Minggu, Juni 26, 2022
More
    MobilMobil BekasPanduan Lengkap Cara Jual - Beli Mobil Bekas di Indonesia

    Panduan Lengkap Cara Jual – Beli Mobil Bekas di Indonesia

    JAKARTA – Terbentur kondisi ekonomi ketika ada sesuatu yang sifatnya darurat memang bukan hal yang mengenakkan. Otak dipaksa bekerja untuk bisa mencari solusi dalam waktu yang singkat.

    Ujung-ujungnya aset yang kita miliki jadi opsi terakhir untuk dilepas. Rumah dan mobil merupakan salah satu aset yang kita pikir paling mudah untuk dilego.

    Saat ingin menjual rumah, untuk mendapatkan keuntungan dari menjual rumah dengan harga yang sesuai pastinya butuh waktu. 

    Sementara disini kita bicara konteks darurat. Uang harus sudah di tangan sesegera mungkin.

    Mau dijual dengan harga miring pun, di tengah kondisi seperti sekarang juga tidaklah gampang. 

    Begitu juga ketika kita mau menjual mobil. Sering kali kita terjebak pada deal harga yang sangat murah karena kepepet.

    Lalu bagaimana kiat untuk menjual mobil agar kita tidak sampai rugi-rugi banget, cepat terjual dan kemudian masalah yang dihadapi pun terselesaikan?

    News OLX mencoba memberikan berbagai pandangan-pandangan dalam artikel ini. 

    1. DAFTAR ISI:
    2. Alasan Orang Jual Mobil
    3. Cari Harga Pasaran Mobil Bekas
    4. Tips Menjaga Harga Mobil Bekas Tetap Tinggi
    5. Jangan Lakukan Ini Kalau Tidak Mau Mobil Ditawar Murah
    6. Tips Jual Mobil Nyaman dan #JUJURLYAMAN
      • Seller Side
      • Buyer Side
    7. Keunggulan Jual Mobil di OLX Autos

    Alasan Orang Jual Mobil

    Sebelum membahas bagaimana cara jual – beli mobil yang aman dan #JUJURLYAMAN, sebaiknya kita cari tahu dulu alasan-alasan apa dibalik keputusan untuk menjual mobil.

    Mobil menjadi salah satu barang mewah yang menjadi kebutuhan banyak orang. 

    Bermacam-macam alasan serta dorongan mengapa orang harus menjual mobilnya. Apalagi rata-rata usia pakai mobil bagi orang berduit itu mencapai 3-5 tahun, setelah itu ganti baru.

    Dilansir dari Business standard, di negara seperti India, banyaknya penjualan mobil berdampak terhadap pasar mobil bekas. 

    Adapun penjualan mobil sering disebabkan oleh 5 faktor utama seperti berikut:

    1. Mau upgrade ke mobil baru

    Selain jadi aset fungsional yang berharga, mobil juga sering menjadi simbol status sosial. Dengan peningkatan gaya hidup, orang kerap menjual mobil lamanya dan membeli mobil keluaran terbaru. Namun, beberapa orang juga menjual mobil karena alasan ingin mencari mobil dengan fitur, model, atau tipe tertentu seperti All-Wheel Drive, matic, atau hybrid/electric.

    2. Memenuhi kebutuhan keluarga

    Kebutuhan anggota keluarga yang semakin banyak dan besar juga menjadi alasan orang menjual mobil. Sebab, bertambahnya anggota keluarga biasanya membutuhkan kapasitas mobil yang lebih besar. Seperti halnya pengguna mobil city car perlu melakukan upgrade ke mobil berkapasitas lebih besar seperti mobil MPV (Multi Purpose Vehicle).

    3. Tutupi masalah keuangan

    Kebutuhan keuangan yang mendesak seperti membeli rumah membutuhkan sejumlah uang yang besar dalam waktu relatif singkat. Dalam hal ini, menjual mobil menjadi keputusan yang sering dilakukan banyak orang untuk mengatasi masalah ini. Di samping itu, masalah keuangan seperti terlilit hutang atau tak bisa membayar asuransi juga menjadi alasan lain untuk menjual mobil.

    4. Jarang dipakai

    Jalan yang macet sering membuat orang malas untuk mengendarai mobil. Akibatnya mobil jarang dipakai dan lebih sering diam di garasi. Hal inilah yang kemudian membuat orang lebih memilih untuk menjual mobil. Di samping itu, beberapa orang juga kerap membeli mobil bekas dengan alasan tertentu seperti belajar mengemudi atau sebagai mobil cadangan. Begitu alasan-alasan ini tidak lagi dibutuhkan, menjual mobil sering kali dijadikan pilihan.

    5. Pindah kerja atau rumah

    Pindah rumah atau pekerjaan ke luar kota tak jarang mengharuskan orang menjual mobilnya. Adapun hal ini disebabkan jarak yang terlalu jauh, sulitnya proses pemindahan barang, hingga mahalnya biaya akomodasi untuk mengirimkan mobil ke lokasi baru. Alasan-alasan inilah yang sering menjadi faktor banyak orang menjual mobil dan membeli mobil baru di tempat tinggal terbarunya.

    Nah, itulah beberapa faktor yang sering membuat orang menjual mobil baru. Saat menjual mobil, memilih cara hingga tempat untuk menjual mobil tentu perlu dilakukan dengan hati-hati.

    Cari Harga Pasaran Mobil Bekas Berdasarkan Kondisi dan Tahun Pembuatan  

    Kegamangan ketika hendak menjual ataupun membeli mobil bekas adalah mencari harga pasaran. Hal ini sudah pasti sangat wajar, apalagi buat pemilik perseorangan yang memang buta dengan harga jual atau beli mobil bekas.

    Tapi sekarang kegamangan tersebut bukan lagi jadi masalah besar.

    Kalian yang sudah akrab dengan OLX Autos pasti tahu, bahwa di platform jual-beli mobil online dan offline ini sangat mudah untuk mencari tahu harga pasaran berbagai jenis mobil bekas.

    Sebagai satu ekosistem terbesar di bisnis jual-beli mobil bekas, OLX Autos menawarkan fitur mencari harga mobil bagi penjual maupun pembeli.

    Dengan masuk ke https://www.olx.co.id/olxautos/, Anda akan langsung masuk ke menu mencari range harga jual mobil bekas berdasarkan merek, model, tipe atau varian, tahun pembuatan dan jenis transmisi mobil.

    Setelah mengisi nomor handphone serta wilayah yang diinginkan untuk melakukan inspeksi, maka kalian langsung bisa tahu berapa harga tertinggi serta harga terendah dari mobil tersebut.

    Bagi OLX Autos hal ini memang sangat mungkin. Karena OLX punya database yang cukup banyak dari listing iklan jual mobil yang dijadikan sebagai benchmark untuk menentukan harga jual dan beli mobil bekas.

    Layanan cari harga ini merupakan layanan yang pastinya akan sangat membantu untuk menentukan harga pasaran mobil yang akan dijual maupun yang akan dibeli.

    Ini Cara Menjaga Harga Jual Mobil Tetap Tinggi

    OLXer yang berniat menjual mobil dan ingin harganya tetap tinggi, sudah pasti syarat utamanya adalah melakukan perawatan berkala di bengkel resmi.

    Banyak sumber mengatakan, dengan melakukan perawatan di bengkel resmi, maka hal itu akan memberikan rasa aman dan nyaman.

    Selain itu, di bengkel resmi, mekanik akan memastikan fungsi dari tiap komponen bekerja secara normal.

    Namun selain perawatan berkala, ada beberapa faktor yang membuat harga mobil tetap tinggi, antara lain:

    1. Kondisi fisik mobil

    Kondisi fisik mobil jadi paling pertama yang diperhatikan banyak ketika calon konsumen ingin membeli sebuah barang atau mobil.

    Jika kondisi fisik mobil mulus tanpa baret atau cacat, bukan tak mungkin si calon konsumen akan jatuh cinta pada pandangan pertama.

    Oia, perlu dicatat mobil yang biasanya paling dihindari calon pembeli adalah mobil bekas tabrakan atau terkena banjir. Sedangkan kalau lecet atau baret obatnya cukup mudah, tinggal di dempul dan body repair.

    Satu hal penting dilakukan jika memiliki mobil, yaitu rajin poles. Sebab ini jadi salah satu treatment agar tampilan fisik bagian body jadi lebih kinclong.

    Dengan tampilan mobil yang mulus pada bagian luar bisa menjadi cara ampuh sang calon konsumen meliriknya dibandingkan dengan yang tidak dirawat.

    2. Catatan perawatan berkala di bengkel resmi

    Seperti disebutkan di atas, merawat mobil di bengkel resmi memang cukup menguntungkan, apalagi saat hendak dijual kembali.

    Pasalnya, dengan melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, maka OLXer akan memiliki history service. Maka dari itu, catatan history service ini bisa jadi nilai plus saat menjual mobil.

    Belum lagi ketika melakukan perawatan di bengkel resmi, maka kita biasanya akan mendapatkan suku cadang asli atau Genuine Parts.

    Dengan menggunakan suku cadang asli, maka akan kualitas terjamin, termasuk suku cadang sudah dilengkapi garansi. Selain itu, biasanya suku cadang memiliki standar serta bersertifikasi dengan baik.

    3. Jarak tempuh

    Harga mobil bekas menjadi lebih rendah bisa saja dipengaruhi karena jarak tempuh. Pasalnya, jika mobil usianya muda, namun jarak tempuh sudah puluhan atau ratusan kilometer, hal tersebut dianggap bahwa mesin mobil sudah beroperasi cukup jauh, sehingga performanya tidak lagi greget.

    Seperti halnya mobil taksi, meski kondisi mesin tetap prima karena dilakukan perawatan secara rutin, namun anggapan orang mobil dengan jarak tempuh tinggi akan disebut mobil cape.

    Jika merujuk saran bengkel, standar mobil ke bengkel saja setiap enam bulan atau jarak 10.000 kilometer. Artinya, selama satu tahun, maka jarak idealnya hanya 20.000 km dan kalau punya mobil tiga tahun jarak tempuhnya 60.000 km.

    5. Usia mobil

    Usia mobil juga bisa mempengaruhi harga mobil. Pasalnya, semakin lama mobil dijual maka harganya akan lebih murah. Terlebih jika mobil memiliki usia lebih dari lima tahun.

    Adapun penyebab usia mobil lebih dari lima tahun harganya lebih rendah dikarenakan para produsen mobil di tahun kelima atau keenam bisanya meluncurkan model terbaru. Alhasil, model lama bisa dianggap ketinggalan jaman.

    Namun untuk beberapa tipe dan jenis mobil ada juga yang harga jual semakin bertambah. Tapi, mobil tersebut biasanya memang cukup langka, seperti beberapa jenis mobil sport.

    6. Kelengkapan dokumen

    Mobil akan lebih mahal jika memiliki kelengkapan dokumen seperti Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), buku servis dan surat-surat lainnya.

    Semua dokumen dan surat-surat ini perlu dijaga dan dirawat dengan baik, agar menjadi bukti keabsahan dan legal terkait kepemilikan kendaraan.

    Jika hilang, pada dasarnya bisa membuat baru, namun untuk mengurusnya cukup repot dan memakan waktu. Sebaliknya, jika dokumen dan surat hilang, bukan tak mungkin bisa dicap sebagai mobil curian.

    Apabila tidak ada dokumen lengkap apalagi BPKB atau STNK, harga akan lebih rendah. Bahkan, si calon konsumen juga enggan membeli mobil dengan tanpa dilengkapi surat-surat. Pasalnya, mereka takut jika mobil yang dijual terlibat masalah.

    7. Ketaatan bayar pajak

    Membayar pajak merupakan kewajiban pemilik kendaraan. Nah, Selain menjadi warga negara yang baik, membayar pajak mobil dengan rutin bisa menambah harga jual lebih tinggi.

    Kenapa? Karena dengan mengurus pajak, maka calon pembeli biasanya tak mau ditambah repot untuk membayar pajak.

    Selain itu, jika membayar pajak, maka calon pembeli tak punya alasan menawar lebih rendah lantaran berdalih sisa uang untuk membayar pajak.

    8. Gunakan bahan bakar yang direkomendasikan

    Setiap pabrikan mobil pasti memiliki standarisasi soal penggunaan bahan bakar yang diwajibkan. Nah, biasanya bahan bakar yang direkomendasikan dapat membuat performa mesin terjaga baik serta usia pakai mobil jadi tahan lama.

    Untuk memastikan bahan bakar apa yang direkomendasikan pada mobil kita, OLXer bisa lihat di buku manual, atau bertanya langsung ke pihak dealer.

    9. Tidak melakukan modifikasi

    Modifikasi memang bisa mempercantik atau menambah ketampanan tampilan mobil kita. Hanya saja, modifikasi yang kita anggap sudah sempurna belum tentu anggapan tersebut sama dengan orang lain, termasuk calon pembeli mobil bekas lainnya.

    Pada dasarnya meski selera akan model, tipe dan brand sama, namun untuk gaya modifikasi setiap orang berbeda-beda.

    Jika mobil OLXer dimodifikasi secara custom dan bukan plug and play, siap-siap saja tidak hanya harganya yang ditawar tinggi, namun bisa jadi kurang peminatnya.

    Sebaliknya, calon pembeli mobil bekas biasanya akan lebih tertarik dengan mobil yang masih dalam kondisi standar.

     Oleh karena itu, jika mobil OLXer pernah dilakukan modifikasi, maka kembalikan wujud mobil seperti semula ketika pertama membeli.

    10. Hindari pemakaian secara ekstrem

    Setiap pabrikan memiliki produk yang sesuai peruntukannya. Seperti halnya mobil SUV, memang masih cocok digunakan saat melintasi jalan yang bergelombang.

    Sebaliknya, hal ini tak cocok untuk city car. Karena city car yang dimensinya lebih kecil, lebih cocok digunakan di jalanan perkotaan.

    Termasuk juga kendaraan penumpang, sebaiknya tidak digunakan untuk membawa barang-barang berat dan berlebihan.

    Kenapa? Sudah pasti hal tersebut akan membuat performa komponen mobil akan berkurang.

    11. Jangan sampai jadi korban banjir

    Hindari mengemudi di jalanan yang terendam air atau banjir. Selain itu, jika lokasi kediaman OLXer langganan terendam banjir, maka sudah sepatutnya ketika musim hujan hindari lokasi-lokasi langganan banjir.

    Baca juga  Ini Mobil Pertama Mercedes-Benz yang Masuk ke di Indonesia

    OLXer juga sebaiknya menghindari jalanan yang daratannya lebih rendah, termasuk jangan mencoba-coba menerobos banjir.

    Jika mobil menjadi korban banjir, maka sudah pasti harga jual akan turun drastis, karena tak hanya mesin yang mengalami masalah, tetapi kabin mobil juga sudah pasti akan bau, timbul jamur serta karat.

    12. Faktor jenis dan tipe mobil

    Tak dipungkiri, mobil yang banyak beredar atau disukai banyak orang ternyata hal tersebut juga terjadi jika dalam kondisi bekas. Seperti hukum ekonomi, jika permintaan tinggi, maka harganya akan semakin tinggi.

    Selain itu, mobil-mobil dengan warna standar seperti hitam, putih dan abu-abu masih warna favorit, sehingga banyak juga dicari orang. Lain halnya dengan warna-warna ngejreng seperti pink, kuning, orange, hijau atau lainnya, yang justru tidak banyak dicari orang.

    Jangan Lakukan Ini, Jika Tidak Ingin Mobil Ditawar Murah

    Mobil bukan termasuk barang investasi yang jika dijual akan menguntungkan seperti properti ataupun emas.

    Sebaliknya, ketika menjual mobil kemungkinan harganya akan merosot dari harga pasarannya.

    Namun begitu, jika harga mobil merosot tajam, sejatinya itu adalah hal biasa. Sebab, tingkat depresiasi atau penyusutan nilai sebuah mobil baru menjadi mobil bekas bisa mencapai 20 persen dari harga awal.

