Jumat, Desember 9, 2022
More
    Tips15 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin & Hanya Keluar Angin

    15 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin & Hanya Keluar Angin

    Air Conditioner (AC) menjadi fitur paling penting dan wajib ada bagi mobil keluaran terbaru. Hanya saja, fitur yang satu ini memang perlu ekstra perhatian dan perawatan. Karena kadangkala, AC mobil tidak dingin dan hanya keluar angin.

    Tentunya, jika AC tidak dingin maka kenyamanan berkendara akan terasa terganggu. Suasana menjadi gerah, apalagi kondisi jalanan macet yang tidak memungkinkan untuk membuka kaca mobil. 

    Nah, OLXer mungkin bertanya-tanya, Kenapa AC mobil tidak dingin hanya keluar angin?  Faktornya bisa bermacam-macam. Untuk itu, OLX rangkum 10 penyebab AC mobil tidak dingin. Simak selengkapnya!

    1. AC Mobil Tertutup Debu dan Kotoran

    Jika Anda cenderung menyalakan AC secara terus menerus, partikel kotoran, dan debu akan menumpuk dan dapat menghalangi ventilasi AC. Kotoran ini dapat memblokir ventilasi AC dan pastinya mengganggu pendinginan AC mobil.

    Untuk mengatasi hal ini, disarankan untuk menyervis komponen AC mobil setidaknya setiap 5-6 bulan. Rutinitas ini tak hanya akan membuat AC mobil menjadi dingin, namun juga menghindari partikel debu dan mikroorganisme seperti bakteri dan jamur yang akan masuk di mobil Anda.

    2. Adanya Masalah Kelistrikan Di Mobil

    Korsleting pada unit listrik adalah alasan lain yang menyebabkan AC kurang dingin. Hal ini cukup umum terjadi di banyak mobil. 

    Terutama jika sering mengemudi pada daerah dengan iklim yang panas. Kabel listrik menjadi cepat panas dan menyebabkan korsleting pada kabel internal.

    Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mencoba menemukan lokasi kabel yang konslet. Atau bila tidak ingin repot-repot, menyerahkan mobil ke tangan ahlinya lebih disarankan. Berhubung masalah kelistrikan pada bagian mobil adalah bagian yang rumit.

    Penting untuk mengecek kondisi freon apabila AC mobil tidak dingin
    Penting untuk mengecek kondisi freon apabila AC mobil tidak dingin

    3. Cairan Freon Bocor / Berkurang

    Kebocoran pada cairan freon adalah bisa jadi penyebab utama AC mobil tidak dingin.  Masalah ini umumnya terjadi ketika mobil Anda mengalami kecelakaan atau benturan yang merusak bagian mobil. 

    Selang AC bisa bocor dari sambungan dan umumnya cukup sulit untuk menemukan dimana kebocorannya. Jika ada bercak berminyak yang tercecer di sekitar selang, maka daerah tersebut menjadi titik bocornya freon. 

    Jika hal ini terjadi, cara membuat ac dingin kembali ialah dengan membawa mobil ke spesialis AC atau bengkel resmi mobil Anda. Hal ini karena penanganan AC cukup rumit dan membutuhkan alat dan keahlian khusus.

    Baca juga: 9 Penyebab AC Mobil Jadi Panas dan Bau

    4. AC Mobil Tidak Dingin Karena Kondensor Rusak

    Kondensor adalah bagian penting untuk sistem pendinginan kabin mobil Anda. Kondensor adalah komponen khusus yang membuat semburan AC tetap dingin dan kemudian mengalir melalui blower dengan mengubah udara panas menjadi udara dingin.

    Jika kondensor AC mobil terlalu kotor atau rusak, maka AC tidak akan bisa bekerja secara optimal. Karena komponen ini penting sebagai bagian yang  membuang panas. Sehingga AC mobil jadi tidak dingin.

    Ciri umum yang terjadi bila kondensor AC rusak, ialah adanya rembesan oli di bagian kondensor. Tepatnya di bagian depan radiator. Selain itu, masalah ini juga bisa dirasakan langsung apabila AC mobil tidak terasa dingin saat mobil dalam kondisi berhenti.

    Jika masalah tersebut terjadi, solusi terbaik adalah untuk membawa mobil Anda ke tempat servis terpercaya.

