Jumat, September 30, 2022
More
    Tips12 Penyebab Suara Mobil Berdengung Yang Harus Diketahui!

    12 Penyebab Suara Mobil Berdengung Yang Harus Diketahui!

    Suara berisik dan tak jelas kerap kali mengganggu konsentrasi saat mengemudi mobil. Tidak hanya berasal dari ramainya kendaraan di jalanan, suara mengganggu bisa saja muncul dari mobil yang kita kendarai. Salah satunya suara dengung pada mobil saat jalan.

    Anda mungkin pernah mengalami posisi seperti ini. Ada semacam keanehan melalui suara mesin mobil mendengung saat digas. Suara mobil berdengung ini menandakan ada suatu kondisi yang terjadi di mobil.

    Pada umumnya, penyebab suara dengung banyak sekali faktor. Nah mau tau apa saja sumbernya? Berikut ulasannya:

    1. Kondisi Ban Benjol atau Bergelombang

    Kondisi ban benjol atau bergelombang biasanya membuat permukaan atau tapak ban menjadi tidak rata. Hal ini pula menimbulkan suara dengung. Biasanya,  suara tersebut akan muncul saat kendaraan melaju di atas kecepatan 60 km/jam. 

    Setelah itu, suara dengung perlahan akan berkurang saat mobil melaju semakin kencang dengan kecepatan di atas 100 km/jam. Adapun ban menjadi benjol bisa disebabkan kurangnya tekanan udara, dan ban sering menghantam lubang.

    Ban benjol yang bisa menyebabkan Suara Mobil Berdengung
    Kondisi ban yang benjol bisa menimbulkan suara dengungan.

    2. Masalah Pada Bearing atau Laher As Roda

    Jika pengecekan terhadap ban diketahui tidak terjadi masalah, indikasi suara dengung bisa dikarenakan masalah pada bearing atau laher roda. 

    Biasanya, suara dengung akan timbul saat mobil melaju di atas 40 km/jam. Semakin kendaraan melaju lebih cepat, suara dengung di dalam kendaraan akan terus meningkat.

    Baca juga: Begini Cara Ganti Oli Mobil Sendiri di Rumah!

    3. Pompa power steering dan selangnya

    Pompa power steering yang rusak juga dapat menyebabkan suara dengungan. Seringkali Anda dapat mendengar dengungan saat menyalakan mobil setelah dingin karena oli mengental pada suhu rendah. 

    Jadi, setelah menyalakan mobil Anda akan mendengar dengungan selama 2-3 menit karena pompa mencoba memompa cairan kental.

    Bunyi dengung juga dapat muncul di selang selang power steering karena penempatannya yang tidak tepat, dan gejala ini dapat terdengar saat mesin dalam keadaan diam sekalipun.

    Untuk memeriksanya selang power steering, bisa dengan memutar setir.. Jika suara berubah saat roda mobil dibelok-belokkan, sebaiknya periksa penempatan selang yang benar, dan pastikan tidak bengkok atau tertekuk.

    4. Peredam atau Joint Kopel Melemah

    Komponen yang satu ini umumnya terdapat di mobil berpenggerak roda belakang maupun 4WD. Joint kopel bertugas sebagai penghubung antara tiang kopel dengan gardan. 

    Joint kopel juga berfungsi sebagai peredam hentakan saat tenaga dari mesin disalurkan ke arah penggerak roda. Jika peredam sudah mulai melemah, biasanya akan menimbulkan suara dengung saat mobil melaju di kecepatan 60 km/jam. Tidak hanya itu, getaran akan sangat terasa jika mobil sedang berlari di kecepatan tinggi.

    Baca juga: 10 Gejala Transmisi Mobil Mengalami Kerusakan

    5. Tidak Mengganti Pelumas Gardan

    Salah satu penyebab suara dengung juga bisa timbul dari crown wheel atau sering disebut sebagai “gigi nanas” yang berada di dalam sistem penggerak gardan. 

    Biasanya pemilik kendaraan telat mengganti pelumas gardan sehingga komponen ini mengalami aus. Padahal, pelumas gardan wajib dilakukan pergantian setiap 40 ribu km. 

    Suara dengung akan jelas terdengar saat kendaraan melaju di atas 60 km/jam. Gejala yang terjadi hampir sama dengan kerusakan yang disebabkan oleh bearing/laher. 

    6. Bantalan Poros Roda Gigi Aus

    Bunyi dengungan juga bisa disebabkan oleh rusaknya bantalan poros roda gigi yang terletak di transmisi. Bunyi dengungan biasanya akan berada di bawah mobil, semakin tinggi kecepatannya, semakin keras dengungannya.

