Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    MotorOndawagen, e-Bike Kargo Unik dan Nyeleneh

    Ondawagen, e-Bike Kargo Unik dan Nyeleneh

    Foto di atas bukanlah sebuah desain sepeda motor yang berasal dari zaman Perang Dunia II, juga bukan sebuah sepeda dari zaman prasejarah. Tapi itu adalah sebuah sepeda listrik terbaru dari Italia bernama Ondawagen yang diciptakan oleh seorang arsitek bernama Federico Rossi.

    Sekilas bentuknya memang sangat aneh, malah ada kesan jadul. Tapi penciptanya jelas punya alasan tersendiri mengapa Ondawagen dibentuk serupa itu. Rangkanya dibuat lebih panjang dari sepeda lainnya, namun hal ini sekaligus menjadi salah satu dari kemegahan Ondawagen. 

    Federico Rossi memang sengaja membuat Ondawagen dengan fungsi sebagai sepeda elektrik kargo. Meski terlihat aneh awalnya, tapi sepeda ini memiliki fungsionalitas yang tidak tertandingi, bahkan untuk dua merek sepeda kargo yang pernah ada sebelumnya, Yoonit dan Delfast. 

    Dari segi desainnya, Ondawagon jauh lebih memiliki estetika dibandingkan keduanya. Yoonit dibuat hanya sebagai sepeda pekerja yang berfungsi untuk membawa beban, termasuk orang yang mengayuhnya. Sedangkan Delfast merupakan sepeda bergaya becak klasik dengan beban yang ditarik.

    Ondawagen jelas berbeda. Memang tidak ada terlihat e-bike ini punya beban yang ditarik di bagian belakangnya, tetapi sepeda ini punya banyak ruang kargo yang memberinya kemampuan menyaingi e-bike kargo lainnya. 

    Sementara pada bagian depan ada satu ruang kargo berupa keranjang yang menjadi fitur standar untuk dua model Ondawagon yang ditawarkan, model S dan Model T. 

    Perbedaan kedua model hanya ada pada bentuk bingkai yang juga sama-sama terbuat dari bahan aluminium 6061-T6 serta lapisan cat yang tahan terhadap kondisi cuaca. Dan pada bagian atas bingkai masing-masing terlihat ada strip aksen kayu yang terbuat dari bahan kayu layar yang juga tahan cuaca. 

    Motor penggerak Ondawagon adalah Brose 250W dengan kekuatan torsi hingga 90 Nm, cukup untuk menggerakkan sepeda dengan kapasitas beban seberat 150kg, belum termasuk orang yang mengendarainya. 

    Sementara pada bagian baterai, Ondawagon menggunakan BMZ V 630Wh yang terintegrasi ke dalam rangkanya. Kapasitas baterai dalam kondisi penuh bisa membawa Ondawagon menempuh jarak hingga 100 km, tanpa menjelaskan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pengisian daya. 

    Secara keseluruhan, jika tidak menggunakan aksesori apapun, berat dari e-bike ini mencapai 29kg. Tidak terlalu ringan, tapi juga tidak seberat dari bentuknya.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here