Selasa, November 30, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPenjualan Retail Daihatsu di Maret - Mei 2021 Naik 37% Karena Dorongan...

    Penjualan Retail Daihatsu di Maret – Mei 2021 Naik 37% Karena Dorongan Diskon PPnBM

    News.OLX.co.id – Relaksasi pajak pembelian atas barang mewah (PPnBM) berupa diskon hingga 100% sudah berjalan sejak bulan Maret 2021 lalu. Kebijakan ini membuat harga jual mobil baru dengan kriteria yang sudah ditentukan menjadi lebih murah.

    Stimulus dari Pemerintah ini langsung direspons positif oleh pasar dengan kenaikan angka penjualan mobil baru yang signifikan. Datanya bisa dilihat dari perbandingan rata-rata penjualan retail sebelum relaksasi PPnBM berlangsung di Januari – Februari 2021 sebanyak sekitar 51 ribu unit per-bulan, naik signifikan hingga 46% menjadi sekitar 74 ribu unit per-bulan di Maret – Mei 2021. 

    Daihatsu juga merasakan dampak positif dari relaksasi PPnBM dan terus bertengger di peringkat 2 penjualan terbanyak mobil baru hingga bulan Mei 2021. 

    Jika pada Januari – Februari 2021 rata-rata penjualan retail Daihatsu sebesar 9 ribu unit per-bulan, maka di Maret – Mei 2021, atau tepatnya setelah kebijakan PPnBM berjalan, langsung naik menjadi rata-rata 12 ribu per bulan, naik 37%.

    Setidaknya ada 5 model Daihatsu yang menerima fasilitas diskon 100% pajak tersebut, yakni Xenia, Terios, Luxio, Gran Max Mini Bus, dan Rocky, dimana hingga akhir Mei 2021 lalu seluruh model tersebut mengalami peningkatan penjualan retail hingga sebesar 63% rata-rata per-bulannya.

    “Daihatsu bersyukur, penjualan Daihatsu tumbuh sejalan dengan kenaikan pasar dengan market share 17%. Kami berharap, tren positif ini dapat terus berlangsung dengan capaian yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terlebih, pemerintah telah memberikan dukungannya berupa insentif diskon pajak demi menstimulus pertumbuhan pasar otomotif,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam virtual media gathering, Kamis (17/6/2021).

    Namun tren positif ini tidak cuma datang dari 5 model yang masuk list diskon PPnBM 100%, melainkan juga dari model Daihatsu non-relaksasi pajak seperti Sirion yang angka penjualannya naik 111%, Ayla 42%, Sigra 40%, Gran Max BV (Blind Van) 16%, dan Gran Max PU (Pick Up) 9%.

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here