Senin, Agustus 8, 2022
More
    EventPEVS 2022 Jadi Tempat Berkumpulnya Mobil, Motor Sampai Bus Listrik Terkini di...

    PEVS 2022 Jadi Tempat Berkumpulnya Mobil, Motor Sampai Bus Listrik Terkini di Indonesia

    Gelaran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 akhirnya digelar. Pameran khusus kendaran listrik ini berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta, mulai 22-31 Juli 2022. 

    Acara PEVS 2022 yang mengusung tema “Advancing & Civilizing The Electric Vehicle Industry”, jadi tempat untuk edukasi dan literasi kendaraan listrik, hingga membentuk ekosistem elektrifikasi di Indonesia.

    Menurut Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung, perhelatan PEVS 2022 merupakan wujud nyata untuk mendukung visi pemerintah Indonesia menuju energi bersih, salah satunya dengan mempromosikan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan.

    “PEVS 2022 diharapkan dapat hadir untuk memberikan edukasi dengan menyediakan beragam program futuristik yang dapat memberikan pengalaman terbaik, bebas polusi dan tentunya edukasi yang dapat dinikmati seluruh pengunjung,” ungkap Daswar saat membuka acara PEVS 2022, Jumat (227/2022).

    Dia juga mengatakan, dengan adanya PEVS 2022, maka diharapkan dapat merangkul seluruh stakeholders ekosistem otomotif untuk bersama-sama mengambil peran dalam menyukseskan program transisi energi bersih untuk mencapai target Net Zero Emission pada 2060.

    Dukungan PEVS 2022

    Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno melalui sambungan video conference, berharap pengetahuan masyarakat akan kendaraan listrik semakin meningkat.

    “Sehingga membuka peluang usaha di bidang industri otomotif listrik dan industri lainnya termasuk industri ramah lingkungan dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” ujarnya.

    Adapun menurut Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo), Moeldoko pameran PEVS 2022 merupakan acara yang dapat menjadi pemicu dan pemacu.

    “Pemicu seluruh pihak yang akan menggunakan mobil listrik di Indonesia dimana, program pemerintah ada dua, yaitu; transisi kendaraan konvensional menuju kendaraan listrik dan kedua, konversi dari mobil existing menuju kendaraan listrik,” ujarnya.

    Melalui PEVS 2022, kata dia, hal ini menunjukkan kepada masyarakat umum bahwa penggunaan mobil listrik tidak sulit seperti yang dibayangkan selama ini. Sebaliknya, lanjut dia,  penggunaan mobil listrik sangat simple.

    Adapun sebagai pemacu; PEVS 2022 bisa menjadi pemacu bagi teman-teman industri semuanya karena semua pelaku industri listrik bisa memamerkan seluruh produknya,.” tutur Moeldoko.

    Mobil listrik menjawab tantangan global

    Moeldoko rupanya sangat optimistis Indonesia mampu masuk era elektrifikasi. Bahkan, kata Moeldoko, mobil listrik menjawab dua tantangan global saat ini, yaitu tantangan kelangkaan energi atau krisis energi.

    Dimana, harga komoditas energi meningkat luar biasa dan tantangan ketersediaan lingkungan yang bersih.

    Dengan mobil listrik seluruh tantangan global terjawab, karena mobil listrik memberikan efisiensi energi serta berdampak untuk lingkungan yang bersih. 

    “Indonesia punya sumber daya luar biasa atas pengembangan mobil listrik dunia. Kita harus mengambil lompatan ini dan tidak boleh ketinggalan dalam pengembangan mobil listrik,” terangnya.

    “Diharapkan semua memiliki kesadaran yang sama dengan mobil listrik, tantangan global bisa kita tangani,” sambung Moeldoko.

    Di ajang PEVS 2022 ada juga penandatanganan nota kesepahaman MAB dengan Trans Jakarta.

    Kerja sama ini disebut sebagai langkah awal transformasi transportasi umum konvensional menjadi transportasi berbasis listrik.

    Peserta PEVS 2022

    Sebagai Informasi, beragam brand Electric Vehicle turut serta dalam pagelaran PEVS 2022 baik dari lini brand roda empat dan roda dua serta industri pendukungnya.

    DFSK, Erolis, K-EVCBU, Smuth EV dan Prestige yang menghadirkan Renault, Tesla dan Taksi Terbang E-hang, Wuling hingga Commercial Vehicle seperti Bus MAB dan kereta gantung Aerobus, line-up truck listrik dari Fuso.

    Tidak ketinggalan ada juga Utility Vehicle yaitu Alke dan Glutton. Kendaraan roda dua dan kendaraan niaga diikuti oleh Benelli-Keeway, Davigo, Energica, Gesits, Niu, Nozomi, Rakata, Regen, Selis, SMARTBY, Smoot, Trolis.

    Brand komponen pendukung kendaraan listrik seperti ABC Lithium, ACMIC, Alton, Camp, Birubatt, B&D, Element, Evolusi 3D, Groen, Oyika, Police, PMB, Von Dutch serta Vixmo hingga sederet produk lokal. 

    PEVS 2022 menghadirkan area EV – Track Zone sebagai salah satu program spesialnya, yaitu Test Drive & Ride di dalam ruangan/indoor, sehingga pengunjung dapat merasakan secara langsung mengemudikan kendaraan listrik di dalam ruangan.

    Selain itu area ini menghadirkan deretan program yang memberikan pengalaman terbaik, Mini 4WD Championship, Push Bike Race dan Remote Control Drift.

    Tak cukup sampai disitu, keseruan PEVS 2022 juga makin terasa berkat hadirnya berbagai program lainnya seperti Air Wheel Fun Ride, Electric Board Ride, EV Fest, EV Fun Rally, EV Riding, Formula Student Show Off, Test Drive & Ride di outdoor area, dan Virtual Reality (VR) Game.

    Media edukasi dan sosialisasi Electric Vehicle (EV) akan dilaksanakan melalui seminar & talkshow yang akan dilaksanakan mulai tanggal 25 – 29 Juli 2022  dengan beragam topik dan narasumber seputar Electric Vehicle (EV).

    Di acara ini hadir pula kendaraan listrik resmi KTT G20 diantaranya Hyundai Genesis, Hyundai IONIQ 5 serta Wuling Air EV.

    Harga tiket dan jadwa PEVS 2022

    PEVS 2022 dibuka untuk seluruh masyarakat umum, dengan membayar Rp 30.000 untuk harga tiket masuk pada Hari Senin s/d Kamis, dan Rp 50.000 untuk harga tiket masuk pada Hari Jumat s/d Minggu.

    Adapun PEVS 2022 yang digelar di JIExpo Kemayoran pada 22-31 Juli 2022, selama pukul 11.00 s/d 21.00 WIB untuk weekdays, sedangkan untuk weekend pukul 10.00 s/d 21.00 WIB. 

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here