Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    ReviewSemahal Apa Biaya Perawatan Rutin Mobil Supercar?

    Semahal Apa Biaya Perawatan Rutin Mobil Supercar?

    Cek informasi lengkap mengenai biaya perawatan supercar dan tips merawatnya pada artikel ini!

    News.OLX – Ketika memutuskan membeli supercar, hal yang harus kamu pikirkan bukan hanya pada uang yang harus dikeluarkan untuk membeli mobil mewah ini, namun lebih dari itu.

    Salah satunya adalah biaya perawatan supercar tersebut. Sebab, dibandingkan mobil biasa perawatan dan harganya otomatis juga lebih mahal.

    Jika kamu mempertimbangkan hal tersebut, pastikan juga untuk mempertimbangkan biaya perawatan supercar hingga aspek penting lain. Jangan sampai kendaraan terbengkalai karena pemilik tidak sanggup melakukan servis.

    Perkiraan Biaya Perawatan Supercar

    Secara umum, uang yang harus dikeluarkan pemilik mobil untuk maintenance adalah sekitar Rp25 juta – Rp30 juta dan bergantung pada modelnya.

    Sementara itu, kamu juga harus mengeluarkan uang lagi sebanyak Rp30 juta untuk mengganti oli, pengecekan sistem mekanikal, elektrikal, serta chemical. Mahalnya biaya pengeluaran untuk ini diakibatkan banyaknya kebutuhan cairan yang dipakai.

    Misalnya saja oli mesin, oli girboks, oli gardan, oli depan, serta oli belakang. Tidak hanya itu, mobil pun masih membutuhkan cooling system, filter udara, serta filter oli dan mesin.

    Kuantitasnya pun tak kalah banyak, mulai dari dua hingga 25 liter. Maka ketika harganya digabungkan, angkanya bisa mencapai Rp30 juta ini. Jika ingin langsung melihat praktiknya, mari lihat contoh beberapa brand supercar populer dunia ini.

    Pertama, Ferrari. Untuk biaya pergantian oli di setiap 8.000 km bisa menyentuh angka Rp7,5 juta – Rp16 juta, bervariasi tergantung modelnya. Ganti busi sekitar Rp43 juta, belt Rp58 juta, serta kopling mulai Rp36 juta – Rp94 juta.

    Untuk produk Lamborghini, biaya ganti olinya mulai Rp6 juta – Rp29 juta, ganti busi sebanyak Rp29 juta – Rp58 juta, perbaikan transmisi Rp725 juta, serta ganti kopling Rp51 juta – Rp175 juta.

    Terakhir, biaya perawatan untuk Porsche, si raja jalanan. Biaya penggantian olinya bisa mencapai Rp4,3 juta, ganti busi Rp13 juta, belt Rp2,7 juta – Rp3,3 juta, serta ganti kopling sekitar Rp29 juta.

    Daripada dua merek lain, mungkin biaya perawatan Porsche lebih murah. Namun jika keuangan terbatas, harga ini memang masih terasa mahal.

    Terlebih lagi biaya di atas masih di luar uang asuransi hingga pajak per tahun yang jumlahnya tergolong fantastis.

    Supercar (2)

    Tips Perawatan Supercar Bagi Pemula

    Apabila perkiraan biaya di atas sanggup kamu penuhi, maka pastikan untuk tetap melakukan perawatan mandiri terhadap mobil mewah ini agar tidak perlu lagi menambah biaya servis akibat kelalaian sendiri.

    Pertama, tentu saja adalah menjaga kebersihan bodi kendaraan supaya penampilannya tidak rusak. Bukan hanya masalah estetika, debu dan kotoran yang menempel bisa merusak cat dan mengganggu aerodinamika pada kendaraan.

    Kedua, pastikanlah untuk mengganti olinya secara berkala agar fungsi supercar tetap baik. Sebab, jika ini tidak diperhatikan, komponen lain bisa rusak akibat gesekan pada setiap komponen mesin.

    Ketiga, kamu harus memakai bahan bakar yang tepat. Di mana mobil bertipe supercar pada umumnya memakai bahan bakar beroktan tinggi. Bahan bakar ini bisa mencegah knocking yang membuat mesin rusak.

    Terakhir, silakan lakukan servis rutin dan memeriksa sistem keamanan pada mobil. Sebab servis rutin adalah kunci utama agar mobil terjaga baik. Sementara sistem keamanan berperan untuk menjaga diri kamu maupun mobil dari bahaya.

    Jika sudah siap dengan segala konsekuensi dan biaya untuk memiliki supercar di atas, semoga mobilmu bisa awet, ya! Jangan lupa cek informasi penting lain terkait otomotif dan produknya di OLX. Unduh juga aplikasi OLX di Google Play Store dan App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait