Kamis, September 29, 2022
More
    MobilMobil BekasPanduan Lengkap Cara Jual Mobil Bekas di Indonesia

    Panduan Lengkap Cara Jual Mobil Bekas di Indonesia

    Memilih mobil untuk kebutuhan memang harus benar-benar cocok. Namun bisa saja, salah memilih mobil karena barangkali kurang riset ataupun menemukan hal yang bikin tidak cocok. Untuk itu, salah satu solusinya menjual mobil untuk ganti dengan yang baru.

    Namun, jual mobil bukanlah hal yang mudah. Bila tidak mengerti caranya, bisa-bisa tidak ada yang menawar atau terjual terlalu murah.  Lalu bagaimana kiat untuk menjual mobil agar kita tidak sampai rugi-rugi banget, cepat terjual dan kemudian masalah yang dihadapi pun terselesaikan?

    News OLX mencoba memberikan berbagai pandangan-pandangan dalam artikel ini!

    1. Kumpulkan Berkas-Berkas Mobil

    Sebelum menjual mobil, tentunya ada hal yang penting harus dilakukan. Kumpulkan semua dokumen-dokumen  yang diperlukan untuk menjual mobil. Pastikan ada dokumen penting yang bisa ditunjukkan, mulai dari STNK, nota pembelian, buku panduan, dokumen asuransi, dan lain sebagainya.

    Akan lebih baik lagi bila pembayaran pajak kendaraan dan nomor plat mobil Anda tetap aktif. Hal ini untuk menghindari biaya tambahan yang harus dikeluarkan pembeli untuk mengurus legalitas dan denda yang tak sedikit jumlahnya.

    Catatan servis juga bisa menjadi poin plus. Dengan menunjukkan mobil anda di servis secara rutin, maka akan sedikit keraguan dari pembeli terkait kondisi mesin dan komponen-komponen di mobil.

    Rekomendasi mobil bekas 2022

    2. Cek Harga Jual Mobil Bekas

    Hal yang sulit ketika hendak menjual ataupun membeli mobil bekas adalah mencari harga pasaran. Hal ini sudah pasti sangat wajar, apalagi buat pemilik perseorangan yang memang buta dengan harga jual atau beli mobil bekas.

    Salah satu cara tercepat untuk menetapkan harga jual, yakni dengan melihat iklan-iklan mobil yang serupa. Melalui platform jual-beli mobil online dan offline seperti OLX Autos, Anda bisa dengan mudah mencari tahu harga pasaran berbagai jenis mobil bekas.

    Anda bisa melihat jutaan iklan mobil. Dengan menerapkan fitur filter pencarian seperti merek, tahun rilis, dan tipenya, akan muncul banyak iklan dengan kriteria serupa. Lalu, bisa dilihat masing-masing harga yang ditawarkan, dan Anda hanya perlu memutuskan harga jual mobil dari rentang tersebut.

    Dengan menjual sesuai harga pasaran, Anda bisa mendapatkan penawaran yang sesuai dengan nilai kendaraan, dan terhindar dari penawar-penawar yang akan membanting rendah harga kendaraan kesayangan.

    Baca juga: 11 Cara Merawat Mobil Agar Harga Jualnya Tetap Tinggi!

    3. Bersihkan Mobil Secara Menyeluruh

    Saat anda membeli mobil dalam kondisi baru, tentu saja hal yang menyenangkan adalah menemukan mobil dalam keadaan bersih, wangi, dan nyaman dikendarai bukan. Jika ingin menampilkan kesan positif dari pembeli, pastikan untuk membersihkan mobil luar dan dalam.

    Cuci bersih mobil dan poles beberapa bagian bila ada dana tambahan. Hal ini akan membuat mobil terlihat mengkilap seperti baru, dan lebih mudah menarik perhatian saat difoto.

    Selain itu, pastikan juga untuk tidak melewatkan pembersihan total dari interior mobil. Mulai dari jok, dashboard, karpet, langit-langit, hingga sela-sela mobil pastikan semuanya tidak ada kotoran yang tertinggal. 

    Menambahkan pewangi dengan aroma yang lembut juga tidak ada salahnya. Bila melakukan hal tersebut, mobil akan terkesan sangat dirawat dan pembeli akan lebih tertarik untuk memberi penawaran  pada mobil Anda.

    4. Putuskan Menjual Melalui Apa

    Saat menjual kendaraan, Anda memiliki banyak pilihan dan cara-cara untuk membuat mobil laku terjual. Cara tersebut diantaranya adalah:

    A. Mengiklankan Sendiri Mobil Anda

    Memanfaatkan kenalan atau teman-teman Anda merupakan cara yang sederhana ketika hendak menjual mobil. Anda bisa langsung menawarkan dan mengundang teman ke rumah untuk melihat kondisi mobil dan menawarkannya.

    Keuntungan dari menjual mobil pada teman yakni Anda bisa leluasa melakukan negosiasi dan lebih mengenal calon pembeli yang akan membeli mobil. Selain itu, Anda bisa lebih bebas untuk menentukan harga jual mobil dan menawarkan paket-paket lain untuk digabungkan dengan pembelian mobil.

    Kekurangan dari cara ini, dibutuhkan usaha yang lebih untuk satu persatu menghubungi kenalan, dan juga melayani setiap pertanyaan dari calon pembeli. Selain itu, ada kemungkinan bahwa mobil Anda mungkin akan memerlukan waktu yang lebih lama sampai terjual.

    Anda juga harus ekstra hati-hati, terutama jika akan bertransaksi dengan orang tak dikenal. Hal terburuk yang terjadi misalnya jika harus berurusan dengan penipu atau orang yang ingin menyalahgunakan informasi mobil yang Anda berikan.

    B. Tukar Tambah Dealer

    Cara lain yang bisa dilakukan, yakni melakukan tukar tambah mobil di dealer. Hal ini cukup mudah dan tepat dipilih bila Anda memang berniat untuk membeli mobil baru. Dealer mobil umumnya memiliki program trade-in semacam ini, asalkan mobil merupakan produk yang sama dari brand otomotif tertentu.

    Keuntungan dari melakukan cara ini, ialah jauh lebih mudah dalam menjual mobil Anda. Prosesnya cukup melengkapi surat-surat kendaraan, dan mengecek penawaran dari dealer mobil.

    Namun tentu saja ada sisi negatif. Karena anda tidak bebas menentukan harga jual mobil, maka mobil Anda bisa saja ditawar dengan harga yang dibawah pasaran dan kehilangan potensi nilai jual mobil.

    C. Jual Mobil Instan

    Mobil bekas
    Tim inspeksi OLX Autos sedang melakukan pemeriksaan mobil. (OLX Autos)

    Cara selanjutnya yang juga direkomendasikan, ialah dengan menjual mobil di dealer yang bisa membeli mobil secara instan. Ialah OLX Autos. Platform ini menghadirkan layanan jual mobil yang sangat mudah, bahkan hanya dengan smartphone Anda.

    Cukup buka website OLX Autos, masukkan merek mobil anda, model, tahun dan variannya, lalu tim dari OLX akan akan segera datang ke lokasi Anda dan melakukan pengecekan mobil. 

    Inspeksi mobil Anda bersifat gratis, dan tak lama kemudian, anda akan menerima penawaran beli mobil dari OLX Autos. Tenang saja, layanan ini gratis dan pastinya tidak mengecewakan buat Anda.

    Jika sudah deal dengan penawaran yang diberikan, Anda bisa langsung menerima pembayaran mobil secara Instan. Semua proses dari awal anda memesan inspeksi, hingga menerima pembayaran bahkan bisa diselesaikan dalam satu hari kerja. Untuk itu, alternatif ini sangat tepat khususnya bila Anda ingin menjual mobil dengan cepat.

    Cara jual mobil bekas di OLX Autos

    Baca juga: 12 Tips Terbaik Untuk Jual Mobil Bekas Secara Online

    5. Perhatikan Kualitas Iklan

    Bila Anda memutuskan untuk menjual sendiri mobil Anda, maka kualitas iklan adalah point terpenting yang harus diperhatikan.

    Pasang iklan dengan kualitas foto yang bagus serta memiliki konten informatif. Ini mutlak dilakukan karena foto menjadi salah satu faktor penentu orang mengunjungi iklan kalian.

    Hindari penggunaan foto yang diambil pada malam hari. Pasang foto sebanyak-banyaknya dan lengkap dari berbagai sudut serta bagian mobil. Apalagi di OLX, Anda bisa mengupload hingga 20 foto dalam satu iklan.

    6. Deskripsikan mobil sesuai kondisi sebenarnya

    Setelah mengupload foto, jangan lupa untuk menuliskan deskripsi mobil secara lengkap. Harus sesuai dengan kondisi kendaraan, tidak perlu terlalu dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi.

    Terkecuali kalau benar-benar kondisi mobil sangat istimewa, perawatannya terjaga dan tidak pernah terlibat kecelakaan, surat-surat lengkap dan tidak ada masalah, kondisinya mulus tanpa cacat, mungkin hal-hal tersebut bisa menjadi unique selling point mobil dagangan OLXers.

    Sebaliknya, bila mobil tersebut bekas tabrakan atau pernah terendam banjir, disebutkan juga dalam deskripsi sehingga calon pembeli nantinya tidak akan merasa tertipu dan menimbulkan masalah buat kalian di kemudian hari.

    Baca juga: 11 Tips Agar Jual Mobil Cepat Laku!

    7. Tentukan harga sesuai pasaran

    Ini juga jadi faktor penting agar mobil yang dijual bisa laku dalam waktu yang cepat. Jika OLXers mematok harga yang terlalu tinggi dari harga pasaran, sementara kondisi kendaraan yang dijual biasa-biasa saja, bisa dipastikan orang gak bakalan mau menghubungi Anda.

    Sebaliknya, kalau terlalu murah dan di bawah harga pasaran, calon pembeli juga bakalan curiga dengan kondisi mobil. Terkecuali jika kalian sudah dengan jujur menuliskan deskripsi mobil bekas yang dijual. Misal bekas tertabrak, pernah kena banjir, atau mungkin surat-suratnya mati. 

    Ini pasti akan jadi pertimbangan calon pembeli, dan berusaha mengkalkulasi biaya perbaikan atau biaya pengurusan surat-suratnya. Kalau ternyata harganya masih masuk, bukan gak mungkin mobil jualan OLXers akan dibeli.

    Cara Jual mobil bekas

    8. Usahakan transaksi langsung

    Nah, ini juga hal penting yang gak bisa kalian sepelekan. Jika ternyata mobil bekas yang kalian jual ada peminatnya, tinggal bagaimana menentukan urusan transaksi. Paling aman adalah bertransaksi langsung dengan cara ketemuan alias COD.

    Cuma harus diingat, COD jangan di lokasi yang jauh dari tempat tinggal kalian. Atau paling aman karena OLXers adalah penjual, sebaiknya ketemuannya di rumah saja. 

    Baru deh kalau sudah ketemuan, transaksi jual-belinya bisa dengan sistem transfer. Pastikan dana tersebut sudah benar-benar masuk ke dalam rekening kalian sebelum mobil diserahkan.

    Namun jika transaksinya dalam bentuk cash, gak ada salahnya untuk menjaga keamanan, kalian bawa orang kepercayaan buat jaga-jaga jika terjadi hal-hal yang gak diinginkan.

    Oh iya, sebagai tambahan, jangan lupa jika mobil sudah laku, segera turunkan iklan OLXers demi menghindari disalahgunakan oleh pihak lain. Lagian kalian ga mau repot kan ngeladenin calon pembeli lainnya sementara mobil yang dimaksud sudah gak ada kan? 

    Baca juga: 11 Tips Sebelum Memulai Bisnis Mobil Bekas!

    Demikian panduan lengkap cara jual mobil bekas. Semoga artikel ini dapat membantu dan mobil anda cepat laku dengan harga jual yang tinggi!

    Artikel ini diperbarui pada 1 September oleh Bisma L.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here