu adalah Peugeot 201. 201 menjadi mobil pertama Peugeot yang menggunakan bodi tertutup dan penggerak roda depan independent. Ini merupakan sebuah inovasi besar pada zamannya. 

    Baca juga: Segera ke Bengkel Spooring Balancing Kalau Mobil Kamu Alami 5 Tanda Ini

    Peluncuran Peugeot 301 pada tahun 1932, dan 401 serta 601 pada tahun 1934, membuktikan bahwa Peugeot mampu menciptakan mobil-mobil yang terus mengalami inovasi dan kemajuan teknologi. 

    Hingga kini, tradisi penomoran ini masih berlanjut dengan beberapa model mobil terbaru seperti Peugeot 201-208, 308, dan 508. Peugeot terus membuktikan dirinya sebagai pemimpin di industri otomotif global.

    Pada tahun 1950-an dan 1960-an, Peugeot mengalami peningkatan penjualan yang signifikan, terutama di pasar Eropa. 

    Mereka memproduksi mobil yang populer di kelas menengah, seperti mobill bergenre sedan 403 dan 404. Mereka juga memproduksi mobil sport, seperti tipe 205 GTI dan pasar mobil mewah dengan memproduksi model tipe 504 pada tahun 1975. 

    Peugeot juga telah meraih banyak prestasi dan penghargaan dalam sejarahnya. Salah satu prestasi terbesarnya adalah saat mereka memenangkan balapan Paris-Dakar selama empat tahun berturut-turut pada tahun 1987-1990 dengan mobil andalannya 205 T16. 

    Tidak pernah ketinggalan jaman

    Pada tahun 1984, Peugeot menjadi produsen mobil pertama yang memasang rem cakram pada semua roda pada model 505 Turbo Injection miliknya. Lalu, mereka membuat teknologi injeksi bahan bakar pada mobil-mobilnya pada tahun 1980-an. 

    Pada tahun 1998, mereka memperkenalkan mobil listrik pertamanya, yaitu model hatchback 106 Electric. Kemudian pada tahun 2010, mereka meluncurkan mobil hybrid pertamanya, yaitu model 3008 Hybrid4.

    Baca juga: Yuk! Kepoin Biaya Servis Dinamo Mobil di Bengkel

    Di tahun 2004, Peugeot meluncurkan mesin diesel berkinerja tinggi dengan teknologi particulate filter (DPF) yang dapat mengurangi emisi gas buang. Dan di 2016, Peugeot luncurkan mobil yang menggunakan teknologi i-Cockpit. 

    Bahkan merek mobil berlogo singa ini memperkenalkan teknologi driver assist yang ada sekarang yaitu sistem pengereman darurat otomatis dan sistem adaptive cruise control.

    peugeot (1)

    Masuk ke pasar Indonesia

    Peugeot pertama kali memasuki pasar otomotif Indonesia pada tahun 1970-an. Salah satunya anak perusahaan Astra International, yakni PT Multi France Motor yang hingga sekarang masih dipegang oleh mereka yaitu PT Astra International Peugeot.

    Beberapa mobil Peugeot telah mencatat kesuksesan di pasar otomotif Indonesia, antara lain model 505, 405, 206, 306, 406, dan 307. Adapun untuk Peugeot 206 mungkin yang paling terkenal. Mobil ini dianggap sebagai salah satu pelopor tren hatchback sporty di Indonesia pada awal 2000-an.

    Hingga saat ini, Peugeot terus mempertahankan kehadirannya di Indonesia dengan meluncurkan beberapa model terbaiknya.

    Adapun model Peugeot 3008, Peugeot 5008, Peugeot 2008 adalah mobil Peugeot paling populer di Indonesia untuk saat ini. Kalau kamu sendiri, ada nggak nih mobil impian dari merek yang satu ini?

    Nah, selain informasi di atas, kamu juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store. (Rek/Z)

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait