Kamis, April 18, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriPakai Mobil Berbodi Besar Jangan Arogan, Yuk Belajar Bijak Berkendara

    Pakai Mobil Berbodi Besar Jangan Arogan, Yuk Belajar Bijak Berkendara

    News.OLX.co.id – Pemerintah tengah mengumumkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat mulai tanggal 3 sampai 20 Juli 2021 mendatang. Di masa seperti ini masyarakat dituntut untuk lebih meningkatkan kewaspadaan, termasuk menjalankan protokol kesehatan (prokes) seperti selalu menggunakan masker medis, mencuci tangan hingga bersih, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

    Bagi yang terpaksa harus berkendara, juga harus menjaga fokus serta harus lebih bijak. Khususnya bagi mereka pemilik kendaraan berbodi bongsor, contohnya pemilik mobil Kijang Innova dan Fortuner. Kadang pengemudi mobil besar merasa superior di jalan dan mudah terbawa emosi. 

    Setidaknya beberapa tips berikut ini harus dibaca agar tidak sampai ada kejadian seperti merasa memiliki jalan sendirian. Jangan sampai OLXers menjadi bahan cemoohan netizen dan jadi viral di sosial media. 

    Berikut 5 tips ringan berkendara menggunakan mobil berbody bongsor: 

    1. Bijak dalam Mengemudi

    Sebelum berada di jalan, pastikan OLXers memahami cara mengemudi mobil bongsor secara baik dan benar. Bukan hanya body saja yang bongsor, biasanya mesinnya juga memiliki tenaga yang besar, sehingga sangat menggoda untuk dipacu. Ingat, jalan raya adalah sarana publik dan pengemudi wajib mematuhi aturan lalu lintas yang berlaku seperti batas kecepatan maksimal. 

    Perhatikan situasi, kondisi dan lokasi, serta jangan memacu mobil dengan kencang di jalan yang ramai atau sempit.

    2. Ruang Lebih Untuk Bermanuver

    Pastikan OLXers juga paham bahwa mobil dengan dimensi besar butuh ruang lebih saat hendak bermanuver, contohnya saat mau parkir atau putar balik. Termasuk membatasi daya pandang keluar sehingga membuat pengemudi harus ekstra waspada dan tidak bisa sembarangan melakukan manuver. 

    Keterbatasan visibilitas juga membuat pengemudi mobil besar dilarang melakukan pindah lajur jalan seenaknya karena potensi blind spot yang tinggi.

    3. Pelajari Karakter Kendaraan

    Pahami karakter mobil bongsor yang dibawa, mulai dari performa hingga pengendaliannya. Lonjakan tenaga yang besar dan tiba-tiba bisa menyulitkan jika gagal dikendalikan. Termasuk juga memahami fitur, dimensi, dan hal lain ketika mengemudi. 

    Dengan begitu, OLXers bisa lebih memahami cara mengemudikannya dengan bijak dan mengurangi risiko masalah.

    4. Kendalikan Emosi

    Poin ini sebenarnya yang paling penting. Belajar mengendalikan emosi selama berkendara. Jangan melakukan manuver yang bisa memicu emosi orang seperti melawan arus jalan atau terpicu emosi akibat orang lain melakukan pelanggaran. Kendalikan emosi agar situasi tetap terkendali dan tidak mengakibatkan masalah yang tidak perlu.

    Saat PPKM Darurat, harus lebih ekstra waspada karena jalan berpotensi lebih lengang dibandingkan biasanya. 

    5. Pastikan Kondisi Mobil Selalu Prima

    Demi memastikan kondisi mobil bongsor OLXers selalu dalam kondisi prima, tidak ada salahnya agar membawanya ke bengkel untuk perawatan rutin. OLXers tentu tidak mau kondisi rem blong, atau wiper dan AC mati serta ban botak saat mengemudi di jalan basah akibat hujan. 

    Bengkel mobil menjadi salah satu jenis usaha yang mendapatkan izin beroperasi selama PPKM Darurat diberlakukan di beberapa wilayah di Jawa – Bali. 

    Untuk pemilik mobil bongsor merek Toyota, Auto2000 tetap buka dengan kapasitas maksimal 25% untuk memberikan pelayanan. Untuk melakukan service berkala disarankan untuk booking service terlebih dahulu agar dapat terlayani dengan lebih baik. 

    “Pada masa PPKM seperti saat ini, pastikan agar pelanggan memilih di rumah saja. Untuk urusan service berkala tidak perlu ragu manfaatkan layanan THS – Auto2000 Home Service. Bermodalkan klik di layar ponsel pada aplikasi Auto2000 Digiroom, lakukan booking selagi work from home di masa PPKM Darurat,” terang Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000, Sabtu (3/7/2021).

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait