Kamis, Desember 8, 2022
More
    MobilApa Itu Crossover? Mobil Yang Sedang Populer di Indonesia!

    Apa Itu Crossover? Mobil Yang Sedang Populer di Indonesia!

    Mobil Crossover semakin mendominasi di jalanan Indonesia. Hal ini karena crossover mampu menjawab kebutuhan konsumen, yang menginginkan mobil sporty bertenaga, namun tetap efisien bahan-bakar.

    Saat ini, hampir seluruh pabrikan otomotif merilis crossover, mulai dari Toyota, Honda, Kia, Mitsubishi, hingga Suzuki. Semua mobil crossover yang diluncurkan tersebut, rerata selalu berhasil dan disambut baik oleh konsumen. 

    Lantas, mengapa mobil ini populer dan memiliki banyak peminat? Berikut penjelasan crossover dari OLX Autos!

    Baca juga: Mobil Crossover Terbaik Indonesia, Paling Irit & Bertenaga

    Pengertian Mobil Crossover

    Apa itu mobil Crossover? Crossover adalah mobil yang didesain untuk memiliki kelebihan 2 jenis mobil, dalam satu kendaraan. Sesuai namanya, mobil ini merupakan persilangan antara mobil sport dengan ground clearance tinggi (SUV) dengan mobil hatchback yang compact dan irit bahan bakar.

    Secara singkat, crossover bisa dikenali dengan body-nya yang tinggi kekar layaknya mobil SUV, namun berukuran lebih kecil dan compact. Hal ini karena crossover lebih ditujukan kepada konsumen yang sering berkendara di jalanan kota dan tidak membutuhkan kendaraan yang terlalu besar.

    Hal ini yang membuat crossover diminati, karena memiliki desain yang sporty, namun tetap mampu lincah di jalanan yang sempit. Selain itu, karena bodynya yang tidak sebesar SUV, membuat mobil ini masuk jajaran kendaraan yang hemat bbm. Total konsumsi bahan bakarnya tidak boros, misalkan Toyota Rush yang mampu melaju sejauh 12,1 km/liter.

    Crossover sebenarnya tidak hanya terpaku pada gabungan antara SUV dengan Hatchback. Sesuai namanya yang berarti persilangan, mobil jenis ini bisa jadi merupakan persilangan tipe lain. Misalkan persilangan antara SUV, MPV, LCGC, dan Hatchback.

    Baca juga: Rekomendasi dan Harga Mobil Keluarga Kelas Low MPV Terbaik

    Kelebihan Mobil Crossover

    Bila anda tertarik untuk mencari tahu tentang crossover, hal pertama yang ingin anda ketahui mungkin, apa kelebihannya mobil ini? Tentu saja mobil crossover memiliki beberapa kelebihan dibanding mobil lainnya. Rinciannya sebagai berikut:

    1. Memiliki kabin yang lapang

    Bukan rahasia lagi bahwa kendaraan crossover menawarkan lebih banyak ruang untuk penumpang dibanding city car atau bahkan SUV. Crossover memiliki desain bangku penumpang yang  lapang, dengan 3 baris seat yang dapat menampung 7-8 penumpang.

    Selain itu, pada umumnya crossover bisa fleksibel untuk melipat seat paling belakang yang akan memaksimalkan ruang bagasi. Dengan bertambahnya ruang, crossover kini bisa mengungguli minivan atau MPV sebagai mobil keluarga.

    2. Harga yang kompetitif

    Salah satu daya tarik terbesar dari crossover adalah karena harganya yang terjangkau. Dengan fitur yang mirip dengan SUV, mobil ini adalah pilihan tepat untuk konsumen yang menginginkan mobil elegan dengan budget minimalis.

    Harga yang lebih rendah ini karena pada umumnya biaya produksi untuk mobil crossover tidak semahal memproduksi SUV. Karena tanggapan positif konsumen saat crossover pertama kali memasuki pasar, pabrikan bekerja keras untuk menjaga harga tetap rendah sambil menggabungkan fitur gaya yang disukai pembeli.

    3. Irit bahan bakar

    Meskipun ada banyak kesamaan antara SUV dan crossover, satu perbedaan utama adalah efisiensi energi. Dengan body dan isi silinder yang lebih besar, SUV akan lebih boros bensin atau solar. Sederhananya, jika bodi mobil lebih berat, membutuhkan lebih banyak energi untuk membuatnya bergerak.

