Kamis, September 29, 2022
More
    BeritaPaling Niat, Honda Gandeng LG Untuk Bangun Pabrik Baterai

    Paling Niat, Honda Gandeng LG Untuk Bangun Pabrik Baterai

    Pabrikan mobil asal Jepang, Honda menggandeng raksasa teknologi jenama Korea Selatan, LG untuk membangun pabrik baterai jenis Lithium -ion dengan kapasitas 40 GWh per tahun.

    Kuat dugaan, kerjasama ini dikarenakan Honda melancarkan strategi secara global untuk menghadirkan mobil listrik sebanyak 30 model hingga tahun 2030 mendatang.

    Melansir Carscoops, saat ini baterai Lithium ion yang dibuat Honda dan LG akan terlebih dahulu akan digunakan secara eksklusif pada mobil-mobil listrik Honda maupun Acura.

    Menurut  CEO LG Energy Solution Youngsoo Kwon perusahaan patungan dengan Honda memiliki reputasi merek yang signifikan.

    “Ini merupakan tonggak lain dalam strategi jangka menengah hingga panjang kami untuk mempromosikan elektrifikasi di masa depan,” ungkap Youngsoo.

    Kata dia, diantara pasar kendaraan listrik, pertumbuhan pasar di Amerika Utara yang paling signifikan.

    “Sejumlah produsen mobil berkomitmen untuk pengadaan baterai EV lokal,” ucap Presiden, CEO dan Direktur Perwakilan Honda Toshihiro Mibe.

    Perusahaan patungan ini disebutkan baru didirikan mulai tahun 2022 di Amerika Serikat dengan menghabiskan dana investasi sampai US$ 4,4 miliar.

    Adapun konstruksi pabrik dilakukan pada awal 2023, dimana jika tak ada aral melintang proses produksi sel baterai Lithium-ion baru akan dimulai pada akhir tahun 2025.

    Jenis mobil listrik Honda

    Honda berencana menghadirkan 30 mobil listrik hingga 2030 mendatang
    Honda berencana menghadirkan 30 mobil listrik hingga tahun 2030 mendatang. (Honda)

    Untuk sementara, produk mobil listrik Honda akan disesuaikan dengan karakteristik pasar dan dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu:

    ● Amerika Utara:

    Pada tahun 2024, Honda akan memperkenalkan dua model EV berukuran sedang hingga besar yang saat ini sedang dikembangkan bersama dengan GM. 

    (Merek Honda: SUV Prolog Baru, merek Acura: model SUV EV.)

    ● Cina:

    Honda akan memperkenalkan total 10 model EV baru pada tahun 2027.

    ● Jepang:

    Pada awal 2024, Honda pertama kali akan memperkenalkan model Mini EV yang merupakan mobil komersial dengan kisaran harga 1 juta yen. 

    Tak lupa untuk menghadapi tantangan menuju netralitas karbon dan elektrifikasi, Honda akan memperkenalkan dua model sport.

    Cara ini dilakukan untuk mewujudkan pola pikir sport universal dan karakteristik khas Honda.

    Karena Honda dan GM sudah melakukan aliansi, maka pada tahun 2027 rencananya akan ada mobil listrik dengan harga terjangkau yang harganya sangat kompetitif seperti mobil bensin.

    Dengan 30 model mobil listrik secara global hingga tahun 2030, setidaknya volume produksi bisa tembus lebih dari 2 juta unit pertahun. 

    Mau cari mobil Honda bekas berkualitas, cek di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here