    Hanya saja OLXer juga harus tahu, beberapa penyebab harga pasaran mobil jatuh 

    Ada beberapa hal penting yang pastinya membuat harga mobil jadi merosot. Berikut penjelasannya:

    1.  Jarak tempuh tinggi

    Sebaru-barunya mobil, kalau sudah dibeli dan dipakai pemiliknya, langsung disebut mobil bekas. Nilainya juga akan berkurang lantaran statusnya bukan lagi kendaraan baru. 

    Nah, jika mobil dengan usia pakai lebih lama dan jarak tempuh sudah jauh, maka penurunan harganya bisa antara 40-50 persen.

    Contoh, jika mobil berusia 1-2 tahun dengan jarak tempuh 10.000 sampai 15.000 kilometer, maka hal itu dianggap normal. Dan penurunannya masih masuk akal.

    Hanya saja, jika usia mobil baru satu tahun, dan jarak tempuhnya sudah mencapai sudah 100.000 km, maka hal itu sudah pasti merosot tajam. 

    Tak sampai disitu, apabila kendaraan lebih lama lagi di atas 4 atau 5 tahun, maka mobil akan kehilangan total 10-15 persen lagi.

    2. Tidak ada dokumen

    Hal yang bisa membuat mobil merosot tajam yaitu tidak adanya dokumen-dokumen penting, seperti STNK dan BPKB.

    Ya, tak adanya dokumen ini akan sangat mempengaruhi harga mobil jadi merosot tajam. Bahkan bisa saja mobil yang tak dilengkapi dokumen disebut bodong.

    3. Body lecet, penyok, hingga hancur

    Merawat body tetap kinclong adalah hal yang perlu OLXer lakukan. Nah, jika mobil akan dijual namun bodynya lecet, penyok dan hancur, sudah pasti harganya akan merosot tajam.

    4. Tidak ada track record service

    Ketika kita membeli mobil sudah pasti akan mendapatkan buku panduan, termasuk buku service. Nah, buku service ini merupakan panduan kapan pemilik mobil harus melakukan service berkala.

    Meski terlihat sepele, terkadang calon pembeli mobil akan menanyakan track record service, untuk memastikan bahwa mobil terawat.

    Nah, jika tidak memiliki catatan history service bukan tak mungkin harganya akan ditawar lebih rendah oleh si calon pembeli.  

    5.  Jadi korban banjir dan tabrak

    Sudah jadi hal lumrah, apabila mobil yang terendam air banjir akan sangat mempengaruhi harga mobil. Hal ini dikarenakan mobil akan banyak masalah.

    Demikian juga jika mobil bekas kecelakaan, apabila kena rangka maka penurunannya bisa lebih parah.

    6.  Modifikasi ekstrim

    Mobil yang dimodifikasi akan sangat mempengaruhi harga. Sebab, tidak semua calon pembeli memiliki selera sama dalam hal modifikasi.

    7. Tidak bayar pajak

    Konsumen memang sangat jeli. Termasuk jika mobil belum dibayar pajak, maka harganya akan dipastikan lebih murah.

    8. Warna

    Setidaknya untuk warna, ada tiga tingkatan, warna favorit, warna biasa, atau warna yang orang tidak suka.

    Untuk warna biasa, kira-kira turunannya sampai 10 persen, tapi warna yang orang nggak suka misalnya warna ungu bisa turun lagi sampai 10 persen.

    Warna silver, hitam dan putih merupakan warna favorit dan harganya jadi paling tinggi.

    Adapun beberapa warna yang benar-benar tidak disukai yaitu warna-warna yang jarang kita lihat di jalanan seperti biru, hijau, dan warna mencolok lainnya.

    Tips Jual Mobil Nyaman dan #JUJURLYAMAN

    Berbisnis di bidang jual-beli mobil bekas itu nggak segampang yang terlihat OLXers. Banyak sekali tantangan yang harus dihadapi, apalagi di era digital, bisnis jual beli mobil bekas semakin menjamur.

    Bahkan, tak jarang saat menjual atau membeli mobil via online bukannya untung, malahan buntung. Ya, ini karena ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab.

    Seperti halnya oknum penjual yang ternyata menipu konsumen. Sehingga penjualan mobil bekas via online jadi tidak dipercaya.

