Jumat, Desember 3, 2021
OLX Auto
More
    TipsIni Faktor Penyebab AC Mobil Berisik

    Ini Faktor Penyebab AC Mobil Berisik

    Air Conditioner (AC) atau penyejuk udara pada mobil sama seperti komponen lainnya wajib dilakukan perawatan atau service secara rutin. Minimal saat mobil sudah menempuh jarak 10.000-20.000 kilometer.

    Apabila OLXer malas melakukan service, jangan heran kalau suatu waktu AC mobil jadi bermasalah, salah satunya mengeluarkan bunyi cukup berisik.

    OLXer sendiri tahu suara bunyi tersebut sumbernya dari mana?

    Nah, seperti dilansir situs Rotary Bintaro selaku bengkel service AC mobil, bunyi-bunyian yang kerap terjadi biasanya ada beberapa faktor kemungkinan mulai dari Bearing, laher, piston hingga silinder dalam kompresor aus atau oblak.

    Jika bagian-bagian ini mengalami masalah, biasanya ada gesekan pada piston. Dengan begitu sudah pasti akan dapat mempengaruhi kinerja AC, sehingga muncul suara cukup mengganggu.

    Selain itu, faktor lainnya adalah kurang nya pelumasan dalam kompresor. Ya, sama seperti bagian mobil lainnya pada bagian kompresor juga  butuh oli. Sebaliknya, apabila AC mobil kurang oli, maka kinerja AC jadi lebih berat, sehingga jadi penyebab mengeluarkan suara.

    Masalah lain penyebab munculnya suara yaitu, batas pemakaian usia komponen yang terpasang, serta kurangnya perawatan secara rutin.

    Perlu dicatat juga, masalah timbulnya suara AC bisa juga timbul meski kabin di dalam mobil tetap dingin.

    Nah, masih menurut Rotary Bintaro, AC tetap dingin tapi muncul suara biasanya masalah tersebut tidak jauh berbeda dengan yang sudah disebutkan di atas, yaitu piston, bearing atau laher kompresor mulai aus atau oblak.

    Selain itu, bisa juga silinder head aus, sehingga menyebabkan pulley kompresor menjadi oblak.

    Sebagai tambahan, suara kasar pada Magnetic Clutch biasanya dihasilkan oleh gesekan permukaan magnet pully dengan pelat centerpiece, dimana salah satu permukaaan dari komponen sudah tidak rata.

    Adapun jika AC mobil bunyi terus, berikut beberapa cara perbaikannya :

    1. Memperhatikan Rembesan Oli

    Memperhatikan rembesan oli bisa bertujuan untuk melihat apakah AC mobil mengalami kebocoran atau tidak. Jika mengalami kebocoran, kita bisa mengatasi dengan air sabun. Kucurkan air sabun sedikit demi sedikit di titik yang mengalami kebocoran.

    2. Bersihkan Komponen Kompresor

    Jika AC mobil bunyi, maka kemungkinan bearing bambu berkarat. Bersihkan bearing bambu menggunakan anti karat. Kemudian amplas menggunakan amplas yang halus. Jika sudah dibersihkan, masukkan oli kedalam kompresor.

    3. Penggantian Komponen Kompresor

    Jika AC mobil bunyi kemungkinan komponen yang didalamnya sudah mengeras. Sehingga, tidak bisa menahan freon. Jika komponennya sudah mulai mengeras, maka ganti komponen yang sudah mengeras tadi. Sehingga, tidak ada lagi suara AC mobil bunyi karena komponen yang mengeras.

    4. Penggantian Kompresor AC

    Jika cara memperbaiki AC mobil bunyi yang diatas sudah dilakukan namun Ac mobil tetap bunyi. Maka kemungkinan dinding silinder pada sudah mulai aus. Sehingga, langkah terakhir yang harus dilakukan melakukan penggantian kompresor AC. Karena kerusakan AC mobil sudah parah.

    Apabila memang tidak bisa memperbaiki sendiri, sebaiknya lakukan perawatan dan perbaikan ke bengkel AC terpercaya dan berkualitas ya OLXer.

     

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here