Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    TipsOli Motor Matik Tercampur Air, Kuras Pakai Federal Oil Matic Series, Ada...

    Oli Motor Matik Tercampur Air, Kuras Pakai Federal Oil Matic Series, Ada Hadiahnya

    Di musim penghujan seperti sekarang, pemotor sangat disarankan untuk lebih meningkatkan kewaspadaan setiap kali beraktivitas bersama motor kesayangannya. Jalanan basah dan licin bukan jadi satu-satunya hal yang harus diwaspadai. Lubang yang tertutup air atau genangan air yang cukup dalam juga menjadi ancaman.

    Sebagai persiapan berkendara sepeda motor di musim hujan, dianjurkan untuk melakukan pengecekan terhadap komponen-komponen motor seperti kondisi ban, rem, serta fungsi-fungsi lampu. 

    Jika didapati kondisi ban sudah mulai tipis, jangan ambil risiko, segera ganti dengan yang baru. Kondisi jalan yang basah semakin mengurangi daya cengkram tapak ban dengan permukaan aspal, motor akan mudah sekali tergelincir dan terjatuh. 

    Begitu juga dengan sistem pengereman, cek apakah fungsi rem depan dan belakang masih bekerja dengan baik. Kalau dirasakan kanvas rem sudah mulai tipis, biasanya ditandai dengan munculnya bunyi pada cakram rem saat melakukan pengereman, sebaiknya langsung diganti.

    Begitu juga dengan sistem pencahayaan, pastikan lampu depan, lampu belakang serta sein kanan-kiri masih menyala. Bermotor di tengah kondisi hujan, lampu-lampu yang ada di motor menjadi isyarat bagi pengguna jalan lain di sekitar Anda.

    Satu hal yang tentu tidak kalah penting adalah bagaimana menjaga performa mesin motor Anda. 

    Perhatikan apakah selama beraktivitas di musim hujan, apakah Anda sering sekali menerjang genangan air atau tidak. Kalau iya, sering-seringlah mengecek kondisi oli mesin Anda.

    Jika didapati kondisi oli mulai berubah warna, yang biasanya bening (oli baru) atau hitam pekat (oli lama), menjadi coklat seperti kopi susu, itu artinya oli sudah tercampur dengan air. 

    Jangan memaksakan mesin motor terus bekerja dengan kondisi oli seperti ini. Karena meskipun mesin motor masih bisa bekerja, dalam jangka waktu lama bisa merontokkan semua part-part di dalam mesin yang membutuhkan sistem pelumasan dari oli. Buru-buru deh masuk bengkel dan lakukan penggantian oli.   

    Berbeda dengan proses penggantian oli yang masih dalam kondisi normal, oli mesin yang sudah tercampur air harus dikuras atau istilahnya di flushing. Proses penggantian oli juga tidak cuma sekali, bahkan bisa berkali-kali.

    Setelah oli lama dibuang, kemudian diganti dengan pelumas yang baru, nyalakan mesin motor selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu matikan mesin dan biarkan sampai agak blok mesin dingin. Setelah itu kuras lagi oli yang baru dan pastikan sudah tidak ada lagi buih atau warna kecoklatan yang tersisa di oli.

    Artinya, proses flushing ini bisa berlangsung berkali-kali dengan oli yang baru. Memang agak boros, tapi ini bisa menghindarkan Anda dari proses perbaikan dengan biaya yang lebih mahal lagi.

    Pakai Federal Matic Series Ada Program Sobek Berhadiah

    Bagi pemilik motor matik yang mengalami kejadian di atas, sebaiknya memilih untuk menggunakan produk pelumas dari Federal Oil, yakni produk Federal Matic Series yang ada tanda promonya. 

    Karena sejak bulan Agustus lalu sampai 31 Desember 2020 mendatang, Federal Oil punya program Sobek Berhadiah yang menyediakan motor sebagai hadiah utama, lalu ada smartphone dan juga voucher belanja. 

    “Melalui program ini kami mengajak pengguna motor matik untuk tetap rutin menjaga kondisi mesin motor, guna menunjang mobilitas sehari-hari agar tetap maksimal dan nyaman, dengan membeli produk Federal Matic series yang ada tanda promonya,” ujar Yanto Iskandar selaku 2W Sales B2C General Manager dalam keterangan tertulis, Jumat (4/12/2020). 

    Lebih jauh Yanto menjelaskan program Sobek Berhadiah dari Federal Oil ini diharapkan mampu mendorong konsumen untuk datang ke bengkel, melakukan pembelian produk, serta servis perawatan kendaraan bermotor, sehingga turut membantu berputarnya kembali roda perekonomian bengkel di tengah masa sulit pandemi COVID-19 ini. 

    “Selain memberikan reward bagi konsumen, program ini juga kami tujukan bagi mitra strategis kami yaitu bengkel. Melihat kondisi ekonomi di tengah pandemi, kami rasa penting ikut berkontribusi, dan berharap melalui program Sobek Berhadiah ini dapat mendorong konsumen untuk melakukan pembelian di bengkel agar dapat meningkatkan pendapatan mereka,” jelasnya.

    Bengkel-bengkel yang menjual produk Federal Oil pun menyambut program ini dengan sangat positif. Hingga saat ini tercatat sudah ribuan bengkel ikut berperan dalam menjual, dan mendorong pelanggan untuk ikut program Sobek Berhadiah dengan cara membeli Federal Matic series di bengkel mereka. 

    “Bengkel kami telah menjual produk-produk Federal Oil lebih dari 10 tahun, dan selama kami menjual produk Federal Oil tidak pernah ada masalah. Adanya program Sobek Berhadiah dari Federal Oil ini, dirasa sangat positif, dan membantu kami ditengah pandemi ini,” ungkap Ng Bhuy Phin selaku pemilik bengkel Panca Jaya Motor, Ciputat, Tangerang Selatan. 

    Pemilik motor matik yang ingin ikut program ini caranya mudah. Cukup membeli produk Federal Matic series (Federal Matic 30, 40, Ultratec Matic , dan YMatic) yang ada tanda promonya. Sobek label bagian belakang, dan temukan kode unik di label tersebut. Kode unik ini lalu dikirimkan via SMS ke 95899. 

    Lihat balasan SMS yang akan Anda terima, jika Anda orang yang beruntung, hadiah motor, handphone ataupun voucher belanja bisa menjadi milik Anda. Info lebih lengkapnya disini.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here