Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    BeritaJalan Tol Siap Pakai Sistem Tilang Elektronik, Fiturnya Lebih lengkap

    Jalan Tol Siap Pakai Sistem Tilang Elektronik, Fiturnya Lebih lengkap

    Pengendara mobil yang kerap melewati jalan tol atau jalur bebas hambatan kudu lebih tertib lagi. Pasalnya, mulai bulan depan atau per 2 Oktober 2019, kepolisian lalu lintas Polda Metro Jaya dengan PT Jasa Marga, serta TransJakarta akan melakukan uji coba Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau sistem tilang elektronik.

    Berdasarkan keterangan akun instagram @TMCpoldametro, Wadir Lantas PMJ AKBP I Made Agus Prastya mengatakan, tilang elektronik ini dikembangkan karena terjadi beberapa kecelakaan aktual yang belakangan ini terjadi di jalan tol.  

    “Sehingga ada evaluasi faktor keselamatan di jalan tol, serta rencana pengembangan ETLE khususnya di ruas tol guna mendukung program Road Safety/Safer Road,” tulisnya.

    Sementara itu, Direktur Operasi PT Jasa Marga, Subakti Syukur menyampaikan beberapa point antara lain, terkait dengan integrasi sistem ETLE sudah lama ditunggu dan PT Jasa Marga siap mendukung rencana kolaborasi ini.

    “Fitur-fitur sebagaimana yang dibutuhkan untuk penindakan hukum secara ETLE dengan kamera yang ada di jalan tol akan diupayakan untuk difungsikan keseluruhan, termasuk rencana penerapan penindakan pelanggaran Over Dimension and Overload dengan menggunakan sistem Weigh in Motion yang akan di uji coba di Tol Cakung,” tulisnya.

    Nah, OLXer jangan merasa pintar dan dapat mengelabui sistem E-TLE, sebab dilansir situs resmi NTMC Polri, menurut Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum (Gakkum) Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar M. Nasir sistem ini akan dilengkapi fitur terbaru.

    Apa fitur terbaru itu? Kata Nasir, ETLE akan memiliki fitur yang dapat merekam mobil bermasalah atau pengendara yang bandel mulai dari kelebihan muatan atau Over Dimension Over Load (ODOL), mendeteksi kendaraan tidak teregistrasi atau bodong, sampai kebut-kebutan hingga melanggar batas kecepatan.

    “Sebelumnya ETLE (Sudirman-Thamrin) sudah dilengkapi fitur pelanggaran (bisa mendeteksi) melanggar rambu marka, ganjil genap, (tidak menggunakan) seat belt, sampai menggunakan hp,” ungkap Nasir dalam pesan tertulis, kepada News OLX.

    Oia, tak hanya bagian luar saja yang terekam, sebab pengemudi dan bagian kabin mobil juga bisa terlihat jelas. Alhasil, Anda tak bisa mengelak, karena sudah terbukti.

    Karena masih percobaan, sistem tilang elektronik ini akan mulai diterapkan menggunakan CCTV yang titiknya di beberapa ruas tol dalam kota. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here