Senin, Desember 6, 2021
OLX Auto
More
    TipsPenyebab Muncul Asap Putih dari Knalpot, Jangan Dianggap Remeh

    Penyebab Muncul Asap Putih dari Knalpot, Jangan Dianggap Remeh

    Masalah pada sebuah mobil banyak faktornya. Namun begitu, Bahkan tak jarang adanya sebuah masalah pada mobil diawali dengan beberapa tanda-tanda yang tidak biasa terjadi. Salah satunya muncul asap putih dari pipa knalpot.

    Ehm, kira-kira OLXer tahu kenapa bisa muncul asap putih?

    Nah, buat yang belum tahu asap putih yang mengepul dari knalpot, menurut Car From Japan, asap putih bisa jadi masalah besar atau tidak tergantung ketebalannya.

    Namun yang pasti munculnya asap putih pada knalpot mobil karena hasil dari kondensasi (perubahan wujud uap air menjadi cair) yang menumpuk di dalam sistem pembuangan.

    Hanya saja, jika asapnya cukup tipis, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena akan cepat menghilang. Sebaliknya, asap lebih tebal, maka kemungkinan telah terjadi masalah.

    Adapun, asap putih muncul sangat tebal bisa karena pendingin mesin rusak, sehingga merembet ke bagian komponen lain seperti kepala silinder dan paking kepala pecah atau bengkok, hingga blok mesin retak.

    Sementara itu, jika mobil bermesin diesel, penyebab asap putih muncul karena saat menghidupkan mesin, fuel pumping injection berhenti bekerja.

    Masalah lain yang bisa membuat muncul asap putih yaitu Coolant atau bagian pendingin bocor. Alhasil, jika komponen ini bocor, maka cairan pendingin mobil bisa cepat berkurang. Apabila ini terjadi, maka mesin mobil bisa menjadi cepat panas, kemudian mengeluarkan asap.

    Biasanya, asap putih muncul karena coolant bocor, ketika mobil sedang melaju. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menyalakan mobil jika cairan pendingin habis. Hal ini bisa menyebabkan terjadi masalah yang lebih parah.

    Kesimpulannya, muncul asap putih tebal, sebaiknya lakukan pemeriksaan, karena bisa saja akan menyebabkan risiko kerusakan yang lebih parah. Apabila OLXer memang tak paham akar masalahnya, disarankan serahkan ke bengkel untuk diatasi oleh mekanik ahli.

    Perlu diketahui juga, jika bagian-bagian mesin yang menyebabkan asap putih muncul dari knalpot mobil, maka biaya untuk perbaikan dan penggantian suku cadang kemungkinan akan mahal. 

     

    OLX Auto

    Berita Terpopuler

    Herdi Muhardi
    Penulis konten otomotif mulai dari sepeda motor, mobil, bus hingga truk yang sempat menjadi jurnalis sejak 2011 di beberapa media mainstream ternama di Indonesia.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here