Sabtu, Desember 4, 2021
OLX Auto
More
    BeritaPenyebab Daihatsu Recall 36.915 unit Gran Max dan Luxio

    Penyebab Daihatsu Recall 36.915 unit Gran Max dan Luxio

    PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek mobil Daihatsu di Indonesia mengumumkan penarikan kembali atau recall untuk Gran Max 1.5L dan Luxio di Indonesia yang jumlahnya mencapai 36.915 unit.

    Usut punya usut, hal yang membuat Daihatsu harus melakukan recall karena akan dilakukan penggantian untuk komponen Connecting Rod pada mesin 1.5L 3SZ, Gran Max 1.5L dan Luxio yang diproduksi pada Maret 2018 – April 2019.

    Menurut Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra, program ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan tanggung jawab kami dalam memastikan mobil yang sudah menjadi milik pelanggan tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya.

    “Bagi pelanggan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall, silahkan bawa ke bengkel resmi Daihatsu terdekat, kami siap menyambut kedatangan pelanggan,” jelas Amel dalam pesan tertulis, Jumat (1/11/2019).

    Diketahui, penggantian Connecting Rod ini bisa berkaitan dengan masalah mesin yang akhirnya menyebabkan mesin mati. Pasalnya, Connecting Rod bisa berpotensi patah, padahal komponen ini menghubungkan antara piston dan crankshaft.

    Adapun gejala kerusakan pada Connecting Rod bisa dirasakan apabila bagian mesin terdengar berisik ketika melaju.

    Daihatsu Luxio
    Daihatsiu Luxio. (Daihatsu)

    Tak ada kejadian membahayakan atau sampai terjadi hal yang tak diinginkan. Namun temuan Daihatsu sudah ada enam unit Gran Max secara tiba-tiba bagian mesin mati dan harus menepi.

    Daihatsu menghimbau kepada pelanggan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall, untuk menghubungi atau datang ke dealer resmi Daihatsu terdekat yang tersebar di seluruh Indonesia agar dapat dijadwalkan penggantian komponen terkait recall tersebut.

    Daihatsu akan menghubungi melalui surat pemberitahuan, telpon dan SMS untuk memberitahukan kepada para pemilik kendaraan yang terlibat dalam recall. Setiap pemilik kendaraan dapat melakukan pengecekan sendiri untuk mengetahui apakah mobilnya termasuk kendaraan yang teridentifikasi program tersebut dengan menghubungi Hotline di 1-500-898 kapanpun selama 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

    Pada penggantian komponen ini, pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun, alias gratis. Selain itu, pelanggan juga akan mendapat apresiasi berupa voucher paket ganti oli mesin gratis untuk service berikutnya bagi yang berpartisipasi dalam program ini. (Her)

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here