Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    BeritaPabrik Hyundai di Indonesia Siap Produksi Oksigen, Gratis Untuk Pasien Covid

    Pabrik Hyundai di Indonesia Siap Produksi Oksigen, Gratis Untuk Pasien Covid

    PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI)  mengumumkan, bahwa di area pabriknya saat ini tak hanya akan digunakan untuk membuat mobil saja, melainkan akan dibangun fasilitas produksi oksigen.

    Di hadapan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, rencana pembuatan oksigen ini langkah ini dilakukan Hyundai Motor sebagai bentuk keseriusan perusahaan dalam membantu memerangi penyebaran Covid-19 yang meningkat hingga lebih dari 30.000 kasus baru harian pada Juli 2021.

    Menurut President Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters, Young Tack Lee, fasilitas pabrik Hyundai Motor dapat berfungsi lebih dari sekadar untuk memproduksi mobil, tetapi juga dapat memberikan kontribusi penting bagi masyarakat.

    “Hyundai Motor akan selalu melakukan yang terbaik demi mewujudkan visi kami terkait Kemajuan untuk Kemanusiaan atau Progress for Humanity yang selalu kami kedepankan,” jelas Lee dalam keterangan tertulis.

    Diketahui untuk membangun fasilitas produksi oksigen, Hyundai Motor mengucurkan dana senilai USD 600 ribu dengan memanfaatkan sebagian fasilitas pabriknya yang telah dibangun.

    Rencananya, proses produksi oksigen ini ditargetkan mulai beroperasi pada akhir Agustus 2021, diharapkan mampu memasok 500 ton oksigen per tahun di mana jumlah dapat digunakan oleh kurang lebih 2,400 pasien kritis selama satu hari di setiap bulannya, dengan asumsi produksi per bulan mencapai 40 ton.

    Meski hanya sementara, Hyundai Motor berjanji, fasilitas produksi oksigen untuk kebutuhan medis ini dapat terus berjalan jika ada peningkatan permintaan yang signifikan.

    Produksi oksigen dari fasilitas ini nantinya akan didistribusikan ke tempat-tempat yang membutuhkan berdasarkan hasil diskusi dan konsultasi bersama Pemerintah Kota Bekasi dan sejumlah LSM.

    Penerima bantuan oksigen dari Hyundai Motor akan mencakup bangsal rumah sakit mitra di dekat pabrik Hyundai Motor yang kekurangan pasokan oksigen, serta keluarga yang tidak berkecukupan yang tengah menghadapi kendala dalam memperoleh oksigen dari rumah sakit.

    Dukungan oksigen dari Hyundai Motor ini akan diberikan secara gratis.

    Donasi peralatan medis

    Selain fasilitas produksi oksigen, Hyundai Motor memberikan donasi senilai USD 200 ribu lainnya berupa peralatan medis lainnya, mencakup 20 unit ventilator, 30 unit oksigen konsentrator, dan 100 unit tabung oksigen. Donasi ini akan mulai disalurkan secara bertahap pada Agustus 2021.

    Sehingga, Hyundai Motor berkomitmen untuk mengalokasikan hingga USD 800 ribu (sekitar Rp 11,6 miliar ) yang mencakup produksi oksigen dan juga peralatan medis untuk mendukung Pemerintah Indonesia di situasi pandemi saat ini.

    Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan menyatakan sangat menghargai Hyundai Motor yang tidak mengambil keuntungan melalui inisiatif ini, dan memberikan bantuan ini sebagai kontribusi sosial untuk Indonesia guna membantu masyarakat yang memerlukan.

    “Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Hyundai Motor, dimana solidaritas dan persahabatan memang menjadi kunci keberhasilan dalam penanganan pandemi yang berkelanjutan ini. Saya sangat percaya bahwa Hyundai Motor dengan Indonesia akan terus bersahabat dan saling membantu melewati pandemi Covid-19 ini,” ucanya

    Luhut berjanji akan mendukung penuh pembangunan fasilitas produksi oksigen Hyundai Motor, termasuk dalam hal perizinan.

    “Kami berharap pemenuhan kebutuhan oksigen ini tidak hanya memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, tetapi juga membantu menyelamatkan nyawa pasien kritis yang terpapar virus COVID-19. Selanjutnya, kami percaya bahwa Hyundai Motor dan Indonesia akan mengatasi situasi sulit ini bersama-sama,” tambah Lee.

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait