Rabu, Desember 8, 2021
OLX Auto
More
    TipsPenyebab Bunyi Decitan pada Rem Saat Musim Hujan, Begini Cara Mengatasinya

    Penyebab Bunyi Decitan pada Rem Saat Musim Hujan, Begini Cara Mengatasinya

    Mengemudi saat musim hujan seperti saat ini memang harus lebih rajin melakukan pengecekan dan perawatan. Termasuk pada bagian sistem pengereman.

    Sejatinya, sistem pengereman menjadi salah satu faktor terpenting dalam keselamatan berkendara. Pasalnya, jika mobil tanpa sistem pengereman yang baik maka bisa berakibat fatal. Apalagi saat kondisi hujan seperti saat ini, dimana sistem pengereman wajib dilakukan pemeriksaan.

    Adapun seperti dilansir situs Nissan, di saat cuaca hujan, tidak ada salahnya lebih memperhatikan sistem pengereman mobil secara teliti. Karena ketika menggunakan sistem pengereman pada kondisi kering, kotoran yang berupa debu bisa menumpuk pada bagian brake pad dan pada saat kotoran tersebut terkena air hujan bisa mengakibatkan sistem pengereman mobil bekerja tidak maksimal.

    Maka dari itu, saat musim hujan, kasus yang paling sering ditemukan yaitu terdengar suara decitan seperti ada tikus kejepit ketika melakukan pengereman. Padahal hal tersebut lantaran adanya kotoran menempel dan terkena air hujan.

    Namun begitu, jika OLXer merasa risih dengan suara decitan saat melakukan pengereman, tentunya hal tersebut bisa dibersihkan, di bengkel terpercaya.

    Masih menurut situs Nissan, untuk perawatan rem sejatinya bisa dilakukan di bengkel setiap kelipatan 20.000 Km. Namun OLXer juga bisa membersihkannya sendiri menggunakan brake cleaner.

    Cara membersihkannya pun cukup mudah. Mulailah dengan mendongkrak mobil lalu melepaskan ban mobil satu per satu, kemudian semprotkan brake cleaner ke bagian permukaan disc brake kemudian dilanjutkan ke kaliper. Kotoran-kotoran yang menumpuk tersebut akan terlepas dan mengalir bersama cairan brake cleaner.

    Namun, perlu OLXer juga harus tahu bahwa mobil yang menggunakan jenis rem tromol jauh lebih terjaga kebersihannya, karena dibuat dengan konstruksi yang tertutup sehingga membuatnya lebih terlindungi dari kotoran.

    Oia, dalam beberapa tahun belakangan ini, sistem pengereman sebuah mobil memang sudah menerapkan fitur dengan mengadopsi teknologi canggih, seperti adanya sistem pengereman Anti Lock Brake System (ABS) yang berfungsi mencegah terjadi ban yang terkunci saat pengereman mendadak, Electronic Brake Force Distribution (EBD) yang dapat menyesuaikan bobot kendaraan sehingga pengereman menjadi lebih efektif dan efisien, dan BA (Brake Assist) yang memberikan kemampuan optimal saat pengendara melakukan pengereman yang mendadak.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here