Kamis, Desember 8, 2022
More
    Tips6 Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi dan Cara Mengatasinya!

    6 Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi dan Cara Mengatasinya!

    Saat klakson mobil tidak bunyi, banyak orang cenderung mengabaikannya. Padahal, meski jarang dipakai, kehadiran klakson akan jadi sangat penting saat berkendara, seperti untuk memberikan peringatan pada pengemudi lain.

    Fungsi klakson adalah sebagai bunyi keras yang bisa memberi tanda pada pengguna jalan lain tentang keadaan sekitar jalan, atau juga memberikan peringatan. 

    Jika klakson mobil mati dan dibutuhkan pada saat genting, apakah akan berteriak memberi tanda? Tentu tidak! Itulah sebabnya OLXer harus segera memperbaiki klakson yang tak berbunyi. 

    Supaya tahu jelas, ayo ketahui penyebab klakson mobil tidak bunyi dan juga cara mengatasinya yang disusun oleh News OLX berikut!

    Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi

    Jangan abaikan masalah klakson mobil mati! Sebelum terlambat, ketahui dulu penyebab-penyebab masalah klakson pada mobil. Berikut 6 penyebab umum yang bisa menyebabkan klakson mobil mati:

    1. Sekring klakson

    2. Switch klakson yang bermasalah

    3. Kabel penghubung klakson rusak

    4. Masalah pada relay klakson

    5. Klakson sudah tidak layak

    6. Masalah pada airbag setir

    Baca juga: Begini Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah

    Cara Mengatasi Klakson Mobil Tidak Bunyi

    Masing-masing penyebab tersebut tentunya memiliki solusinya sendiri. Hal ini bisa diperbaiki sendiri di rumah bila memiliki alat-alat dasar seperti test lamp, kabel jumper, dan klem.

    Berikut cara mengatasi klakson mobil yang mati:

    1. Sekring Klakson

    Saat klakson tidak berfungsi, bagian mobil yang paling pertama patut dicurigai adalah sekring. Sekering mobil merupakan elemen yang berfungsi untuk mengamankan rangkaian listrik dalam mobil agar tak kelebihan muatan.

    Nah, apabila terjadi kerusakan atau kabel putus pada sekring mobil, seluruh sistem kelistrikan, termasuk klakson akan kena dampaknya. Akibatnya, suara klakson pun jadi melemah atau bahkan tak bersuara sama sekali.

    Umumnya, rangkaian sekring terletak di dalam ruang mesin mobil pada bagian sisi. Bentuknya seperti garpu yang dilapisi oleh plastik berwarna. Jika rusak, cukup melakukan penggantian dengan membeli sekring yang baru.

    2. Switch Klakson Yang Bermasalah

    Penyebab klakson tidak bunyi berikutnya adalah masalah yang terjadi pada switch mobil. Bagian switch ini terletak pada tombol klakson dan berhubungan dengan setir mobil.

    Untuk memperbaiki kerusakan switch, setir mobil harus dibongkar. Akan lebih baik jika mempercayakan hal ini pada montir bila tak punya kemampuan yang mumpuni. 

    Hal ini karena banyak komponen kecil nan rumit yang harus dibuka terlebih dahulu dengan teliti. Tidak mau ‘kan tiba-tiba ‘tertinju’ airbag ketika membuka stir?

    3. Kabel Penghubung Klakson Rusak

    Klakson terdiri dari berbagai komponen pendukung yang membentuk kesatuan. Bila ada satu yang bermasalah, maka akibatnya bisa menjadi penyebab klakson mobil bunyi pelan atau bahkan tidak berbunyi.

    Salah satunya adalah komponen kabel penghubung. Cukup banyak hal yang menimbulkan masalah pada kabel. Beberapa di antaranya, yaitu:

    • Terkena jamur.
    • Terjadinya korosi.
    • Putus.
    • Terjadi korsleting.

    Baca juga: Kapan Ganti Air Radiator? Ciri Cairan Pendingin Harus Diganti!

    Cara paling gampang untuk mencegah klakson mobil mati ialah dengan mengecek bagian ini secara berkala. Melakukan pembersihan kabel lalu memasangnya kembali bisa jadi solusi pencegahan.

    Bila terlanjur bermasalah, maka lakukan pengetesan terminal menggunakan alat test lamp. Hubungkan alat tes dengan kabel lalu pencet saklar klakson. Bila lampu tes tak menyala, itu berarti terjadi kerusakan pada kabel.

    4. Masalah Pada Relay Klakson

    Tidak semua mobil memang dilengkapi dengan perangkat relay. Jika mobilmu memilikinya, bisa jadi salah satu penyebab klakson mobil mati bersumber dari sini.

