Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikSuspensi Mobil Rusak Bisa Bikin Ban Mobil Botak Sebelah?

    Suspensi Mobil Rusak Bisa Bikin Ban Mobil Botak Sebelah?

    Distribusi bobot yang tidak seimbang ini bisa membuat ban mobil menjadi botak sebelah

    News.OLX – Benarkan suspensi rusak bisa bikin ban mobil botak sebelah? Ban mobil mengalami kebotakan yang tidak merata dapat menjadi indikasi adanya masalah pada komponen kaki-kaki.

    Hal ini tentunya bisa menyebabkan masalah pada shockbreaker akan membuat perjalanan tidak nyaman. Selain itu juga dapat mengakibatkan kendali mobil menjadi sulit dan membuatnya cenderung limbung karena distribusi bobot yang tidak seimbang.

    Nah distribusi bobot yang tidak seimbang ini bisa membuat ban mobil menjadi botak sebelah. Jika sudah begitu, sebaiknya untuk memeriksa lebih lanjut bagian kaki-kaki mobil.

    suspensi mobil (1)

    Cara cek suspensi bermasalah

    Menurut Tino, seorang mekanik spesialis kaki-kaki mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memeriksa shockbreaker atau kaki-kaki mobil. Pertama, periksa secara fisik apakah terdapat kebocoran oli pada shockbreaker.

    Tanda-tanda seperti baret atau penyok pada shockbreaker juga dapat menjadi indikasi adanya kerusakan. Kondisi ini dapat mengakibatkan kebocoran oli yang dapat mempengaruhi kinerja shockbreaker.

    “Jika terdapat rembesan oli pada sokbreker, dapat dipastikan bahwa peredam kejut tersebut perlu diganti,” ujar Tino. Selain itu, Tino juga mengatakan selain tanda-tanda fisik yang dapat diamati, perhatikan juga kinerja shockbreaker saat berkendara.

    “Bantingan yang keras dan mantul-mantul adalah tanda bahwa shockbreaker sudah tidak berfungsi dengan baik,” tambahnya. Selain itu gejala setir yang sulit dikendalikan juga dapat menjadi indikasi kerusakan pada shockbreaker.

    Sebagai langkah pencegahan, disarankan untuk segera mengganti shockbreaker jika terdapat tanda-tanda kerusakan, untuk mencegah terjadinya situasi yang tidak diinginkan saat berkendara.

    Jadi, perhatikan kondisi kaki-kaki mobil kamu untuk menjamin kenyamanan dan keselamatan selama perjalanan.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX Member of ASTRA. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait