Jumat, Mei 20, 2022
More
    MobilNissan X-Trail, SUV Keren Walau Sudah Bekas

    Nissan X-Trail, SUV Keren Walau Sudah Bekas

    Nissan X-Trail, mobil yang masuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini merupakan salah satu produk unggulan PT Nissan Motor Distribution Indonesia selaku agen pemegang merek mobil Nissan di Tanah Air.

    Memiliki perawakan yang besar, keberadaan Nissan X-Trail digadang-gadang jadi rival dari sosok Honda CR-V maupun Hyundai Santa Fe, atau Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

    Bicara soal Nissan X-Trail, mobil yang memiliki postur gagah ini untuk sekarang peminatnya cukup sedikit lihat saja Data Gabungan industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di tahun 2021, hanya terjual 20 unit.

    Padahal, Nissan X-Trail jadi salah satu mobil yang yang diboyong dari Jepang dijadikan  mobil dinas Polri dan Sekretariat Negara.

    Nah, mau tahu sejarah Nissan X-Trail? Lihat ulasannya di bawah ini.

    Sejarah Nissan Xtrail di Indonesia

    Nissan X-Trail genenrasi pertama. (Wikipedia)

    Generasi pertama (2000-2007)

    Nissan X-Trail pertama kali hadir pada tahun 2000, dimana kala itu SUV ini dipamerkan di gelaran Paris Motor Show, Perancis.

    Kendati begitu, saat masuk ke Indonesia Nissan X-Trail baru dipasarkan ke pasar nasional pada tahun 2001. Kala itu, mobil ini diimpor utuh secara langsung dari Jepang dan menggunakan kode T30.

    Nah, karena permintaan Nissan X-Trail saat itu mengalami peningkatan, maka PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku agen pemegang merek Nissan di Tanah Air memilih mobil inipun dirakit secara lokal.

    Saat dirakit secara lokal, Nissan X-Trail hadir dalam dua pilihan, yaitu X-Trail Sport Touring (ST) dan X-Trail Xtra Touring (XT).

    Untuk tipe ST hadir dengan mesin dengan 2.0L QR20DE bertenaga 138 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 192 Nm pada 4.000 rpm.

    Sedangkan untuk XT dibenamkan mesin .5 L QR25DE bertenaga 178 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 245 Nm pada 4.000 rpm.

    Mesin 2.0L hanya tersedia dengan transmisi manual 5 percepatan, sedangkan mesin 2.5L hanya tersedia dengan transmisi otomatis 4 percepatan dengan penggerak 4×2 maupun 4×4.

    Generasi kedua (2007-2013)

    Nissan X-Trail generasi kedua (Autocar-Jed Leicester Haymarket)

    Nissan X-Trail generasi kedua memiliki kode T31  secara global muncul pertama kali tahun 2007 di pameran Geneva Motor Show. Selang dua tahun atau 2009 masuklah ke pasar Indonesia.

    Oia, kala itu sejumlah mobil sudah berevolusi dengan desain yang membulat. Namun hal itu tidak dengan Nissan X-Trail yang mempertahankan desain kotaknya.

    Adapun ubahan yang sangat jelas terlihat pada generasi kedua ini memang terlihat dari eksterior sampai interior. Selain itu, mobil ini menggunakan platform baru.

    Untuk eksterior, desain grille depan dan lampu berubah, demikian juga pada bagian kaca samping dan velg.

    Sementara untuk bagian interior perubahanya cukup signifikan, mulai dari panel instrument cluster, fitur-fitur yang disematkan, baik pada sistem hiburan dan lainya.

    Untuk jantung pacu mirip-mirip seperti yang lama, yaitu mesin bensin 2.0L MR20DE bertenaga 139 PS pada 5.200 rpm dengan torsi 198 Nm pada 4400 rpm. Sedangkan mesin 2.5L yang berkode sama dengan generasi sebelumnya

    Nissan X-Trail generasi ketiga ini sudah dijejali teknologi Xtronic Continuous Variable Valve Timing (CVTC) dan Electronic Concentrated Engine Control System (ECCS). Untuk tipe 2.5L, hanya tersedia transmisi CVTC.