    Demikian juga dengan oknum pembeli, yang berniat menipu, sampai calon pembeli yang cuma iseng-iseng nanya, tapi tak mau membeli. 

    Berangkat dari kasus-kasus yang kerap terjadi, berikut beberapa langkah sederhana agar tidak terjebak tipu muslihat saat bertransaksi, baik itu untuk penjual maupun kalian yang niat untuk membeli.

    Seller Side

    Perhatikan Kualitas Iklan

    Pasang iklan dengan kualitas foto yang bagus serta memiliki konten informatif. Ini mutlak dilakukan karena foto menjadi salah satu faktor penentu orang mengunjungi iklan kalian.

    Hindari penggunaan foto yang diambil pada malam hari. Pasang foto sebanyak-banyaknya dan lengkap dari berbagai sudut serta bagian mobil. Apalagi di OLX, kalian bisa mengupload hingga 20 foto dalam satu iklan.

    Deskripsikan mobil sesuai kondisi sebenarnya

    Setelah mengupload foto, jangan lupa untuk menuliskan deskripsi mobil secara lengkap. Harus sesuai dengan kondisi kendaraan, tidak perlu terlalu dilebih-lebihkan atau dikurang-kurangi.

    Terkecuali kalau benar-benar kondisi mobil sangat istimewa, perawatannya terjaga dan tidak pernah terlibat kecelakaan, surat-surat lengkap dan tidak ada masalah, kondisinya mulus tanpa cacat, mungkin hal-hal tersebut bisa menjadi unique selling point mobil dagangan OLXers.

    Sebaliknya, bila mobil tersebut bekas tabrakan atau pernah terendam banjir, disebutkan juga dalam deskripsi sehingga calon pembeli nantinya tidak akan merasa tertipu dan menimbulkan masalah buat kalian di kemudian hari.

    Tentukan harga sesuai pasaran

    Ini juga jadi faktor penting agar mobil yang dijual bisa laku dalam waktu yang cepat. Jika OLXers mematok harga yang terlalu tinggi dari harga pasaran, sementara kondisi kendaraan yang dijual biasa-biasa saja, bisa dipastikan orang gak bakalan mau menghubungi Anda.

    Sebaliknya, kalau terlalu murah dan di bawah harga pasaran, calon pembeli juga bakalan curiga dengan kondisi mobil. Terkecuali jika kalian sudah dengan jujur menuliskan deskripsi mobil bekas yang dijual. Misal bekas tertabrak, pernah kena banjir, atau mungkin surat-suratnya mati. 

    Ini pasti akan jadi pertimbangan calon pembeli, dan berusaha mengkalkulasi biaya perbaikan atau biaya pengurusan surat-suratnya. Kalau ternyata harganya masih masuk, bukan gak mungkin mobil jualan OLXers akan dibeli.

    Usahakan transaksi langsung

    Nah, ini juga hal penting yang gak bisa kalian sepelekan. Jika ternyata mobil bekas yang kalian jual ada peminatnya, tinggal bagaimana menentukan urusan transaksi. Paling aman adalah bertransaksi langsung dengan cara ketemuan alias COD.

    Cuma harus diingat, COD jangan di lokasi yang jauh dari tempat tinggal kalian. Atau paling aman karena OLXers adalah penjual, sebaiknya ketemuannya di rumah saja. 

    Baru deh kalau sudah ketemuan, transaksi jual-belinya bisa dengan sistem transfer. Pastikan dana tersebut sudah benar-benar masuk ke dalam rekening kalian sebelum mobil diserahkan.

    Namun jika transaksinya dalam bentuk cash, gak ada salahnya untuk menjaga keamanan, kalian bawa orang kepercayaan buat jaga-jaga jika terjadi hal-hal yang gak diinginkan.

    Oh iya, sebagai tambahan, jangan lupa jika mobil sudah laku, segera turunkan iklan OLXers demi menghindari disalahgunakan oleh pihak lain. Lagian kalian ga mau repot kan ngeladenin calon pembeli lainnya sementara mobil yang dimaksud sudah gak ada kan? 

    Buyer Side

    Cari informasi mobil yang dijual

    Buat kalian yang mencari mobil, tips yang bisa kalian lakukan saat bermaksud membeli mobil bekas lewat platform OLX adalah dengan mengorek sebanyak-banyaknya informasi mobil yang diincar. 