    5. Masalah di Kompresor Membuat AC Mobil Tidak Dingin

    Kompresor adalah salah satu komponen terpenting dalam AC mobil. Kompresor menjadi penyalur tenaga utama yang menghidupkan AC. Cara kerja kompresor mengikuti dari pergerakan mesin mobil. 

    Kompresor yang bermasalah umumnya dapat ditandai dengan suara yang berisik terlebih saat AC mulai dihidupkan. Bunyi ini terjadi karena pelumas yang berkurang atau sudah kotor, menyebabkan adanya gesekan kasar dan mengeluarkan bunyi.

    Selain itu, AC mobil tidak dingin bisa juga terjadi karena kompresor tidak berputar. Hal ini karena terjadi kerusakan pada bagian magnetic clutch. 

    Untuk menangani kerusakan ini, disarankan untuk membawa mobil ke servis terdekat karena bagian ini cukup rumit untuk diperbaiki sendiri. 

    6. Sekring AC Terputus

    Sekering terbakar adalah alasan lain mengapa AC mobil tidak dingin. Jika hal ini terjadi, sekring tersebut harus segera diganti. Hal ini karena bisa menyebabkan masalah serius di kompresor. Selain itu, AC malah justru akan menyebarkan udara panas di dalam kabin mobil.

    Mengganti sekring AC di kotak sirkuit tidak terlalu sulit. Jika Anda berpengalaman atau mengetahui beberapa komponen dasar di mobil, bisa menggantinya sendiri. Namun sekali lagi, bila merasa tidak yakin, tidak ada salahnya membawa mobil untuk diperbaiki oleh ahlinya.

    Baca juga: 5 Komponen Pendukung AC Mobil Biar Tetap Dingin

    7. Blower AC rusak

    Ventilasi blower yang rusak adalah salah satu penyebab ac mobil kurang dingin.  Oleh karena itu, disarankan untuk memeriksakan kondisi ventilasi blower setiap 6 hingga 8 bulan sekali.

    Untuk memeriksakan kondisi blower AC apakah rusak atau tidak, caranya cukup mudah. Arahkan telapak tangan di depan ventilasi dari AC blower di mobil. Kemudian nyalakan AC dan rasakan kecepatan aliran udara yang berhembus ke telapak tangan Anda.

    Jika aliran udara cukup kencang, maka kondisinya bagus. Namun jika terasa kurang dan seperti tersendat, maka mungkin ada masalah di komponen ini. 

    8. Terjadi Kerusakan Pada Fan Belt

    Fan belt adalah bagian terpenting yang menggerakkan sebuah mobil. Komponen ini berfungsi menggerakkan serta menghubungkan setiap komponen mobil, saat mesin mulai dinyalakan.

    Fan belt adalah bagian mobil yang harus diganti bila sudah berumur dan kondisinya sudah rusak. Ciri-ciri fan belt rusak adalah ketika disentuh terasa tipis, mulai longgar, adanya keretakan di beberapa bagian, dan juga terkesan rapuh.

    Jika fan belt Anda mulai menunjukkan ciri tersebut, disegerakan segera mengganti, untuk menghindari kejadian fan belt terputus di jalan. Jika fan belt terputus, maka AC juga tidak akan bisa hidup. 

    Minggu Sabuk kompresor mencegah mobil Anda untuk memulainya. Sabuk kompresor tersebut biasanya menggerakkan fungsi daya dan energi di kendaraan Anda. Ketika tidak berfungsi, Air Conditioner tidak berfungsi seperti yang diharapkan.

    Filter Udara Kabin Tersumbat menyembabkan AC mobil tidak dingin
    Filter Udara Kabin Tersumbat menyembabkan AC mobil tidak dingin

    9. Filter Udara Kabin Tersumbat

    Ini bisa menjadi salah satu masalah umum jika AC tidak cukup dingin. Filter kabin adalah salah satu bagian penting.  Filter kabin berfungsi untuk menyaring udara agar terpisah dari kotoran yang hendak diisap blower menuju evaporator.

    Untuk masalah ini, cukup mudah untuk memeriksanya. Buka saja dudukan dasbor dan lepaskan filter kabin.  Jika kotor, maka sudah pasti kotoran tersebut menyumbat aliran udara ke kabin.

    Jika sudah tidak layak, sebaiknya membeli filter kabin yang baru dan tinggal diganti sendiri. Maka aliran udara akan terasa jauh lebih bersih dan lebih dingin tentunya.

    Baca juga: 11 Alasan Kenapa AC Mobil Juga Harus Servis Rutin

    10. Faktor Mesin Terlalu Panas / Overheat

    Selain faktor kerusakan dari AC nya sendiri, mesin mobil yang terlalu panas akan membuat kipas di radiator tidak bekerja dengan baik. 

    Dampaknya, kondensor tidak akan optimal melakukan pendinginan kendaraan, serta efisiensi maksimum refrigeran justru akan meniupkan udara panas di dalam mobil. Untuk itulah AC gagal mendinginkan kabin.

    Jika hal ini terjadi, solusinya adalah Anda bisa menghentikan kendaraan sejenak sampai suhu mesin menjadi stabil. Bila masalah masih berlanjut, ada baiknya mengunjungi bengkel terdekat untuk diperiksa bila ada masalah khusus pada mobil.

    11. Rusaknya Thermistor AC/ Peraba Suhu Evaporator

    Thermistor ini adalah kependekan dari terminal resistor. Fungsi utama dari thermistor ini adalah mengukur suhu yang diberikan oleh kompresor.

    Bayangkan jika sebuah sistem AC tanpa adanya thermistor, hal ini akan menyebabkan evaporator beku karena suhu yang dikeluarkan oleh kompresor tidak diatur dengan baik.

    12. Masalah Pada Extra fan

    Nah,  apabila AC mobil yang terasa panas di siang hari, biasanya terjadi akibat extra fan yang berputar tidak maksimal. Putaran extra fan yang sudah melemah ini membuat proses kondensasi pada kondensor kurang maksimal.

    Jika extra fan bermasalah, hal ini mengakibatkan tekanan pada freon menjadi lebih tinggi Sebaliknya, apabila dibiarkan terus menerus, maka bisa membuat freon habis, karena terbuang sedikit demi sedikit melalui sil sambungan pipa atau selang yang tidak kuat menahan tekanan freon. Nah, Ketika hal ini terjadi, sebaiknya langsung mengganti extra fan dengan yang baru baru.

    Jangan lupa juga untuk mengecek kondisi freon yang bisa saja sudah terjadi kebocoran pada sistem AC akibat membiarkan kerusakan pada extrafan berlarut-larut sehingga tekanan menjadi overheat dan membuat komponen ac menjadi bocor.

    13.  Evaporator Kotor

    AC mobil kurang dingin di siang hari bisa disebabkan kondisi Evaporator yang sudah sangat kotor. Kondisi ini bisa dirasakan melalui angin AC yang kecil meski sudah disetel maksimal.

    Bisa juga dengan melihat kondisi filter AC yang memang sudah banyak kotoran yang menempel. Nah, kondisi Evaporator yang kotor juga bisa dilihat melalui selang gas tekanan rendah.

    Jika selang gas tekanan rendah berembun saat AC dinyalakan tapi ruang kabin tidak terasa sejuk, itu merupakan indikasi Evaporator harus segera dibersihkan.

    Baca juga: Ini Bahayanya Jika Freon AC Mobil Bocor dan Terhirup

    14.  Celah Centerpiece Terlalu Lebar

    Celah pada enterpiece yang terlalu lebar dapat disebabkan karena magnet yang tidak sanggup menarik centerpiece. Umumnya daya magnetic tidak akan bekerja maksimal juga terjadi overheat.

    Overheat yang terjadi ini dapat disebabkan banyak faktor misalkan karena drive belt yang putus, maupun mesin AC yang bekerja terlalu lama.

    15.  Magnetic Clutch Pada Kompresor AC Rusak

    Magnetic clutch ini posisinya berada di dalam kompresor. Kebanyakan magnetic clutch rusak pada bagian gulungan spul karena arus pendek.

    Demikian bahasan mengenai faktor terkait AC mobil kurang dingin. Semoga dapat menjadi informasi yang berguna bagi Anda.

    Selalu utamakan kondisi mobil Anda, termasuk ketika akan menjual mobil bekas yang Anda miliki. Di OLX Autos, anda akan mendapatkan penawaran terbaik dan proses jual mobil yang bebas ribet.

    Cukup pesan inspeksi melalui web OLX Autos, petugas inspeksi kami akan segera datang ke rumah Anda dan memeriksa mobil. Anda dapat segera menerima penawaran beli mobil dan langsung deal! 

    Artikel ini pertama kali ditulis oleh Herdi Muhardi, Diperbarui pada 29 September 2022.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here