Rabu, Desember 1, 2021
OLX Auto
More
    TipsNggak Boleh Mudik, Begini Cara Benar Parkir Mobil di Rumah

    Nggak Boleh Mudik, Begini Cara Benar Parkir Mobil di Rumah

    News.OLX.co.id – Dua tahun terakhir momen Lebaran terpaksa dijalani dengan suasana yang kurang biasa. Tidak ada momen mudik yang sudah menjadi budaya masyarakat Indonesia setiap kali menghadapi hari raya besar Islam.

    Pemerintah dengan tegas memberlakukan aturan larangan perjalanan mudik Lebaran demi mengurangi risiko penularan virus COVID-19. 

    Itu artinya, mobil tetap harus terparkir di garasi rumah karena tidak bisa dipakai mudik. Tapi tentu bukan berarti mobil Anda harus benar-benar istirahat total. Setidaknya Anda bersama keluarga masih bisa melakukan silaturahmi ke sanak saudara yang tinggal satu kota. 

    Selama tidak dipakai kemana-mana alias parkir di rumah karena tidak bisa dibawa mudik ke kampung, bukan berarti Anda boleh mengabaikan urusan perawatannya.  

    Nah, berikut adalah tips sederhana “mengistirahatkan” mobil di rumah tanpa kendala:

    Perhatikan Lokasi Parkir

    Selama tidak dipakai kemana-mana, usahakan parkir mobil di garasi yang atapnya tertutup. Ini untuk menghindarkan mobil dari paparan panas sinar matahari dan air hujan yang bisa membuat cat mobil cepat kotor, kusam, dan memudar.

    Jika pun terpaksa parkir di ruang terbuka, setidaknya manfaatkan car cover atau selimut mobil berbahan serat polyester agar tidak menempel di body mobil. 

    Mencuci Mobil Hingga Bersih

    Sebelum diparkir dalam waktu yang cukup lama karena Anda lebih memilih beraktivitas di rumah selama libur Lebaran tahun ini, pastikan mobil sudah dalam kondisi bersih.

    Tidak ada salahnya untuk membawa mobil ke tempat cuci steam dengan fasilitas hidrolik agar kolong mobil tidak luput dari semprotan air saat dicuci. 

    Pastikan juga bagian kabin mobil mendapat perhatian dari petugas cuci steam untuk dilakukan proses vacuum agar kotoran-kotoran kecil yang mungkin terselip di sela-sela kabin bisa terangkat. Dengan memastikan kondisi mobil bersih luar-dalam, Anda akan jauh lebih tenang jika harus memarkir mobil dalam waktu yang lama.

    Keluarkan Barang Pribadi dari Kabin Mobil

    Satu hal lagi yang juga harus Anda perhatikan adalah memastikan tidak ada barang-barang pribadi atau berharga yang masih tersimpan di dalamnya.

    Laptop, e-toll, kacamata, korek, power bank, sepatu serta barang berharga lainnya jangan sampai sengaja ditinggal di dalam mobil meskipun posisi parkir di garasi rumah sendiri. Ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti mobil dibobol maling ataupun korek serta power bank meledak di dalam kabin karena suhu ruang yang panas.

    Tekanan Angin Ban Dilebihkan

    Sebelum memarkir mobil di garasi, pastikan juga keempat ban mobil sudah diisi tekanan angin. Setidaknya tekanan angin pada ban tersebut dilebihkan sekitar 5 psi karena ban mobil yang dibiarkan dalam kondisi parkir dengan waktu lama anginnya lebih cepat berkurang.

    Jangan Gunakan Rem Tangan

    Tentu menjadi kekhawatiran pemilik mobil jika memarkir mobil dalam waktu lama tapi tidak di rem tangan. Takut mobil tiba-tiba bergerak sendiri. Tapi memang sangat dianjurkan untuk tidak parkir menggunakan hand brake.

    Beberapa kasus terjadi, kampas rem menempel kuat ke bagian tromol dan sulit lepas. Itulah pentingnya agar lantai garasi dibuat rata menghindari mobil bergerak sendiri. Sebaiknya Anda menggunakan wheel chock khusus untuk mengganjal ban mobil.

    Tangki Bahan Bakar Isi Penuh

    Bahan bakar di dalam tangki mobil yang akan diparkir dalam waktu lama juga jangan sampai dibiarkan kosong atau terisi setengah. Adanya ruang udara di dalam tangki bahan bakar mobil akan mengakibatkan oksidasi dan menimbulkan karat timbul di dalam tangki. 

    Panaskan Mesin dan Jalankan Mobil

    Mesin mobil harus dipanaskan seminggu dua kali selama 10 menit untuk mengisi arus aki dan oli mesin bersirkulasi. Bawa mobil keliling lingkungan rumah agar ban berputar dan terhindar dari kerusakan akibat hanya bertumpu di satu titik.

    Sempatkan Lakukan Perawatan Bodi  dan Kabin Mobil

    Nah, mumpung libur dan mobil tidak digunakan mudik ke kampung, setidaknya sempatkan untuk ke bengkel resmi melakukan perawatan rutin pada mesin, body dan kabin mobil.

    Bagi pemilik mobil Toyota, Auto2000 ada program body & paint bernama Kilau Toyota Pilihan dengan periode 3 Mei – 30 Juni 2021.

    Manfaatkan diskon biaya jasa perbaikan bodi sebesar Rp 300 ribu dengan transaksi minimal Rp 1,5 juta atau klaim asuransi minimal Rp 3,5 juta. Diskon tersebut masih ditambah potongan 5% untuk 104 parts yang diganti.

    Perbaikan dan perawatan bodi kendaraan dengan transaksi minimal Rp 1 juta dan klaim asuransi minimal Rp 2,5 juta, akan mendapatkan diskon biaya jasa perbaikan sebesar Rp 150 ribu dan tambahan diskon 5% untuk 104 parts yang diganti. 

    Untuk menjaga kabin mobil Toyota tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya, gunakan produk TMO Cabin Disinfectant  dan TMO Evaporator Cleaner di bengkel-bengkel Auto2000 terdekat. 

    “Momen libur Lebaran merupakan waktu yang tepat untuk mengistirahatkan dan merawat mobil kesayangan agar kembali prima. Segera manfaatkan program Kilau Toyota Pilihan untuk memperbaiki bodi mobil dengan keuntungan diskon biaya jasa dan parts. Atau kunjungi Auto2000.co.id untuk memanfaatkan program promo lain yang sesuai kebutuhan di masa libur Lebaran,” jelas Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Sabtu (8/5/2021).

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here