    Tanyakan kepada penjual soal kondisi mobil yang sebenar-benarnya. Jangan mudah terpengaruh dengan harga yang miring atau bonus-bonus aksesoris yang sudah dipasang di dalam mobil.

    Pastikan surat kendaraan yang dibeli aman

    Jika sudah minat dengan kondisi mobil, jangan lupa untuk memeriksa kelengkapan surat serta masa berlakunya. 

    Untuk pajak yang tertunggak bisa menjadi modal untuk menawar lagi harga yang diterapkan penjual. Selain itu juga pastikan soal keaslian dari BPKB mobil. Jangan sampai kalian kejebak membeli mobil bodong atau mobil curian.

    Manfaatkan layanan inspeksi mobil

    Agar semakin meyakinkan kondisi mobil yang kalian taksir aman dan juga layak untuk dibeli, jangan lupa manfaatkan fasilitas inspeksi mobil. OLX menyediakan layanan ini kepada calon pembeli maupun penjual

    Dengan melakukan pengecekan secara menyeluruh, termasuk keaslian surat-surat, dijamin kalian akan memperoleh mobil bekas yang sesuai dengan ekspektasi. Gak perlu takut terjebak rayuan manis penjual karena data-data hasil pengecekan sangat lengkap. 

    Transaksi COD

    Sama halnya dengan penjual, pembeli pun harus berusaha untuk melakukan transaksi secara langsung atau COD. Jika gak bisa ketemuan di dekat wilayah kalian, usahakan ada di tengah-tengah antara lokasi kalian dengan penjual. 

    Tapi bila penjual perseorangan, gak ada salahnya OLXers merapat ke lokasi penjual. Hitung-hitung silaturahmi, tambah teman tambah saudara. 

    Hindari transfer DP

    Ini sebenarnya yang banyak ditakuti dari jual-beli mobil bekas via online. Banyaknya pihak yang coba-coba ambil keuntungan dengan cara menipu menjadi momok menakutkan.

    OLXers harus menjadi pembeli yang pintar. Artinya kalian jangan sampai mengirim sejumlah uang sebagai tanda jadi, sebelum kalian benar-benar memastikan mobilnya ada dengan melihat secara langsung.

    Banyak yang mencoba-coba nakal dengan menyuruh mengirim uang tanda jadi padahal mobilnya sendiri belum tentu ada. Dan kalian yang terjebak karena merasa mobil yang dijual tersebut murah banget, dan gak mau keduluan pembeli lainnya, akhirnya rela mengikuti kemauan oknum penjual tersebut.

    So, pastikan mobilnya ada, pastikan kalian sudah cek kondisinya dengan melihat langsung, baru deh transaksi. 

    Nah, semoga tips di atas bisa membantu kalian. OLX selalu concern dalam membantu dan menjaga para pengguna aplikasi agar tetap aman dan nyaman bertransaksi. 

    Keunggulan Jual Mobil di OLX Autos

    Bagi Anda yang berniat menjual mobil, saat ini telah hadir OLX Autos, platform layanan online dan offline yang siap untuk membeli mobil dengan cepat, nyaman, dan #JUJURLYAMAN dengan tiga langkah mudah, yaitu cek harga, cek kondisi mobil dan cek rekening. 

    Saat ini, OLX Autos sudah hadir di 100 lokasi di 10 kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Surabaya.

    Di OLX Autos, tersedia juga tim ahli yang siap membantu memeriksa kondisi mobil sehingga Anda dapat menjual mobil secara instan hanya dalam 1x kunjungan saja. 

    Bahkan, Anda juga dapat meminta tim Home Inspection untuk datang ke rumah untuk memberikan inspeksi mobil secara menyeluruh.

    Menariknya lagi, pembayaran dapat dilakukan langsung saat pengguna menerima harga penawaran. Harga yang didapatkan juga akan sesuai dengan kondisi aktual mobil. 

    Jadi, tunggu apa lagi? Segera jual mobilmu sekarang dengan #JUJURLYAMAN hanya di OLX Autos. (Team News)

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here