    Crossover sendiri dikembangkan untuk efisien dalam penggunaan bahan bakar. Dari beberapa merek mobil crossover seperti Daihatsu Terios, dan Mitsubishi Xpander Cross, klaim konsumsi bahan bakarnya sangat irit dan mampu bersaing dengan city car.

    Hal ini yang menjadikan crossover merupakan alternatif bagi konsumen yang membutuhkan mobil lapang, namun irit bbm. Jika anda bisa berkompromi dengan mesin yang tenaganya tak sebesar SUV, maka mobil ini akan cocok untuk anda.

    4. Handling dan manuver yang mudah dikendarai

    Memiliki mobil yang mudah bermanuver di segala medan merupakan kepuasan tersendiri. Keunggulan selanjutnya yang dimiliki crossover ialah kelincahan dan handlingnya yang mudah. Hal ini berkat desain bodinya yang tidak begitu lebar dan tinggi, sehingga memungkinkan untuk meliuk-liuk di jalanan sempit.

    Hal ini juga menjadi kelebihan bagi anda yang memiliki garasi tidak terlalu besar. Crossover tidak memerlukan garasi yang sangat lebar, dan akan memudahkan pula saat diparkirkan.

    5. Mobil yang seimbang

    Jika anda bingung untuk memilih antara sedan dan SUV, crossover mungkin menjadi pilihan yang tepat. Mobil ini sangat seimbang dengan fitur dan tampilan yang gahar seperti SUV, tetapi lapang, nyaman, dan irit sebagai mobil keluarga.

    Dengan beberapa fitur yang menyerupai SUV, crossover juga bisa disimpulkan lebih baik dari segi keamanan dan keselamatan dibandingkan sedan atau city car lainnya. Mayoritas kendaraan crossover hadir dengan penggerak semua roda, yang membuatnya tetap bertenaga dan nyaman dikendarai.

    Baca juga: SUV vs MPV: Kelebihan, Kekurangan & Perbandingannya!

    Mobil Crossover Murah

    Crossover sesuai fungsinya yakni sebagai mobil yang memiliki banyak kelebihan, mobil ini juga ditujukan untuk banyak orang. Untuk itu, harga menjadi faktor penting yang menentukan siapa saja yang bisa membeli mobil Crossover.

    Jika anda mencari mobil Crossover, tidak perlu takut harus merogoh kocek terlalu dalam. Harga pasaran Crossover saat ini masih dikatakan wajar dan tidak semahal SUV walau ukuran dari kedua mobil tersebut hampir sama. 

    Crossover juga dibagi berdasarkan tipe-tipe berdasarkan persilangan tipenya. Contoh mobil Crossover diantaranya Crossover LCGC seperti Datsun Cross. Crossover MPV yakni Honda BR-V, Honda HR-V, Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Crossover SUV Nissan X-Trail, Honda CR-V.  

    Mobil crossover murah

    Anda bisa menyesuaikan budget anda dengan lebih leluasa karena banyaknya pilihan Crossover dengan harga yang bervariasi.Mitsubishi Xpander Cross

    Dengan begitu banyak mobil untuk dipilih, bagaimana Anda tahu jika kendaraan crossover cocok untuk Anda? Crossover terus melihat kesuksesan luar biasa dan sekarang melampaui kendaraan lain di jalan dalam hal popularitas.

    Jika Anda siap untuk memulai perjalanan membeli mobil, baca selengkapnya tentang cara mendapatkan penawaran terbaik untuk mobil tanpa mengorbankan apa yang Anda inginkan.

    Baca juga: Rekomendasi Mobil Bekas Murah Terbaik di Tahun 2022

    Bagaimana, Sudah semakin yakin pada tipe mobil ini? Sudah yakin bahwa Crossover adalah mobil yang tepat untuk anda, tapi budget masih belum mencukupi? Tentu saja anda bisa mempertimbangkan untuk beli mobil Crossover bekas!

    Di dealer OLX Mobil Crossover dapat anda temukan dengan mudah. Merek apa saja, tahun berapa, semua tersedia. Dengan jaminan kualitas terbaik melalui inspeksi dari mekanik berpengalaman OLX Autos menawarkan harga mobil Crossover terbaik, dengan kualitas yang terbaik untuk anda miliki!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here