Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak BerkategoriPentingnya Foglamp Saat Berkendara di Tengah Hujan

    Pentingnya Foglamp Saat Berkendara di Tengah Hujan

    Berkendara di musim hujan seperti sekarang, penting untuk memastikan seluruh fungsi lampu mobil dalam kondisi menyala. Di saat hujan lebat, lampu menjadi isyarat keberadaan kita bagi kendaraan lain yang berada di sekitar. Termasuk juga lampu kabut atau yang biasa disebut foglamp.

    Lampu kabut sangat penting dalam memberikan visual lebih baik berkendara dalam cuaca berkabut dan hujan, sehingga meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

    Dalam perjalanan menuju daerah pegunungan, kita kerap menerobos cuaca berkabut. Terkadang fungsi lampu utama jadi kurang maksimal, pun begitu saat hujan lebat dan harus melewati ruas jalan yang gelap. 

    Disinilah peran foglamp, membantu pengemudi mendapatkan penerangan yang lebih maksimal ke jalan. 

    Tingginya standar keselamatan dan kenyamanan pada mobil-mobil produksi terkini, menempatkan foglamp sebagai salah satu kelengkapan yang harus ada.

    Bahkan beberapa model mobil sudah dilengkapi foglamp pada bagian belakang. Fungsinya pun cukup penting, karena ketika diaktifkan pada saat kondisi hujan dan berkabut, lampu yang ditempatkan di bagian buritan mobil berguna memberi sinyal pada pengemudi belakang.

    Namun dalam hal pengaplikasian lampu foglamp, perlu memperhatikan beberapa hal. Hal ini dijelaskan oleh Hendry Lo selaku Managing Director PT LPI dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (18/1/2020).

    “Ketika memilih cahaya yang dihasilkan oleh bohlam foglamp, disarankan untuk menggunakan bohlam jenis Halogen ataupun LED yang memberikan cahaya berwarna kuning. Alasannya, karena cahaya warna kuning bisa menembus kabut dan hujan. Idealnya cahaya warna ini pada 3.000 Kelvin,” jelas Hendry Lo. 

    “Untuk versi Halogen memiliki daya tembus yang lebih kuat dan berbiaya rendah. Sementara pilihan jenis LED (Light Emitting Diode) menghadirkan kecerahan tinggi dan hemat energi,” sambungnya. 

    Lowin merupakan salah satu merek aftermarket yang menawarkan berbagai jenis foglamp. Merek ini diimpor dan didistribusikan oleh PT Lowin Parama Indonesia.

    Lowin menawarkan dua pilihan varian. Pertama yang bersifat universal yang bisa diaplikasi oleh mobil-mobil penumpang. Sementara opsi kedua foglamp replacement yang memiliki bentuk dan desain seperti foglamp standar mobil bawaan pabrik. 

    “Tips dalam memilih foglamp paling penting adalah kualitasnya. Seperti DLAA Foglamp yang sudah mendapatkan sertifikat ISO dan E-mark. Pilih foglamp yang mudah dipasang dan hadir dalam set komplet dengan kabet, baut, switch dan relay,” beber Hendry. 

    Selain itu sebutnya, pilih yang waterproof, untuk menjamin agar air tidak masuk ke foglamp. Malah beberapa foglamp telah dilengkapi fitur reflector yang bisa di-adjust sesuai kebutuhan. Sehingga penerangan yang dihasilkan dalam lebih optimal. 

    Secara teori, usia foglamp halogen sekitar 350 jam, dan jenis LED bisa lebih dari 500 jam.

    Lowin hadir dengan foglamp bermerek DLAA untuk kendaraan berlabel Toyota, Honda, Volkswagen, Nissan, Suzuki, Mazda, Isuzu, Mitsubishi, Daihatsu dan lainnya.

    Untuk yang berminat dengan produk Lowin, bisa langsung ke alamat Jl. Karang Anyar Raya No. 55 Blok C5, Jakarta Pusat atau hubungi (021) 62301676. (Z)

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait