Rabu, April 24, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriPencarian Properti di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur Melesat

    Pencarian Properti di Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur Melesat

    Diumumkannya pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara pada 26 Agustus 2019 lalu memberikan dampak yang luar biasa. Bahkan sektor properti di wilayah Kalimantan Timur langsung menjadi buruan yang dianggap bakal menjadi investasi.

    Bahkan, usai diumumkannya pemindahan Ibu Kota oleh Presiden RI Joko Widodo, berdasarkan data OLX, pencarian properti di sekitar Ibu Kota baru yang memiliki infrastruktur baik dan kepemilikan lahan pemerintah sebesar 180 ribu hektar, melesat hingga 20 persen. 

    Angka tersebut juga sempat mengalami lonjakan pencarian properti ketika wacana pemindahan ibu kota Indonesia baru dicetuskan pada Mei 2019

    Menurut Head of Real Estate OLX Indonesia, Ignasius Ryan Hasim, peningkatan pencarian properti di wilayah Kalimantan Timur karena masyarakat ikut memantau perkembangan pemindahan ibu kota.

    “Tidak hanya seputar alasan pemindahan, masyarakat juga ingin mengetahui lebih detail tentang kondisi properti di wilayah tersebut, terutama tipe dan harganya. Hal ini terlihat dengan adanya kenaikan jumlah orang yang mencari dan melihat iklan-iklan properti di wilayah tersebut melalui platform OLX, pada 26 Agustus lalu,” ungkapnya.

    Bahkan, fakta lain pasca diumumkannya ibu kota baru adalah meningkatnya beberapa listing atau pemasangan iklan di OLX, mulai dari kantor dan industri sebanyak 388 persen, gadget meningkat 23 persen, dan lain-lainnya termasuk otomotif.

    Kata Ignasius, pemindahan ibu kota ini nantinya tidak hanya memberikan pengaruh pada pasar properti di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, tetapi juga Jakarta, sebagai daerah yang akan ditinggalkan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan keluarganya yang kemungkinan besar akan berpindah ke ibu kota baru. 

    Selain properti, pemindahan ibu kota ini juga bisa memberikan pengaruh bagi pasar otomotif di Kalimantan Timur dalam waktu ke depan. 

    “Kami melihat pasar otomotif di daerah tersebut akan mengalami geliat. Dalam waktu singkat, dibutuhkan banyak kendaraan bermotor bagi para ASN dan keluarganya.” tutup Ignasius.

    Mau tau properti apa saja di Kalimantan Timur bisa cek di sini. (Her)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait