Selasa, Desember 7, 2021
OLX Auto
More
    MotorPenjual Motor Listrik Curhat, Butuh Dukungan Pemerintah

    Penjual Motor Listrik Curhat, Butuh Dukungan Pemerintah

    Kendaraan bertenaga listrik kini tak hanya digunakan untuk penumpang, namun sudah menyasar segmen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Bahkan, tidak hanya mobil saja yang menghadirkan tenaga listrik, tapi juga sepeda motor.

    Hal inilah yang dilakukan PT Solar Panel Indonesia (SPI) selaku agen pemegang merek sepeda motor yang menggarap Gelis, atau kepanjangan dari Gerobak Listrik. Motor tiga roda yang dirancang khusus pelaku UMKM ini dijual antara Rp 17-20 jutaan.

    Menurut salah satu Owner Dealer Gelis di Bandung, Eko Wardhanawan, motor listrik seperti Gelis sangat cocok untuk menopang UMKM, sehingga dapat digunakan sebagai sarana mobilitas untuk mendukung para pelaku usaha.

    ’’Di Jawa Barat sangat potensial, apalagi kendaraan ini efisien dan tidak membutuhkan maintenance yang rumit,’’ ungkap Eko dalam keterangannya.  

    Ya, di atas kertas, kendaraan listrik disebut memiliki beberapa kelebihan dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak, antara lain ramah lingkungan, lebih efisien dalam pengeluaran, perawatan mudah dan murah, dan akselerasinya mumpuni.  

    Bahkan, di sejumlah wilayah selain Bandung dan sekitarnya, Eko menyatakan, sepeda motor listrik untuk UMKM memiliki potensi sangat besar termasuk di Ciamis, Tasikmalaya, Garut, hingga Pangandaran.

    Hanya saja, kata Eko, saat ini baik penjual maupun pembeli motor listrik sangat membutuh dukungan pemerintah, agar mendapatkan pajak nol persen seperti mobil listrik.

    “Karena kendaraan ini bisa menggerakkan UMKM untuk menopang perekonomian daerah,’’ ujarnya.

    Eko juga menuturkan, untuk menjangkau kebutuhan masyarakat, maka strategi yang dilakukan distributor motor listrik yaitu menyiapkan skema pembiayaan agar produk Gelis bisa dijangkau oleh kalangan UMKM.

    Sementara itu, Chief Sales & Marketing Officer PT SPI Ary Tjahjono menyatakan, Gelis butuh dukungan karena motor listrik ini merupakan kendaraan yang handal dan efisien.

    “Kualitas, performa dan durabilitas hasil kerja anak bangsa ini telah ditunjukkan melalui produk tipe pertama, yaitu Gelis 300,” jelasnya.

    Belu lagi, Gelis yang memiliki fasilitas produksi di kawasan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat, untuk sejumlah materialnya telah digarap di dalam negeri, seperti baterai, sasis, bodi, serta beberapa perangkat kendali.

    Sedangkan beberapa komponen lain, seperti motor listrik, kontroler, gandar, sistem kemudi dan roda, masih diimpor. Namun begitu, Ary berkeinginan agar motor listrik yang dibuat oleh PT SPI Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) lebih ditingkatkan seiring perkembangan.

    Di atas kertas, Gelis 300 sendiri merupakan sepeda motor listrik yang dibekali motor elektrik berdaya 800 Watt dengan suplai daya dari baterai tipe VRLA 48v-26AH, yang diklaim mampu melaju hingga kecepatan maksimum 30 Km/jam dengan jarak tempuh rata-rata 30 Km.

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here