Sabtu, April 20, 2024
Lainnya
    Tak Berkategori12 Perawatan Mobil Listrik yang Harus Anda Ketahui, Sebelum Membeli

    12 Perawatan Mobil Listrik yang Harus Anda Ketahui, Sebelum Membeli

    Sebelum menentukan untuk membeli mobil listrik, alangkah lebih baik untuk mengetahui cara perawatannya terlebih dahulu. Setelah mengetahui perawatan mobil listrik, pengetahuan ini akan mempermudah saat sudah memiliki dan menggunakannya sehari-hari.

    Sampai saat ini kepopuleran mobil listrik memang kian pesat. Banyak pengguna mobil konvensional saat ini banyak yang tertarik dan membeli mobil listrik. Memang mobil listrik saat ini masih menjadi mobil yang cukup mahal bila dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional.

    Namun apabila dilihat dari konversi energi yang digunakan, saat ini penggunaan mobil listrik jauh lebih irit bila dibandingkan dengan mesin berbahan bakar minyak. Menjadi mobil yang ramah lingkungan serta irit, tentu semakin banyak disukai.

    Baca juga: Daftar Lengkap 15 Mobil Listrik Yang Dijual di Indonesia dan Harganya!

    Apalagi perawatan untuk mobil ini cukup praktis dan tidak begitu sulit untuk dilakukan. Berikut 12 perawatan mobil listrik yang harus Anda ketahui:

    Menggunakan Slow Charging

    Pada setiap mobil listrik, pasti memiliki beberapa mode dalam mengisi dayanya. Dua mode yang paling umum adalah fast charging dan slow charging. Dalam menggunakan mode tersebut ada kekurangan serta kelebihannya masing-masing.

    Penggunaan mode pengisian daya yang dilakukan ini nantinya akan berpengaruh dengan kondisi dan usia baterai yang digunakan pada mobil listrik. Pengguna mobil listrik dianjurkan untuk menggunakan slow charging karena lebih aman dan membuat baterai lebih awet.

    Mode pengisian daya slow charging menggunakan arus alternating current (AC). Sementara itu untuk fast charging menggunakan arus direct current (DC). Pengisian daya dengan model slow charging memang akan membutuhkan waktu lebih lama sampai baterai terisi penuh. 

    Karena itu, ada baiknya pengguna melakukannya untuk penggunaan sehari-hari. Sementara itu pengecasan dengan mode fast charging bisa dilakukan ketika memanfaatkan fasilitas pengisian umum.

    Rutin Cek Radiator

    Fungsinya juga sama seperti mobil konvensional yaitu sebagai komponen pendingin. Mobil listrik perlu untuk menjaga suhu kerjanya agar bisa berfungsi dengan baik. 

    Coolant atau air radiator yang ada di dalamnya juga ternyata perlu diganti. Penggantian coolant disarankan hanya setiap 60.000 km.

    Baca juga: 7 Rekomendasi Mobil Listrik Terbaik Dilengkapi Manfaat dan Cara Perawatannya 

    Mengganti Oli Speed Reducer

    Setiap mobil listrik memiliki motor listrik untuk menghasilkan tenaga yang disalurkan ke roda agar mobil dapat melaju. Untuk menyalurkan tenaga ini merupakan tugas dari speed reducer yang terdiri dari komponen gir seperti transmisi. 

    Karena itu juga dibutuhkan pelumas untuk menopang kinerjanya. Namun jumlah pelumas yang dibutuhkan cukup sedikit, yaitu 1 liter.

    Mengganti Filter AC

    Walau tidak berkaitan langsung dengan performa dari kendaraan, tapi perawatan mobil listrik yang satu ini juga sangat penting.

    Karena hubungannya dengan kenyamanan dan kesehatan pengendara. Penggantian filter Air Conditioning (AC) disarankan rutin dilakukan guna menjaga sirkulasi udara di dalam kabin.

    Ganti Kampas Rem

    Baik mobil konvensional maupun mobil listrik, penggantian kampas rem sesuai kebutuhan sangat penting untuk dilakukan. Sebagai aspek keselamatan yang cukup mendasar tetap perlu diperhatikan.

    Komponen yang mesti diperiksa atau diganti ketika dibutuhkan meliputi kampas rem ban depan dan belakang. 

    Pastikan Minyak Rem dalam Volume Standar

    Keselamatan dalam menggunakan kendaraan bermotor tentu menjadi yang paling utama. Setelah mengganti kampas rem, pastikan volume minyak rem tetap dalam kondisi standar.

    Bila sudah menipis bisa diisi ulang kembali dengan minyak rem baru.

    Tetap Dicas Meski Tak Digunakan

    Memiliki beberapa unit mobil di rumah sehingga mobil listrik cukup jarang digunakan. Salah satu cara merawatnya seperti mobil konvensional yang dipanaskan secara berkala. Namun untuk mobil listrik juga perlu untuk mengecasnya meski tidak digunakan.

    Selain itu jangan sampai dibiarkan kosong dalam waktu yang lama. Ambang batas baterai minimal yang ada pada mobil listrik adalah 10% yang mana harus segera diisi.

    Selalu Memastikan Kesehatan Baterai

    Baterai pada mobil listrik memiliki peranan yang sangat vital, maka dari itu perlu untuk memastikan kesehatan baterai agar tidak terjadi sebuah masalah saat mengendarainya di jalan raya.

    Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan slow charging, jangan mengisi melebihi batas, sehingga tidak perlu sudah 100% masih tetap dicas karena dapat memperpendek usia baterai.

    Jangan Parkir di Tempat yang Langsung Terkena Sinar Matahari

    Beberapa mobil listrik dilengkapi dengan sistem termal guna menjaga suhu pada mesin mobil tetap pada suhu yang normal dan tak overheat. Sehingga jika pengguna mobil memarkirkan mobilnya di bawah terik panas matahari secara langsung, sistem termal ini akan terus beroperasi untuk mendinginkan suhu mobil sehingga baterai pada mobil listrik akan lebih cepat habis

    Membaca Buku Panduan

    Setiap membeli mobil, pasti akan dibekali dengan buku panduan. Untuk lebih memahami dalam menggunakan mobil tersebut, pastikan pahami terlebih dahulu mengenai panduan dalam menggunakan mobil seperti dalam buku.

    Baca juga: Semakin Banyak Diminati, Ini Kelebihan dan Kekurangan Beli Mobil Listrik

    Menggunakan Berbagai Fitur namun Tetap Dikontrol

    Salah satu kelebihan dari mobil listrik dengan mobil konvensional adalah adanya berbagai fitur lengkap yang menunjang kenyamanan, keamanan hingga keselamatan pada pengguna.

    Seperti halnya fitur auto pilot yang saat ini banyak ditemukan pada mobil listrik keluaran terbaru. Meski sudah menjadi fitur yang umum, penggunaannya pun tetap dikontrol dan jangan sampai meninggalkan laju kemudi mobil tanpa pengawasan karena bisa terjadi kesalahan yang mengakibatkan kecelakaan.

    Service Rutin Secara Berkala

    Terakhir dan tidak kalah penting adalah melakukan service secara berkala seperti anjuran pada buku panduan. Melakukan service adalah perilaku preventif pemilik mobil agar kondisi kendaraannya selalu dalam keadaan prima.

    Percayakan mobil listrik Anda kepada mekanik yang sudah ahli agar selalu dalam keadaan baik dan nyaman saat digunakan.

    Itulah perawatan mobil listrik yang harus Anda tahu, cukup mudah bukan untuk dilakukan?

    Nah, kalau soal membeli mobil bekas, pastikan untuk membeli pada dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Membeli mobil bekas yang aman digunakan di jalan tentu harus fokus pada kualitasnya. #PilihYangPasti untung di OLX Autos. Kamu bisa pilih ribuan unit mobil dengan kualitas terbaik dan sudah melalui inspeksi. Sehingga bergaransi dan dijamin aman dan nyaman untuk berkendara bersama keluarga tercinta!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait