Kamis, Mei 2, 2024
Lainnya
    BeritaVespa Sentuh Angka Valuasi 1 Miliar Euro

    Vespa Sentuh Angka Valuasi 1 Miliar Euro

    Vespa menegaskan diri sebagai brand fashion-lifestyle pada kendaraan roda dua dan telah diikuti serta dicintai oleh jutaan penggemarnya di seluruh dunia.

    News.OLX – Hasil studi terbaru yang dilakukan oleh Interbrand, lembaga konsultasi bona fide yang ditunjuk oleh Piaggio Group, mengumumkan bahwa Vespa saat ini menyentuh angka valuasi lebih dari 1 miliar euro, naik 19% dibanding valuasi sebelumnya yang mencapai 906 juta euro di tahun 2021.

    Vespa menjadi brand dengan hubungan dan ikatan relevansi dengan banyak orang di seluruh dunia dan sudah menjadi ikon gaya hidup. 

    “Istilah ‘ikonis’ mungkin sudah terlalu sering digunakan, tapi itu jadi satu-satunya kata yang sangat tepat untuk mendefinisikan Vespa,” ujar Manfredi Ricca, Global Chief Strategy Officer Interbrand. 

    Lahir sebagai brand klasik khas Italia, merek skuter ini bisa dijumpai hampir di seluruh dunia. Vespa layaknya menjadi sebuah warisan, namun terus konsisten dalam berevolusi. 

    Dengan menjadi sebuah brand premium, motor Vespa juga tetap inklusif untuk semua kalangan. 

    “Valuasi kami bukan sekadar sederet angka yang menyimbolkan kesuksesan dari brand yang begitu diimpikan dan diminati ini, tapi juga menunjukkan bagaimana Vespa menghadirkan kebebasan dan kebahagiaan dalam hidup yang melampaui batas-batas mobilitas untuk masuk ke dunia yang baru. Kekuatan dan kesuksesan dari berbagai kemitraan yang dilakukan brand ini pun benar-benar berbicara dengan sendirinya,” lanjut Manfredi Ricca.

    Vespa lebih dari sekadar skuter

    Dalam menentukan valuasi Vespa, Interbrand menerapkan metode penilaian eksklusif nan teruji dengan menggabungkan analisis finansial bersama data primer dan kuantitatif.

    Seluruh data tersebut dikumpulkan lewat riset pasar global yang dilakukan di 10 negara, meliputi Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Thailand, Indonesia, Tiongkok, dan India.

    Vespa berhasil memimpin di pasar Eropa, dan memperoleh relevansi di Amerika Serikat dan Asia dengan memperlihatkan pertumbuhan yang signifikan. Bahkan di Indonesia, Piaggio Group membuka pabrik baru untuk pasar lokal. 

    Secara global, Vespa dianggap lebih dari sekadar skuter. Lebih dari itu, brand ini menjadi peluang bagi orang-orang untuk mengekspresikan diri di dalam lingkungannya dan produk yang lekat dengan rekreasi dan hiburan. 

    Singkatnya, Vespa menegaskan dirinya sebagai brand fashion-lifestyle pada kendaraan roda dua yang bergerak menuju masa depan dengan strategi yang jelas, dan telah diikuti serta dicintai oleh jutaan penggemarnya di seluruh dunia.

    Kolaborasi tingkat global bersama Dior, film Disney Pixar bertajuk Luca, Justin Bieber, Lego, dan yang terkini dengan Mickey Mouse, turut memperkuat DNA unik dari Vespa.

    Temuan dari analisa mendalam ini turut mengungkapkan bahwa selama periode makroekonomi yang kompleks yang tengah dialami saat ini, Vespa tak hanya mampu menjalankan fungsi mitigasi risiko, tapi juga berperan sebagai akselerator bisnis sejati. 

    Piaggio Group pada 2022 mencatatkan tonggak sejarah dengan meraih pendapatan senilai 2 miliar euro untuk pertama kali sepanjang sejarahnya, tumbuh 25% dibanding tahun sebelumnya.

    Dapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store atau App Store.

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait