Jumat, Maret 29, 2024
Lainnya
    LainnyaKetahui Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak, Ciri-ciri dan Cara Perawatannya

    Ketahui Penyebab Kompresor AC Mobil Rusak, Ciri-ciri dan Cara Perawatannya

    Sistem pendingin pada kabin mobil memiliki banyak sekali komponen yang bekerja satu sama lain. Keberadaan dari kompresor AC mobil berperan cukup vital akan kinerja AC dapat bekerja secara maksimal.

    Fungsi dari kompresor AC sendiri adalah untuk untuk mensirkulasi freon atau zat refrigerant ke seluruh sistem AC, dengan cara menaikkan tekanan freon. Ibaratnya, kompresor AC ini seperti jantung yang mengedarkan freon ke seluruh komponen hingga kabin.

    Apabila terdapat masalah pada kompresor AC, tentu akan sangat berpengaruh pada kinerja dari sistem AC pada mobil. Tidak jarang AC mobil Anda menjadi tidak normal dan tidak bekerja seperti biasanya. 

    Maka dari itu selalu rawat kondisi dari sistem AC mobil Anda agar selalu dalam kondisi prima. Salah satu cara merawatnya adalah dengan melakukan servis rutin pada bengkel resmi maupun bengkel kepercayaan Anda. 

    Sebelum mengalami kerusakan, biasanya kompresor AC ini akan menunjukan beberapa ciri-ciri. Sebelum mengetahui ciri-cirinya, perlu Anda ketahui pula apa penyebab dari kerusakan yang terjadi pada kompresor AC mobil. 

    Penyebab kompresor AC mobil rusak

    Penyebab dari kompresor AC mobil rusak bisa terjadi karena beberapa faktor. Berikut penyebab kompresor AC mobil rusak:

    • Sekring putus

    Masalah kelistrikan bisa menjadi penyebab kompresor AC rusak. Antara lain karena sekring yang putus. Karena putus, hal ini menyebabkan arus listrik yang mengalir ke kompresor terputus. 

    Arus listrik yang terputus kemudian mengakibatkan semburan freon ke sistem AC terhenti. Pada akhirnya AC tidak menghasilkan udara yang dingin.

    • Seal Bocor

    Seal merupakan karet pelapis yang bisa mengalami keretakan atau robek. Apabila seal ini rusak akan menimbulkan kebocoran. Efeknya, tekanan pada kompresor untuk menyeburkan gas freon menuju ke sistem AC menjadi lemah dan AC menjadi kurang dingin.

    • Oli Kompresor Habis

    Oli kompresor digunakan sebagai pelumas untuk melumasi bantalan-bantalan komponen AC yang saling bergesekan. Oli kompresor jika sampai habis bisa membuat performa kompresor menjadi terganggu.

    • Pulley dan Pressure Plate Mengalami Kerusakan

    Pulley dan pressure plate berpengaruh terhadap mekanisme kerja kompresor. Jika keduanya mengalami kerusakan atau aus, maka putaran mesin kompresor tidak akan maksimal. Selain itu, juga menghasilkan bunyi berisik.

    • Gas freon hampir habis

    Kompresor AC akan mengeluarkan lebih banyak tenaga untuk memompa gas freon ke seluruh sistem AC mobil. Lama-lama kondisi kompresor akan rusak karena dipaksa bekerja keras. Seab itulah, jumlah gas freon yang sedikit menjadi salah satu penyebab rusaknya kompresor.

    • Kipas AC Mati

    Fan AC atau radiator yang lemah atau bahkan mati akan menyebabkan tekanan pada freon berlebih atau istilahnya overheat. Over heat pada tekanan gas freon inilah yang bisa mengakibatkan kompresor menjadi panas.

    Ciri-ciri kompresor AC mobil rusak

    Fungsi dan jenis kompresor ac mobil

    Terdapat beberapa ciri-ciri pada kompresor AC mobil yang rusak. Ciri-ciri ini cukup mudah untuk dipahami bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan mobil dalam waktu yang cukup lama.

    • Suara AC kasar

    Salah satu ciri mudah mengetahui bahwa kompresor AC rusak adalah suara AC yang kasar dan berisik dari biasanya. Hal ini terjadi saat level AC dinaikkan.

    • AC tidak dingin

    Penyebab dari AC tidak dingin adalah karena kompresor AC yang rusak. Biasanya suhu yang dikeluarkan malah hangat dan hanya angin saja.

    • Freon bocor

    Freon yang bocor bisa terjadi karena kompresor AC yang rusak, Sehingga freon yang terdapat pada sistem pendinginan menguap. 

    • Magnetic clutch bermasalah

    Kopling magnet bermasalah menjadi ciri kompresor AC mobil rusak lainnya yang harus Anda ketahui. Biasanya, hal ini akan Anda temui ketika mobil dalam kondisi berjalan pelan seperti di kemacetan.

    Cara memperbaiki kompresor AC mobil rusak

    Kerusakan pada kompresor AC mobil biasanya terjadi dengan beberapa kondisi. Terkadang ada kondisi yang masih dapat diperbaiki dengan penanganan ringan.

    • Membersihkan karat

    Karat pada kompresor AC mobil biasanya terjadi karena shaft compressor dan bearing tidak berputar. Cara mengatasinya adalah cukup dengan membersihkan karat tersebut.

    • Memberi pelumas

    Setelah karat bersih, bisa diberikan pelumas agar tidak timbul karat lagi. Pemberian pelumas ini akan menjaga agar kompresor tidak mudah rusak.

    • Kencangkan Thrust Bearing

    Thrust bearing yang kendor bisa membuat kinerja kompresor bermasalah. Maka cara mengatasinya adalah dengan mengencangkan thrust bearing-nya.

    • Mengganti kompresor AC

    Bila terasa bahwa sudah terjadi kerusakan parah pada kompresor AC Anda, tidak ada cara lain lagi untuk memperbaikinya. Maka dari itu kompresor AC mobil Anda harus diganti.

    Cara merawat kompresor AC mobil

    Agar kompresor AC mobil Anda tidak mudah rusak, ada beberapa cara untuk merawatnya. Perawatannya ini cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun.

    • Rutin mengaktifkan AC meski jarang digunakan

    Memiliki mobil yang jarang digunakan, ada baiknya selalu menyalakan mesin serta menyalakan AC. Aktivitas ini bisa Anda lakukan seminggu sekali pada saat memiliki waktu luang.

    Hal ini juga menjaga komponen aki agar tidak tekor karena mobil tidak dinyalakan dalam jangka waktu lama.

    • Menjaga kebersihan kabin

    Kabin yang bersih, tentu akan meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam filter AC. Sehingga filter AC tidak bekerja terlalu berat.

    • Membersihkan filter AC

    Filter AC yang bersih tentu akan membuat usia dari kompresor AC mobil lebih panjang. Pasalnya kinerja yang dilakukan oleh kompresor tidak akan semakin berat dengan adanya kotoran yang menumpuk.

    • Mengganti oli kompresor

    Oli pada kompresor perlu diganti secara berkala. Apabila oli ini habis akan menyebabkan kompresor berkarat dan terjadi penyumbatan.

    Nah, setelah Anda menyimak mengenai penyebab kompresor AC rusak, sedikit banyak pasti Anda sudah tahu cara merawat dan ciri-ciri kerusakannya. Selalu jaga kondisi kendaraan Anda agar selalu memiliki kondisi prima.

    Kalau soal urusan mobil bekas, pastikan untuk memilih yang #PastiAja yaitu di dealer OLX Autos yang dapat memberikan penawaran terbaik dan garansi pada unit yang Anda beli,

    Pilih mobil bekas berkualitas terbaik, dan harga yang paling reasonable di OLX Autos. Ada ribuan unit mobil bekas berkualitas yang bisa dipilih. Kami menjamin semua unit mobil berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Dengan harga dan biaya perawatan yang rendah, kebutuhanmu bisa terpenuhi!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait