Pentingnya Oli Bagi Kelangsungan serta Performa Mesin Mobil

0
15

Oli mesin adalah bagian penting dari pendukung kinerja mesin mobil agar tetap prima sepanjang waktu. Tapi jujur, sebegitu pentingnya fungsi oli, masih banyak pemilik mobil yang terkadang lalai dalam melakukan penggantian. Entah karena alasan sibuk atau pada dasarnya memang tidak mengerti kapan waktunya ganti oli.

Pahamkah OLXers tentang apa fungsi oli pada kendaraan? Oli berfungsi melubrikasi mesin agar panas yang timbul dari setiap gesekan komponen mesin tidak jadi berlebihan. Singkatnya, oli membuat suhu mesin tetap dalam batas toleransi.

Jadi setiap berkendara, jangan hanya konsentrasi dengan bagaimana mengisi tangki mobil dengan bahan bakar berkualitas saja. Oli atau pelumas dengan kualitas terbaik juga harus jadi pertimbangan. Oli yang jelek membuat kinerja mesin lebih berat yang berefek pada borosnya konsumsi bahan bakar. 

Selain itu, minimnya pemahaman umur pakai oli juga menjadi pemicu mesin mengalami kelelahan. Sekalinya ingat untuk ganti oli, pilih oli-nya yang tidak sesuai spesifikasi mobil karena mengejar harga yang lebih murah. 

“Kelelahan mesin akibat mengesampingkan kualitas oli bisa terjadi dengan cepat. Ini akibat gesekan antar metal di ruang mesin tidak terlumasi dengan baik. Utamanya ruang pembakaran, kualitas oli yang buruk mempercepat usia ring piston dan dinding silinder. Sering ditemui mobil masih terhitung di bawah tiga tahun sudah mengalami ngebul dari knalpot,” jelas Rahadian Wishwa Dewa, Service Manager PT Sejahtera Buana Trada Pulogadung, Rabu (29/1/2020).

“Struktur mesin juga berubah akibat fungsi oli sebagai pendingin tidak maksimal. Berakibat oli merembes dari ruang silinder hingga crankcase. Efeknya mudah ditebak, oli berceceran di lantai ketika terparkir,” tambahnya.

Diarahkan oleh Dewa, sebisa mungkin bila mobil dipakai harian, lakukan pemeriksaan rutin untuk mengecek kuantitas oli di ruang mesin melalui dipstick, sekaligus memeriksa tingkat kelicinan oli apakah terdeteksi adanya gram halus yang tercampur di mesin. 

Mengikuti buku manual petunjuk perawatan berkala yang ditetapkan oleh manufaktur adalah kewajiban pemilik mobil. Selain itu Oli dengan kekentalan yang sesuai spesifikasi kendaraan adalah sangat penting agar kendaraan bisa berumur panjang dan punya nilai jual lebih baik.

“Maka lebih baik menggunakan produk yang memiliki standar kualitas API tertinggi yaitu SN seperti produk oli Suzuki Ecstar yang dapat membantu menjaga mesin lebih lama,” pungkas Dewa. (Z)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here