Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    BeritaNissan Siap Bawa Lebih Banyak Mobil Listrik ke Indonesia dan Harganya Murah,...

    Nissan Siap Bawa Lebih Banyak Mobil Listrik ke Indonesia dan Harganya Murah, Asalkan..

    Nissan Leaf, jadi mobil listrik terbaru yang dipasarkan PT Nissan Motor Distribution Indonesia di pasar otomotif nasional dengan menawarkan dua pilihan harga yaitu Rp 649 juta untuk varian one tone dan Rp 651 juta untuk dual tone. 

    Untuk sebuah mobil listrik, harga mobil Nissan Leaf ini ternyata lebih murah jika dibandingkan dengan Hyundai Kona yang dijual sebesar Rp 697 juta. Dengan begitu, Nissan Indonesia rupanya ingin menawarkan mobil listriknya ini mudah dijangkau semua kalangan.

    Namun begitu, Nissan Indonesia ternyata tak puas jika hanya menghadirkan Leaf sebagai line up mobil listrik. Bahkan menurut Direktur Sales & Marketing PT NMDI, Tan Kim Piauw, ke depan Nissan akan terus mengembangkan dan membawa banyak mobil listrik.

    “Kita berharap suatu saat semua harga mobil listrik semakin murah,” ungkap Tan Kim kepada awak media saat peluncuran Nissan Leaf, beberapa waktu lalu. 

    Hanya saja Tan Kim tak menampik, mobil listrik bisa terjangkau tergantung dengan perkembangan teknologi, termasuk peran komponen pendukung yang digunakan, termasuk baterai.

    Ya, menurut dia, saat ini untuk membuat baterai masih tergantung pada material sumber daya mineral seperti nikel dan lainnya yang jumlahnya masih terbatas. Dengan begitu, di masa depan, Tan Kim berharap dengan kemajuan teknologi yang lebih berkembang, maka harga mobil listrik bisa ditekan.

    “Untuk harga, sekarang ditentukan regulasi dan pemerintah. Jadi kami sebagai APM siap mendukung program pemerintah. Pemerintah lakukan relaksasi mobil listrik ini sangat bisa membantu masyarakat harga lebih murah seperti yang diharapkan,” jelas Tan Kim. 

    Sementara itu Presiden Direktur PT Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) Evensius Go mengatakan, kehadiran mobil listrik Leaf ke Indonesia saat ini adalah merupakan waktu yang tepat. 

    “Peluncuran Nissan Leaf ini memberikan fokus buat Nissan ke depan, terutama teknologi dan pengalaman berkendara bagi konsumen di Indonesia. Ini juga untuk mendukung program,” ujarnya. 

    Sekadar informasi, Nissan Leaf sudah dibenamkan baterai lithium-ion 40 kWh yang dapat menempuh jarak sejauh 311 km dalam sekali pengisian daya (charging) berdasarkan hasil test New European Driving Cycle (NEDC). 

    Selain itu, mesin listrik pada Nissan Leaf mampu memuntahkan limpahan tenaga maksimum hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm.

    Nissan Leaf juga sudah mengusung teknologi Nissan Intelligent Driving, dimana mobil ini sudah menggunakan e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi memulai berkendara, akselerasi, deselerasi, dan berhenti menggunakan hanya satu pedal dengan menambah atau mengurangi tekanan pada pedal gas. 

    Ketika akselerator dilepaskan sepenuhnya, rem regeneratif dan friksi akan bekerja secara otomatis, membuat mobil berhenti total. 

    Belum sampai disitu, Nissan Leaf juga memiliki teknologi Nissan Safety Shield, yang terdiri dari beberapa fitur keselamatan canggih termasuk Forward Collision Warning, Forward Emergency Braking, Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection, dan Driver Alert Assist.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here