    Baca juga  Mitsubishi Outlander Generasi 1, Mobil Langka di Indonesia Harganya Rp 110 jutaan

    Generasi ketiga (2013-2021)

    Untuk Nissan X-Trail generasi ketiga muncul pertama kali pada tahun 2013 di Frankfurt Motor Show. Nah, selang setahun atau 2014 mobil tersebut akhirnya mengaspal ke Indonesia.

    Pada generasi ketiga ini, Nissan rupanya menyerah dengan keadaan untuk masalah desain. Ya, untuk Nissan X-Trail generasi ketiga berubah total dan sudah tidak lagi berbentuk kaku.

    Selain itu, Nissan X-Trail generasi ketiga juga menghilangkan imej SUV 5 orang penumpang, menjadi 7 penumpang. Paling penting, ubahan pada mobil ini memang menyeluruh mulai dari eksterior hingga interior.

    Untuk jantung pacu, Nissan X-Trail masih memiliki mesin 2.0 L dan 2.5 L. Hanya saja ada pilihan mesin berteknologi hybrid yang menggabungkan mesin bensin berkapasitas 2.0 liter dan motor listrik.

    Bekas Berkualitas

    Jika OLXers ingin membeli mobil Nissan X-Trail bekas berkualitas, tidak ada salahnya mengunjungi platform jual beli online OLX Autos.

    Pasalnya, di platform ini hadir juga Nissan X-Trail bekas dengan nilai grade A atau kondisinya masih sangat baik dari segi eksterior, interior, maupun mesin.

    Ya, ini karena tim inspeksi OLX Autos sudah melakukan pengecekan hingga 150 titik, dimana mobil inipun dipastikan kondisinya bebas tabrakan, atau kecelakaan dan juga banjir.

    Menyoal harga Nissan X-Trail bekas memang sangat bervariasi dan pastinya kondisinya mulus karena nilai grade A. Bahkan jika beruntung, harganya masih bisa dinegosiasi lagi.

    Yang menariknya lagi, jika beli di OLX Autos, maka akan mendapatkan banyak pilihan mobil sesuai budget, lulus inspeksi mobil, Home Test Drive, 30 hari garansi mesin & garansi uang kembali selama 7 hari, dan gratis biaya perawatan selama 18 bulan.

    Tips membeli mobil bekas

    Sekadar informasi, apabila OLXers berniat membeli mobil Nissan X-Trail bekas jangan heran, meski ada satu merek dan jenis model, varian, serta tahun produksinya sama, namun untuk harga bisa berbeda-beda.

    Bahkan ada juga tahun produksinya lebih muda tapi harganya justru lebih rendah.

    Hal ini dikarenakan untuk menentukan harga sebuah mobil bekas memang ‘gelap’, bisa tergantung dari beberapa faktor, seperti kondisi mobil, jarak tempuh, kelengkapan surat-suratnya, serta lokasi si penjual.

    Belum lagi harga mobil bekas bisa saja tinggi, karena sang pemilik sangat rajin merawat mobilnya, serta pajak dibayar tepat waktu.

    Apabila OLXers memang ingin mencari mobil bekas, tidak ada salahnya melakukan cek dan ricek, termasuk membawa orang ahli untuk melakukan pemeriksaan atau inspeksi.

    Oia, jika diperbolehkan melakukan test drive, makan manfaatkan untuk mengetahui apakah mobil bekas yang OLXers idamkan terasa ada masalah atau tidak.

    Harga Nissan X-Trail Bekas

    Menyoal harga, saat ini Nissan X-Trail terbaru dengan status On The Road DKI Jakarta dijual mulai dari Rp 570 jutaan.

    Lalu berapa dengan harga bekasnya? Di OLX Autos mobil Nissan X-Trail sangat bervariasi, bahkan ada juga mobil tersebut lansiran 2015 km tergolong rendah dibanderol Rp 220 jutaan..

    Mau lihat Nissan X-Trail bekas di OLX Autos bisa lihat di sini.

    Mau tahu wujudnya bisa lihat di video ini:

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here