Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    TipsPasti Rugi Kalau Salah Tipe Busi

    Pasti Rugi Kalau Salah Tipe Busi

    Setiap pengguna motor harus menyadari fungsi serta peran busi di motornya masing-masing. Karena salah satu bagian mesin inilah yang menentukan baik atau tidaknya kerja mesin pada sebuah kendaraan.

    Busi adalah komponen penting pada siklus pembakaran mesin berbahan bakar bensin. Penggunaan tipe busi yang tidak tepat akan mengakibatkan penurunan kinerja mesin.

    Harus diingat, busi ada berbagai macam merek, jenis dan tipe. Penggunaan busi yang sesuai dengan spesifikasi mesin motor sangatlah penting. 

    Pada umumnya bentuk dari busi sekilas akan nampak sama. Tapi bila OLXer melihat dengan lebih jeli pasti akan tau perbedaannya.

    Karena kalau salah dalam memilih tipe busi, bisa dipastikan OLXer bakal rugi! Loh, kok bisa rugi? 

    Busi dengan lebar ulir yang serupa belum tentu memiliki fitur dan spesifikasi yang sama. Bila terlalu pendek risikonya akan terjadi penumpukan karbon. Sebaliknya, bila terlalu panjang bisa menyebabkan busi overheat dan terbentur piston. 

    Kesalahan pasang kode atau tipe busi dapat mengakibatkan : 

    Carbon fouling

    Overheat

    Piston mentok

    Elektroda meleleh

    ECU bermasalah

    Knocking

    Semua masalah di atas ujung-ujungnya akan menyebabkan motor kesayangan OLXer dalam waktu tertentu akan menyeret motor masuk bengkel. Urusannya pasti kalian harus merogoh kocek untuk membayar ongkos servis dengan cukup mahal.

    Berikut daftar tipe busi yang cocok untuk dua merek motor, Honda dan Yamaha;

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here