Jumat, Agustus 19, 2022
More
    TipsPasca Membeli Mobil Bekas Pastikan Melakukan Pengecekan dan Perawatan

    Pasca Membeli Mobil Bekas Pastikan Melakukan Pengecekan dan Perawatan

    Tren membeli mobil bekas menjadi solusi masyarakat yang memiliki budget terbatas. Di tahun 2022, permintaan akan mobil bekas diprediksi mengalami peningkatan 2-3 persen, karena sudah banyak pilihan mobil bekas berkualitas yang ramah budget.

    Selama periode Juli 2022, OLX Autos bekerja sama dengan ENEOS, brand oli ternama asal Jepang yang memiliki standar kualitas nomor 1, memberikan oli gratis bagi konsumen yang membeli mobil bekas di dealer OLX Autos di wilayah Jabodetabek dan menggunakan jasa pembiayaan yang telah ditentukan OLX Autos.

    Konsumen bisa mendapatkan ENEOS Molybdenum SAE 10W-40 SN atau ENEOS Motor Oil SAE 10W-30 SN ukuran 4L secara gratis, selama periode campaign berlangsung dan selama persediaan masih ada.

    Penggantian oli berkualitas pada mobil bekas, merupakan hal penting yang harus dilakukan agar kondisi mobil tetap prima. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan pasca membeli mobil bekas:

    Ganti oli

    Setelah membeli mobil bekas, pastikan untuk melakukan pengecekkan kondisi mesin dan penggantian oli. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar jeroan mesin tetap prima. Perlu dicatat, saat mengganti oli kuras sampai habis dan bersih, setelah itu isi kembali dengan oli baru.

    Kualitas oli juga menjadi faktor penting untuk menjaga performa mesin, khususnya mobil bekas. Penggunaan zat aditif dan teknologi terbaru Jepang pada oli ENEOS, telah dibuktikan oleh sejumlah kalangan bahwa oli ini merupakan oli Teman Mesin Kamu yang mampu mengoptimalkan kondisi kendaraan baru maupun bekas.

    ENEOS terkenal telah dipercaya sebagai oli berkualitas pada event otomotif seperti Le Mans dan MotoGP yang membutuhkan performa oli terbaik, sehingga dapat dipastikan ENEOS juga merupakan pilihan terbaik untuk kebutuhan sehari-hari.

    ENEOS Molybdenum 10W-40 SN, merupakan oli Fully Synthetic yang cocok untuk mesin performa tinggi, namun tetap dapat menahan panas yang berlebihan, sehingga dapat memperpanjang usia mesin. 

    Sementara ENEOS Motor Oil 10W-30 SN, merupakan oli mesin semi sintetik dengan spesifikasi SAE serta API SN membuat mesin mobil lebih bersahabat. Jenis oli ini pas untuk pengemudi yang membutuhkan kenyamanan berkendara.

    Kedua oli ini, dapat digunakan untuk mobil keluaran baru maupun bekas, dengan kapasitas mesin 1.000 cc sampai dengan 3.000 cc.

    Cek Karet/ Bushing

    Karena membeli mobil bekas, maka tidak ada salahnya langsung mengganti karet-karet termasuk bushing, karena komponen berbahan karet memiliki batas usia pakai.

    Dimana jika komponen ini bermasalah, biasanya akan mengalami getas atau retak dan akan menimbulkan bunyi berdecit.

    Biasanya bushing terletak di bagian yang menghubungkan arm dengan sasis agar tidak terjadi gesekan antar logam.

    Periksa Kaki-kaki

    Ketika membeli mobil bekas, hal yang perlu dicek kembali adalah bagian kaki-kaki, mulai dari gardan, tie rod, suspensi, roda-roda seperti pelek dan ban, serta rem.

    Pada bagian gardan, komponen penting diperiksa karena fungsinya meneruskan tenaga mesin ke poros roda. Jadi, bagian ini juga sudah sering mengalami pergerakan yang cukup banyak.

    Selain gardan, ada juga tie rod dan ball joint yang perlu di cek. Tie rod fungsinya i meneruskan pergerakan setir ke ban mobil.

    Sedangkan ball joint mempertahankan posisi as roda pada tempatnya ketika mobil berbelok. Ball joint juga mengikat dan menjadi sumbu Lower Arm atau as roda mobil.

    Keduanya perlu dicek lagi lantaran banyak mengalami pergerakan ketika melaju.

    Jangan lupa, pada roda-roda juga perlu dilakukan Spooring dan Balancing. Sebab, Spooring dan balancing merupakan salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan pada mobil agar laju mobil tetap lurus dan mudah dikendalikan.

    Periksa sistem kelistrikan

    Meski sistem kelistrikan juga perlu dilakukan pengecekan, mulai dari baterai, kabel-kabel, sampai lampu. Selain itu, Anda juga perlu melakukan pengecekan ulang aliran-aliran

    Lakukan tune up mesin

    Ketika mobil sudah sampai di tangan, sebaiknya langsung dilakukan tune up atau servis. Ketika melakukan tune, pastikan komponen seperti radiator, thermostat, water pump hingga timing belt dilakukan pengecekan.

    Jika Anda merasa repot dan tidak punya waktu luang untuk melakukan pengecekan pasca membeli mobil bekas, maka tidak ada salahnya mencari mobil di tempat terpercaya seperti halnya di OLX Autos.

    Pasalnya, ketika membeli mobil bekas, transaksi di OLX Autos selaku platform omni channel jual-beli mobil bekas terpercaya dan berkualitas, selalu menyediakan mobil bebas tabrak dan banjir.

    Ya, di OLX Autos mobil yang dijual telah dilakukan pengecekan terlebih dahulu agar dapat dinyatakan lulus inspeksi mobil. Selain itu, di OLX Autos pilihan mobil bekas berkualitas juga sangat banyak.

    Belum lagi, OLX Autos sudah memiliki 100+ lokasi inspeksi di 7 kota besar di Indonesia, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bali dan Medan

    Apalagi OLXers juga bisa mendapatkan fasilitas Home Test Drive, 30 hari garansi mesin dan garansi uang kembali selama 7 hari, serta gratis biaya perawatan sampai 30 ribu km atau selama 18 bulan.

    OLXers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di OLX Autos.

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here