Jumat, Mei 3, 2024
Lainnya
    Tips & TrikWaspada Diesel Runaway, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Waspada Diesel Runaway, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

    Diesel runaway bisa terjadi jika mobil jarang dirawat!

    News.OLX – Diesel Runaway adalah kondisi dimana mesin kendaraan tetap menyala padahal kunci sudah dalam posisi mati dan biasanya sering terjadi pada mobil penenggak solar.

    Kejadian ini tidak hanya membuat panik, namun juga berbahaya bagi pemilik mobil sendiri jika dibiarkan saja.

    Sebagian besar kasus diesel runaway ini terjadi diakibatkan karena terganggunya sistem injeksi yaitu pada Electronic Control Unit (ECU) dan macetnya katup pompa bahan bakar atau yang dikenal dengan Fuel Cut Solenoid.

    Pada kasus yang paling parah jika pemilik mobil tidak tahu kondisi Diesel Runaway ini dan membiarkan saja, akibatnya adalah kendaraan akan mengeluarkan asap tebal bahkan berujung fatal seperti kebakaran yang disebabkan macetnya katup bahan bakar.

    Untuk menghindari hal tersebut, kamu wajib mengetahui beberapa penyebab Diesel Runaway yang perlu diwaspadai dan bagaimana cara mengatasinya:

    Penyebab Diesel Runaway

    1. Jarang melakukan perawatan 

    Terdengar sepele, namun fakta di lapangan sebagian kasus Diesel Runaway yang fatal rata-rata disebabkan oleh terganggu sistem injeksi dan suplai bahan bakar. Dan ternyata setelah diusut, pemilik mobil memang jarang melakukan perawatan pada bagian itu.

    Sehingga disarankan oleh kamu untuk teliti dan detail dalam merawat mobil diesel untuk menghindari kasus ini.

    2. Penggunaan solar kualitas rendah

    Jangan sampai kamu salah memilih solar dan hindari penggunaan BBM kualitas rendah saat akan mengisi bahan bakar. Meskipun biaya yang dikeluarkan minim, akibat fatal yang bisa terjadi adalah bisa merusak plunger pada mobil.

    3. Pinion dan metering macet

    Salah satu pemicu diesel runaway yaitu diakibatkan karena terjadinya kemacetan pada bagian pinion dan metering. Kondisi ini berakibat pada ketidakmampuan plunger dalam menambahkan bahan bakar.

    Pada metering juga bisa mengalami kemacetan karena adanya air atau kotoran yang masuk ke dalam bahan bakar. Sehingga saat sistem pembakaran, bahan bakar tidak bisa terbakar secara optimal dan terganggu sehingga sering muncul asap pada saat pembuangan gas.

    diesel runaway (1)

    Cara mengatasinya Diesel Runaway

    1. Jika terlihat asap keluar dari kap depan, segera pinggirkan mobil di area yang sepi dan keluar dari mobil dengan perlahan dan tidak rusuh. Usahakan untuk tetap tenang baik untuk pengemudi dan penumpang agar terhindar dari serangan panik.
    2. Jika mesin tetap menyala meskipun kunci sudah mati, tunggulah sesaat untuk memastikan mesin mobil telah berhenti. Tunggulah sampai pasokan solar pada tangki bahan bakar habis.
    3. Di sebelah tangki terdapat pipa suplai bahan bakar dan sebaiknya cabut komponen itu secepatnya untuk menghentikan Diesel Runaway.
    4. Jika kamu tidak bisa mencabut pipa tersebut, langkah alternatif lainnya adalah mencari benda rata dan besar guna menutup saluran udara pada mesin. Tetapi cara ini memiliki resiko tinggi karena memungkinkan terjadinya kerusakan pada bagian turbo.
    5. Hal yang paling utama adalah hubungi teknisi secepatnya jika kamu merasa ragu untuk mengotak-atik kendaraan.

    Sekian ulasan singkat yang wajib kamu tahu mengenai penyebab Diesel Runaway yang perlu diwaspadai dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga bisa membantu kamu ketika mengalami kondisi tersebut kelak.

    Kamu bisa mendapatkan informasi menarik lainnya seputar otomotif di OLX. Download aplikasinya di Play Store dan App Store!

    Populer
    GIIAS 2023
    Reka Harnis
    Reka Harnis
    Passionate about turning ideas into engaging, informative, and SEO-friendly content.
    Berita Terkait