    Memeriksa masalah ini mudah, Anda hanya perlu memindahkan gigi ke netral saat mengemudi, jika suara dengungan hilang, maka sudah pasti komponen ini yang harus Anda perbaiki di bengkel mobil. Hal ini karena bagian tersebut agak sulit untuk diperbaiki.

    Baca juga: Kenali Tanda Velg Rusak, Jangan Lama Dibiarkan 

    7. Alternator Mobil Rusak

    Alternator adalah komponen mobil yang berfungsi untuk mengalirkan listrik pada bagian penting mobil. Misalkan mesin, lampu, AC mobil, wiper hingga tape mobil. Jika alternator tidak berfungsi dengan baik, ini juga dapat menyebabkan suara mendengung. 

    Alternator yang rusak menyebabkan tegangan yang naik turun dalam sistem kelistrikan mobil. Hal inilah yang menyebabkan suara dengung, dan kemudian bisa menyebabkan kegagalan sistem mesin, elektronik di kabin tidak berfungsi dan baterai tidak terisi dengan baik.

    8. Masalah di Bantalan Pompa Air

    Jika bantalan dari pompa air aus, ini akan memicu dengungan di kompartemen mesin. Masalah ini biasanya terjadi karena suhu mesin yang terlalu tinggi. Kemudian suhu cairan pendingin akan juga menjadi panas, dan merusak komponen bantalan pompa air.

    Baca juga: Hindari 5 Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Rusak

    9. Oli Transmisi Tidak Diganti

    Oli transmisi penting juga untuk diperhatikan, dan diisi ulang bila sudah berkurang. Hal ini berlaku baik mobil Anda bertransmisi manual maupun otomatis. Oli transmisi yang tidak cukup dapat menimbulkan suara dengung saat berkendara. 

    Pada kecepatan yang lebih tinggi, suara akan lebih keras. Berkurangnya oli transmisi akan menjadi masalah besar di kemudian hari bila tidak segera Anda benahi. Hal ini  karena sistem transmisi mobil akan terganggu dan bisa rusak total.

    10. Sekrup Mesin Longgar

    Bunyi dengungan di mobil, tidak semuanya menandakan masalah yang serius. Bisa jadi bunyi-bunyi tersebut muncul karena getaran yang disebabkan oleh sekrup yang longgar. 

    Hal ini cukup mudah diselesaikan dengan cara mencari komponen mana yang bergerak-gerak atau terlihat longgar, kemudian segera kencangkan sekrup atau bautnya.

    setelan roda yang tidak seimbang bisa membuat Suara Mobil Berdengung
    Setelan roda yang tidak seimbang bisa membuat suara mobil berdengung.

    11. Setelan Roda Tidak Seimbang

    Roda yang tidak seimbang akan bergetar saat dikendarai. Semakin tinggi kecepatan, semakin tinggi getarannya. Selain akan membuat mobil menjadi tidak nyaman dikendarai, gesekan roda bisa membuat bunyi berdengung. 

    Semakin keras dengungannya, menandakan bahwa setelan roda semakin tidak seimbang. Oleh karena itu, untuk keselamatan berkendara, segera periksakan mobil di bengkel terdekat.

    12. Knalpot Longgar

    Hal ini adalah alasan paling umum yang menyebabkan mobil mengeluarkan suara dengung. Bunyi dengung terjadi karena pipa knalpot tidak terkunci erat di tempatnya, dan getarannya membuat menyentuh komponen mobil yang lain.

    Untuk memeriksa apakah masalah ini terjadi karena knalpot, injak akselerator atau pedal gas sampai RPM tertentu. Jika semakin diinjak, bunyi semakin keras, maka besar kemungkinan masalahnya ada disini. 

    Baca juga: Ingin Beli Mobil Bekas? Cek Bushing Arm Mobil dengan Cara Mudah Ini

    Jika OLXer masih ragu, ada baiknya langsung mengunjungi bengkel terpercaya untuk mengetahui penyebabnya. Demikian informasi mengenai penyebab mobil mengeluarkan suara berdengung.

    Semoga dapat bermanfaat, bila Anda ingin membeli mobil bekas dengan kondisi terbaik, di OLX Autos adalah tempat yang tepat. Semua mobil sudah diperiksa secara detail oleh petugas inspeksi berpengalaman, dan unit mobil dalam kondisi terbaik!

    Artikel ini pertama kali ditulis 14 Oktober 2021. Diperbarui pada tanggal 19 September 2022.

    Berita Terpopuler

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here