Minggu, Desember 5, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPasar Otomotif Indonesia Penyumbang Terbanyak Penjualan Mobil di Kawasan ASEAN

    Pasar Otomotif Indonesia Penyumbang Terbanyak Penjualan Mobil di Kawasan ASEAN

    Meski menghadapi tantangan berat di tahun 2019 ini, industri otomotif Indonesia tetap dianggap penting bagi banyak pihak. Baik itu bagi merek otomotif dunia maupun industri pendukungnya.

    Malah industri otomotif nasional menjadi pilar penunjang tumbuhnya pasar otomotif dunia, khususnya di kawasan ASEAN.

    Data dari ASEAN Automotive Federation atau AAF, menyebut total penjualan mobil di kawasan Asia Tenggara atau dikenal dengan ASEAN pada tahun 2018 lalu mencapai 3,6 juta unit. 

    Dibandingkan tahun 2017, angka tersebut tercatat tumbuh 6,65 persen dengan angka sebelumnya mencapai 3,3 juta unit. 

    Tentunya Indonesia menjadi kontributor terbesar yang nyaris memenuhi setengah dari angka tersebut. Indonesia memimpin dengan angka penjualan mobil 1 juta unit lebih. 

    Produk Suku Cadang Merek ZF Hadir di Lebih 50 Merek Mobil Produksi Asia 

    Donny Kurniawan, Managing Director ZF Aftermarket Indonesia (Sumber: ZF Aftermarket Indonesia)

    Alasan inilah yang menjadi pendorong kuat bagi beberapa merek di industri aftermarket dunia untuk semakin ‘kencang’ hadir di Tanah Air.

    Salah satunya adalah ZF Aftermarket Indonesia yang selalu memastikan produk suku cadang berkualitas bagian dari parts resmi merek-merek kendaraan ternama yang diproduksi di Indonesia.

    Sekira lebih dari 50 merek mobil penumpang dan niaga menggunakan suku cadang produksi ZF untuk komponen kemudi dan sasis dengan merek LEMFORDER.

    Sementara merek SACHS memiliki beragam produk seperti kopling, roda mobil bermassa ganda, konverter torsi, sistem aktuasi, peredam kejut, dan pegas. 

    Dalam 10 tahun terakhir, ZF Aftermarket telah memperluas portofolio aftermarket produk suku cadang berkualitas Original Equipment (OE) untuk merek-merek kendaraan Asia.

    “Di Indonesia kami hadir dengan portofolio bisnis melalui independent aftermarket dan original equipment services, dengan terus meningkatkan kualitas pada setiap inovasi. Kami percaya bahwa kami akan menjadi penggagas “Next Generation Mobility” di Indonesia,” tutur Donny Kurniawan, Managing Director ZF Aftermarket Indonesia dalam siaran pers, Jumat (20/12/2019).

    “Tak kurang kami punya hampir 3.000 referensi untuk 100 model teratas kendaraan bermerek Asia, dan kami terus mengembangkan untuk kendaraan bermerek buatan Asia. Dan untuk produk Asian Range ini telah mengikuti serangkaian uji kualitas di laboratorium pengujian Singapura kami yang dilengkapi dengan peralatan terbaru dari Jerman,” tambah Sonny Tandy selaku Head of Sales, Independent Aftermarket  ZF Aftermarket Indonesia.

    “Kami melanjutkan fokus kami di industri aftermarket di Indonesia karena negara ini memiliki potensi yang baik untuk industri otomotif. Sebagai bagian dari ZF Group, kami akan selalu berada di depan dalam perkembangan, memungkinkan kami untuk memberikan produk dan layanan yang membantu pelanggan mengatasi tantangan, memaksimalkan peluang dan tetap menguntungkan di masa depan,” tutup Donny.

    Selain sebagai produsen spare part di sektor otomotif, ZF juga sudah berhasil menembus sektor off-highway yang meliputi kereta api, perkapalan, alat berat, dan juga pada mesin pertanian. (Z)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here