Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    BeritaNissan Siap Bawa Mobil Listrik Terbaru, Apa Menariknya?

    Nissan Siap Bawa Mobil Listrik Terbaru, Apa Menariknya?

    Perusahaan mobil Nissan siap menambah lini mobil listriknya. Hal ini dibuktikan dengan diperkenalkannya mobil konsep Imk yang diklaim menggabungkan desain cantik, teknologi canggih, dan akselerasi mobil listrik yang bertenaga.

    Memiliki bentuk kompak, mobil berdaya listrik 100 persen IMk dianggap sengaja diciptakan sebagai kendaraan perkotaan  fungsional. Rencannya, mobil ini juga akan dipamerkan diajang Tokyo Motor Show ke-46 di Tokyo, Jepang.

    Dalam keterangang tertulisnya, IMk adalah mobil trendi yang mengurangi stress pada pengemudi, sekaligus memberikan pengalaman berkendara yang percaya diri dan menyenangkan melalui platform mobil listrik baru.

    Ya, hal ini karena mobil konsep Nissan IMk dilengkapi dengan teknologi canggih ProPILOT dan fitur konektivitas sehingga IMk memberikan gambaran bagaimana wujud dan bentuk mobil berorientasi urban di masa depan.

    Menurut Executive Design Director Nissan Satoru Tai, sebagai sebuah mobil listrik kompak untuk era baru, Nissan IMk didesain agar sesuai untuk lingkungan perkotaan modern maupun di kota-kota kecil tradisional Jepang.

    “IMk menggabungkan tampilan modern dan bersih yang memiliki latar belakang Jepang yang kuat, dengan teknologi EV yang canggih. Mobil ini tidak terkekang oleh konsep konvensional dari segmen mobil kei, dan desainnya terjalin dengan budaya Jepang. Mobil ini adalah mobil listrik kompak mewah, yang saya harapkan akan dikemudikan oleh banyak pelanggan,” jelas Satoru.

    Untuk mengetahui bagaimana rupa dari mobil konsep Nissan IMk, berikut ulasannya:

    Eksterior

    Nissan IMk

    Berdasarkan filosofi desain baru Nissan yang dinamakan Timeless Japanese Futurism, sehingga tampilan dan proporsi IMk mencerminkan estetika minimalistik.

    Mobil konsep Nissan IMk ini juga Mengadopsi sifat sederhana dari desain tradisional Jepang, eksterior mobil ini bercirikan garis yang mengalir. Dengan warna yang mengambil skema cat Akagane, merefleksikan warna tembaga kemerahan – konsep ini memberi penghormatan pada para seniman yang membentuk tembaga menjadi karya seni fungsional.

    Elemen DNA Jepang disebut ada dalam IMk. Seperti halnya V-Motion yang menampilkan ‘perisai’ dan kombinasi lampu belakang yang merupakan ciri khas mobil Nissan menonjolkan kesan teralis dan karya seni dari kayu.

    Interior

    Kabin Nissan IMk mirip sebuah ‘kamar’ tipe baru yang memancarkan suasana café atau lounge. Kursi mobil ini bergaya bench dengan tekstur berlesung menghadirkan ruangan yang nyaman.

    Pada bagian dasbor dan pintu dilapisi dengan bahan tonal ringan. Aksen berwarna akagane di sepanjang panel instrumen, pintu dan setir sengaja dilakukan menambah kecerahan pada interior dan kesan premium.

    Bilah kayu saling bertautan dengan bagian pintu bawah, yang diambil dari teknik kerajinan kayu kigumi Jepang. Fitur ini disorot oleh pencahayaan tersembunyi khusus. Karpet lantai berwarna kopi gelap dengan untaian anyaman serat logam.

    Selain tombol start dan shifter, dasbor tipis IMk tidak dijejali oleh kontrol fisik. Setelah IMk dihidupkan, baru tampak kontrol dan pengaturan kenyamanan kabin dengan ikon bercahaya lembut dalam trim Akagane.

    Mobil ini juga dilengkapi sumber informasi bagi pengemudi, seperti kecepatan kendaraan dan arah navigasi, muncul di ‘udara’ melalui tampilan prisma tanpa bezel. Informasi yang disesuaikan dikomunikasikan kepada pengemudi melalui tampilan holografik.

    “Mobil ini ingin menjadi menjadi mitra kelas atas yang bergaya, yang memberikan ruang yang anggun dan elegan untuk dinikmati para penumpangnya,” terangnya.

    Kelebihan Nissan IMk

    Nissan IMk

    Konsep Nissan IMk merupakan langkah selanjutnya menuju pengemudian yang otonom sepenuhnya. Mobil ini muncul dengan teknologi terbaru untuk membantu pengemudi di berbagai lingkungan, dari jalan bebas hambatan hingga jalan-jalan kota dan tempat parkir.

    Remote Park ProPILOT yang dapat diaktifkan dengan smartphone dengan fitur Parkir Valet dapat mencari tempat parkir secara otomatis setelah dan penumpang keluar dari mobil. Saat siap untuk berangkat lagi, satu ketukan tombol akan membawa mobil kepada Anda.

    Mobil ini juga dibangun dari ProPILOT 2.0 versi lanjutan, yang membantu membuat berkendara lebih aman dan lebih menyenangkan bagi pengemudi dengan menggabungkan navigasi mengemudi jalan raya dengan kemampuan mengemudi lepas tangan di lajur tunggal.

    Konsep Nissan IMk bergerak dengan tingkat suara yang teramat senyap dan pusat gravitasi yang rendah.

    Pengemudi dapat menghubungkan mobil dengan smartphone untuk mengenali identitas mereka, secara otomatis menerapkan pengaturan pribadi – seperti posisi kursi, pencahayaan interior dan kontrol iklim – dan merencanakan perjalanan mereka.

    Sebelum melakukan perjalanan, IMk memberi tahu pengemudi tentang waktu keberangkatan terbaik melalui smartphone, dengan mempertimbangkan variabel-variabel seperti kemacetan lalu lintas. Setelah tiba dan parkir valet sendiri, kendaraan dapat berintegrasi mulus dengan sistem energi rumah dan menggunakan kapasitas baterai cadangan untuk menyeimbangkan kebutuhan energi rumah, menggunakan Nissan Energy Share (Kendaraan-ke-Rumah).

    Saat dalam perjalanan, penghuni dapat menikmati teknologi Nissan-to-Visible (I2V) Nissan. Menggabungkan informasi dari sensor di luar dan di dalam kendaraan dengan data dari cloud, teknologi I2V dapat melacak lingkungan terdekat kendaraan dan mengantisipasi apa yang ada di depan, bahkan menunjukkan apa yang ada di belakang gedung atau di tikungan.

    Bimbingan diberikan secara interaktif dengan komunikasi yang mudah dipahami, termasuk melalui avatar yang muncul di dalam mobil. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here