    Hampir mirip dengan sekring, relay juga punya peran dalam sistem kelistrikan mobil. Fungsinya sendiri adalah sebagai jembatan penghubung antara baterai dengan arus listrik mobil.

    Masalah yang sering terjadi pada relay ialah terkena kotor maupun air.  Hal pertama yang bisa dilakukan, yakni mengecek dan melakukan pembersihan pada bagian relay

    Bila terjadi kerusakan pada relay, segeralah melakukan penggantian. Tenang saja, penggantian ini tidak akan memakan banyak biaya, kok.

    5. Kondisi Klakson Sudah Tidak Layak

    Nah, misalkan tidak terjadi kerusakan pada relay maupun sekring, kemungkinan besar malah klakson mobil yang keadaannya sudah tidak layak. Agar bisa mengetahui penyebab sebenarnya, lakukanlah tes dengan memberikan arus listrik. 

    Cara untuk mengetes klakson mobil mati akibat kondisinya yang jelek adalah sebagai berikut:

    1. Hubungkan alat probe pengukur elektrik ke kabel klakson.
    2. Pasang kabel jumper untuk menghubungkan salah satu ujungnya pada terminal baterai positif dan yang lainnya pada klakson.
    3. Saat menyentuh klakson dengan ujung kawat jumper, pastikan melakukannya dengan cepat dan segera lepaskan kawat jumper dari klakson.
    4. Bila tak berbunyi, maka benar bila klakson mobil mengalami kerusakan.
    5. Dengan demikian, yang harus lakukan adalah membawa mobil ke bengkel untuk mengganti atau memperbaiki klakson.

    Baca juga: 15 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin & Hanya Keluar Angin

    6. Masalah Pada Airbag Setir

    Seluruh jaringan sistem yang ada pada setir bisa jadi sumber masalah dan penyebab klakson mobil mati. 

    Tak terkecuali fitur airbag yang tersimpan dalam bagian setir mobil. Saat airbag terbuka, secara otomatis kerja klakson pun terhambat. Begitu pula ketika bagian ini mengalami kerusakan.

    Untungnya, jika airbag mengalami kerusakan, akan ada tanda menyala pada lampu di dashboard mobil. Dengan ini, kita bisa langsung mengetahui penyebab klakson mati dan langsung melakukan penanganan.

    Klakson mobil tidak bunyi bisa disebabkan karena kondisinya tidak layak
    Part klakson pada mobil.

    Biaya Perbaikan Klakson Mobil

    Bila tidak yakin bisa memperbaiki sendiri, datang ke bengkel servis klakson mobil adalah pilihan yang tepat. Sebaiknya juga, pilihlah bengkel resmi, ataupun bengkel lainnya yang menyediakan part klakson asli yang cocok untuk mobil.

    Biaya perbaikan diluar dari penggantian komponen mobil berkisar antara Rp75.000-Rp100.000 apabila ada bagian mobil yang perlu dibongkar.

    Harga Klakson Mobil dan Rekomendasinya

    Jika ingin mencari part klakson diluar dari part resmi mobil. Sebaiknya juga gunakan jenis klakson yang sesuai dengan standar kendaraan di jalan raya dan memiliki besaran volume yang ideal. Berikut rekomendasi dan daftar harga klakson:

    1. Klakson DENSO TRUMPET KEONG 12V + RELAY SET: Rp155.000
    2. Klakson Waterproof Hella: Rp120.000
    3. Klakson Bosch Waterproof Strider EC12: Rp150.000
    4. Klakson Keong Dr D Fischer Megahorn F3R: Rp92.000
    5. Klakson PIAA – HO-14 Oto Rp240.000

    Itulah tadi pembahasan dari News OLX mengenai penyebab klakson mobil mati dan cara penanganannya. Merawat mobil dan menjaga kondisinya dengan baik dapat menjaga harga jual mobil tetap tinggi.

    Baca juga: Panduan Lengkap Cara Jual Mobil Bekas di Indonesia

    Jika ingin menjual mobil, platform rekomendasi yang bisa dipilih yakni OLX Autos. Anda bisa mendapatkan harga jual terbaik dan proses yang mudah. 

    Cukup booking inspeksi, tim kami akan segera mengecek mobil dan memberikan penawaran dan pembayaran mobil dengan cepat. 

    Ingat, jika tidak bisa memperbaikinya sendiri, langsung percayakan kerusakan mobil pada montir ya! Semoga ulasan di atas bermanfaat.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here