Kamis, Desember 8, 2022
More
    MotorInden Motor Di Dealer Semakin Lama? Ini Dia Penyebabnya!

    Inden Motor Di Dealer Semakin Lama? Ini Dia Penyebabnya!

    Salah satu hal yang kini dikeluhkan konsumen motor, ialah waktu inden yang lebih lama. Dealer-dealer seperti Honda dan Yamaha memang mengharuskan pembeli untuk menunggu sekitar waktu 1-2 bulan untuk mendapatkan motor yang diinginkan. Lalu, apa yang menyebabkan inden motor lama?

    Untuk lebih jelasnya, inden motor artinya proses pemesanan untuk pembelian sepeda motor. Konsumen biasanya memberikan tanda jadi untuk pembelian, dan menunggu motor untuk diantarkan di rumah. 

    Lalu, apa sajakah hal yang bisa mempengaruhi waktu inden motor menjadi lebih lama? Berikut News OLX bahas di artikel ini!

    1. Komponen Chip Semikonduktor Terbatas

    Alasan mengenai lamanya proses inden motor di dealer, salah satunya adalah terbatasnya produksi chip semikonduktor. Apa itu semikonduktor? Chip semikonduktor adalah material penting yang dibutuhkan dalam proses perakitan sepeda motor.

    Komponen chip semikonduktor utamanya dibutuhkan untuk membuat Integrated Circuit (IC) yang ada pada bagian elektronik di motor. Oleh karena itu, fungsi semikonduktor sangat penting bagi rangkaian beberapa fitur di motor.

    Inden motor lama termasuk Honda PCX
    Ilustrasi pekerja merakit sepeda motor Honda PCX. (Honda)

    Baca juga: Harga Honda Scoopy 2022 dan Spesifikasi Lengkapnya!

    Rangkaian yang bergantung pada komponen semikonduktor adalah bagian dari fitur di sepeda motor seperti speedometer, engine control module, kelistrikan lampu LED, regulator, dan beberapa fitur motor lainnya. 

    Kelangkaan pasokan semikonduktor ini tengah melanda dunia. Akibatnya, tak hanya dari pasar otomotif saja, beberapa industri elektronik lainnya yang membutuhkan integrated circuit menjadi terbatas produksinya karena kelangkaan semikonduktor.

    Motor-motor yang proses indennya lama, bisa dikatakan yang berjenis skuter matik. Misal di Honda, motor yang cukup lama prosesnya yakni inden motor beat, dan juga inden honda scoopy. PCX, Vario dan Genio juga terdampak.

    2. Faktor Pembagian Unit di Dealer

    Alasan selanjutnya mengenai kenapa inden motor lama, ialah faktor penjatahan dari masing-masing dealer yang berbeda. Disini, Anda bisa berkeliling untuk survey ke setiap dealer, dan mengecek kira-kira dimana yang punya stok atau yang tercepat untuk indent.

    Salah satu hal yang bisa dicoba, yakni bisa dengan mengunjungi dealer resmi terlebih dahulu, misal AHM di Honda, atau Yamaha Motor Indonesia untuk produk Yamaha.

    Oleh karena itu, jika anda penasaran berapa lama inden motor yamaha atau cara cek indent motor honda,  jawabannya bisa Anda temukan dengan bertanya di masing-masing dealer tersebut, karena waktunya relatif berbeda-beda.

    Baca juga: Spesifikasi dan Harga Yamaha Fazzio 2022

    3. Faktor Kapasitas Produksi

    Alasan lainnya mengapa inden motor cukup lama, ialah karena tidak seimbangnya antara kapasitas produksi, dan permintaan pasar yang terus meningkat.

    Oleh karena itu, jika ingin membeli motor baru, Anda harus sedikit bersabar untuk antre dengan pembeli lainnya yang sudah inden terlebih dahulu.

    Lalu, berapa lama inden honda scoopy dan motor-motor skutik Honda lainnya. Menurut beberapa sumber, bisa memakan waktu hingga 2 hingga 8 minggu. Bergantung pada merek, dan cabang dealer yang dipilih.

    Barisan motor baru Yamaha N-MAX yang dijual di dealer Yamaha.

    4. Inden Motor Impor atau CBU

    Untuk yang terakhir, inden motor lama terjadi karena proses impor. Hal ini sudah cukup lumrah dan terjadi pada motor-motor CBU atau yang tidak dirakit di Indonesia.

    Motor impor tersebut umumnya ada di kelas CC tinggi dan ada di kelas high-end. Sehingga stoknya sendiri cukup terbatas di dalam negeri. Inden motor berapa lama? Jika berminat untuk memboyong motor langka tersebut, maka harus bersabar minimal 1-3 bulan untuk proses pemesanannya.

    Baca juga: 7 Cara Memilih Motor Bekas Agar Tak Menyesal

    Demikian 4 Alasan kenapa inden motor baru semakin lama. Untuk solusi bagi Anda, jika ingin membeli motor tanpa perlu menunggu, OLXers bisa membeli produk yang sudah tersedia di dealer, atau membeli motor bekas.

    Di OLX, ada ribuan motor yang diiklankan setiap harinya, dan tentunya bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Cek motor yang anda inginkan disini!

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here