Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriPengin Punya SUV Wuling Almaz, Kenali Fitur-Fitur Keselamatannya

    Pengin Punya SUV Wuling Almaz, Kenali Fitur-Fitur Keselamatannya

    Wuling Almaz mungkin usianya masih seumur jagung. Namun begitu, mobil bergaya Sport Utility Vehicle (SUV) ini memiliki tampilan yang menarik tak kalah dengan model-model dari Jepang atau Eropa.

    Belum lagi, body bongsor dengan ground clearance setinggi 230 mm, membuat Wuling Almaz sangat cocok sekali jika digunakan di Indonesia apalagi saat musim hujan dan juga jalanan bergelombang.

    Tidak hanya itu, Wuling Almaz juga memiliki pilihan dengan kapasitas tujuh orang penumpang. Tentunya mobil yang dapat menampung penumpang lebih banyak cukup diminati konsumen.

    Menyoal jantung pacu, Wuling Almaz sudah dibenamkan mesin In-line 4 cylinders, DOHC DVVT with turbocharger berkapasitas 1.451 cc yang sanggup memuntahkan daya hingga 140 tenaga kuda pada 5.200 rpm dan torsi 250 Nm pada 1.800-3.600 rpm.

    Lalu bagaimana dengan fitur-fitur yang disematkan pada Wuling Almaz?

    Ternyata cukup menarik. Lihat saja, pada bagian interior desain dashboard cukup modern, terlebih keberadaan Head Unit layar sentuh berpanel Sophisticated berukuran 10.4 inci.

    Head unit ini memang multifungsi, karena mengoperasikan Audio Visual System, konektivitas, MP3/DVD, dan tombol pengaturan Home dan ON/Off, tetapi juga mengatur Auto Air Conditioner (AC).

    Belum sampai disitu, Wuling Almaz juga dilengkapi fitur Full Surrounded View 360 derajat Camera, pilihan tombol fungsional Audio Visual System, layar MID yang informatif, serta atap Extensive Panoramic Sunroof.

    Selain itu, ada juga fitur keamanan dan keselamatan yang tak kalah menarik disematkan pada mobil ini, antara lain:

    1. Rear Parking Camera

    Ketika tuas transmisi pada posisi gigi mundur, layar monitor akan menampilkan hasil dari kamera belakang, serta garis pembantu dan posisi sonar yang aktif.

    2. Hill Hold Control (HHC)

    Fitur mempertahankan posisi mobil saat berhenti di tanjakan selama beberapa detik supaya kendaraan tidak melorot walaupun pengemudi tidak menginjak rem.

    3. Automatic Vehicle Holding (AVH)

    Fitur pengereman otomatis untuk menjaga mobil tetap berhenti dalam kondisi jalan yang menanjak, menurun ataupun datar tanpa harus menahan pedal rem secara manual. Untuk mengaktifkannya cukup tekan tombol tepat dibawah EPB.

    4. Dual SRS Airbag

    Kantung udara yang melengkapi efek perlindungan atas pemakaian sabuk pengaman. Fitur ini tersedia di bagian pengemudi dan penumpang depan.

    5. Anti-lock Braking System (ABS)

    Sistem pengereman untuk mencegah roda terkunci dan kendaraan kehilangan kendali ketika besarnya gaya pengereman melebihi gaya gesek maksimum antara roda dengan permukaan jalan, misalnya ketika mengerem di permukaan jalan yang licin.

    6. Electronic Brake-force Distribution (EBD)

    Sistem elektronik yang mengatur distribusi gaya pengereman kendaraan sesuai dengan kondisi jalan, kecepatan, dan berat muatan.

    7. Brake Assist (BA)

    Fitur yang memberikan gaya pengereman maksimal ketika terjadi pengereman darurat, walaupun pengemudi tidak memberikan input gaya yang cukup.

    8. Seatbelt For All Seats

    Sabuk pengaman yang tersedia di semua bangku

    9. Front Row Safety Belt Reminder

    Tanda peringatan sabuk pengaman pada bagian pengemudi dan penumpang depan yang menyala ketika seatbelt tidak dikenakan saat berkendara

    10. ISOFIX

    Berfungsi untuk mengamankan kursi anak tambahan dalam kendaraan, tersedia pada baris kedua.

    11. Front & Rear Disc Brakes

    Seluruh roda dilengkapi dengan rem cakram yang memiliki tingkat efisiensi pengereman yang tinggi.

    12. Emergency Stop Signal (ESS)

    Saat pengemudi melakukan rem mendadak, sinyal lampu hazard akan secara otomatis berkedip dengan cepat sehingga memberikan peringatan kepada pengemudi di belakangnya untuk mengurangi risiko tabrakan.

    13.   4-Points Rear Parking Sensor

    Bumper belakang dilengkapi 4 buah sonar untuk melakukan pendeteksian jarak antara objek luar dengan area belakang kendaraan.

    14. Electronic Stability Control (ESC)

    Menjaga kestabilan berkendara secara otomatis ketika adanya indikasi pengemudi mengalami kehilangan kendali atau ketika lintasan kendaraan tidak sesuai dengan steering input yang diinginkan pengemudi (misal oversteer, understeer)

    15. Traction Control System(TCS)

    Fitur untuk menghindari kendaraan kehilangan traksi, misalnya ketika salah satu roda terjebak genangan air atau terpeleset di jalan yang licin.

    Jika terdeteksi adanya slip, maka TCS akan melakukan pengereman pada roda yang slip tersebut.

    Wuling Almaz Exclusive

    Untuk Wuling Almaz Exclusive memiliki semua fitur Almaz Smart Enjoy, dengan beberapa fitur tambahan, seperti

    1. Side Airbags

    Kantung udara yang terdapat pada sisi samping baris pertama yang melengkapi efek perlindungan atas pemakaian sabuk pengaman pada pengemudi dan penumpang depan.

    2. 2-Points Front Parking Sensor

    Bumper depan memiliki 2 buah sonar untuk melakukan pendeteksian jarak antara objek luar dengan area depan kendaraan.

    3. Tire Pressure Monitoring System (TPMS)

    Tampilan tekanan angin ban dalam satuan Bar dapat dipantau pada layer MID. Sistem akan berkedip jika tekanan ban tidak sesuai (terlalu tinggi atau terlalu rendah).

    4. 360 Camera

    Ketika tuas transmisi pada posisi gigi mundur, layar monitor akan menampilkan hasil dari kamera depan, belakang, dan samping, serta garis pembantu dan posisi sonar yang aktif.

    Head unit Almaz yang cerdas juga akan menggabungkan tiap gambar dari keempat kamera menjadi tayangan perspektif bird’s eye view.

    Harga

    Wuling Almaz yang diproduksi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat ini menawarkan empat varian yaitu Almaz Smart Enjoy 6MT, Almaz Smart Enjoy CVT, Almaz Exclusive 5 Seater, dan Almaz Exclusive 7 Seater.

    Untuk harganya berikut daftarnya dengan status on the road Jakarta:

    Almaz Smart Enjoy 6MT Rp 266,8 juta

    Almaz Smart Enjoy CVT Rp 278,8 juta

    Almaz Exclusive 5 Seater Rp331,8 juta

    Almaz Exclusive 7 Seater Rp 341,8 juta.

    Nah, gimana OLXer mau pilih Wuling Almaz tipe apa?

     

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait