Selasa, Oktober 3, 2023
Lainnya
    MotorReview Perbedaan Beat FI dan Beat eSP

    Review Perbedaan Beat FI dan Beat eSP

    Sepeda motor menjadi kebutuhan mendasar banyak orang. Motor memiliki fungsi sebagai kendaraan yang bisa mengantarkan Anda dari satu tempat ke tempat tujuan tertentu. Motor yang ringkas biasanya menjadi kendaraan favorit orang Indonesia. Tak heran, penjualan motor di Indonesia selalu menanjak catatannya tiap tahun.

    Honda menjadi pabrikan yang memproduksi motor-motor laris di Indonesia. Salah satu motor terlaris Honda yakni Beat. Beat terbukti jadi juara sepeda motor jenis skuter matik karena harganya yang terjangkau dan tentunya performa yang ciamik. Honda Beat telah berhasil memikat hati orang Indonesia.

    Baca juga: Punya Warna Baru, Ini Spesifikasi dan Harga New Honda BeAT

    Saat ini Honda Beat ada 2 varian yang jadi favorit publik yakni Beat FI dan Beat eSP. Kedua jenis motor ini sama-sama memiliki banyak fitur unggulan. Tak panjang lebar lagi, berikut perbedaan Beat FI dan Beat eSP.

    Honda Beat FI

    Sesuai dengan namanya, Beat FI merupakan varian yang menggunakan teknologi PGM FI. PGM FI adalah kepanjangan Programmed Fuel Injection. PGM FI ini memiliki fungsi sebagai pengontrol suplai bahan bakar secara elektronik. Dengan fungsi itu tersebut maka bisa memberikan pasokan bahan bakar dan oksigen yang cukup optimal.

    Varian Honda ini pertama kali diluncurkan ke masyarakat pada 2012. Motor Honda Beat FI pun menjadi juara di kelasnya dengan alasan harga yang cukup oke di kantong dengan varian terendah dimulai dengan harga Rp 16,66 juta hingga varian tertingginya berada di kisaran harga Rp 18,47 juta. Harga yang cukup terjangkau untuk masyarakat Indonesia.

    Honda Beat eSP

    Honda Beat eSP tak kalah populer dibanding Honda Beat FI. Honda Beta ini lebih canggih karena ditambahkannya fitur eSP. Beat eSP ini pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada 2014. Di tahun diluncurkan, Beat Fi diberi tambahan fitur berupa teknologi eSP dan ISS. 

    Untuk bahan edukasi, eSP merupakan singkatan dari Enhanced Smart Power. Fungsinya yakni proses pembakaran menjadi lebih efisien dan energi yang terbuang semakin kecil. Efek yang dihasilkan yakni menyebabkan bahan bakar semakin irit dan tentunya ramah lingkungan. 

    Beat eSP varian terendah dimulai dengan harga Rp 17,78 juta hingga varian tertingginya di Rp 19,03 juta.

    Baca juga: 30 Daftar Motor Bekas 3 Jutaan, Sudah Bisa Dapat Honda BeAT

    Perbedaan Beat eSP dan Beat FI

    Penjualan Sepeda Motor 2021
    Pramuniaga berpose disamping produk terbaru All New Honda Beat series di Jakarta, Kamis (16/1/2020). PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan dua produk terbaru All New Honda Beat series, yaitu All New Honda Beat dan All New Honda Beat Street dengan desain bodi baru yang compact, serta penyematan beragam teknologi dengan inovasi terbaru pada sisi rangka dan mesin. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/ama.

    Setelah mengetahui secara ringkas tentang Beat FI dan Beat eSP maka ada baiknya juga mengetahui perbedaan kedua motor ini. Dengan mengetahui perbedaan maka bisa membantu untuk memilih motor mana yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa poin perbedaan antara Beat FI dan Beat eSP.

    Eksterior

    Melihat dari sisi eksterior, Beat FI dan Beat eSP tak memiliki perbedaan yang signifikan. Melihat cover bagian depan stang untuk Beat eSP memiliki lekukan yang lebih kecil dibanding Beat FI. 

    Tak hanya itu untuk speedometer juga terlihat beda, Beat eSP memakai perpaduan warna kelir merah dan hitam, sementara untuk Beat FI warna putih dan hitam. Untuk bagian rumah lampunya, Beat FI mempunyai posisi sein kanan dan kiri lebih tinggi daripada lampu utama tetapi tetap menyatu sehingga membentuk seperti kepala bertanduk di kanan dan kiri. 

    Sementara untuk Beat eSP kedua lampu sein nya terpisah dengan lampu utama besar di tengah, lalu lampu sein nya terletak dibawah lampu utama. Memiliki desain knalpot juga terdapat perbedaan juga yang harus diketahui. 

    Beat eSP terlihat lebih sporty dibanding Beat FI. Untuk cover kipas nya juga berbeda, tampilan untuk pijakan kaki atau step floor berbeda, meskipun keduanya sama-sama memiliki dimensi luas yang sama.

    Interior 

    Tak hanya eksterior, nyatanya interior pun juga memiliki perbedaan dari Beat FI dan eSP. Kedua motor dari pabrikan Honda berbeda kapasitas bagasinya. Honda Beat eSp dibekali kapasitas sebesar 12 liter sementara untuk Beat FI hanya 11,2 liter. Beat FI tampak lebih kecil, namun kedua bagasi motor tersebut sama-sama dapat menyimpan helm.

    Mengulas dari segi kapasitas tangki bensin, Beat FI dan eSP  in memiliki perbedaan dari kapasitas tangki bensin sebesar 4,2 liter sedangkan untuk Beat FI memiliki kapasitas yang lebih kecil yakni 4 liter. 

    Tak hanya itu, terdapat juga perbedaan dari dudukan body cover, DLC short connector nya untuk Beat eSP terletak di dekat aki sementara pada Beat FI terletak di bawah bagasi. Itulah beberapa perbedaan interior dari kedua motor.

    Baca juga: Honda Vario dan Beat Ternyata Banyak Dicari di Luar Negeri

    Fitur 

    Tak cukup hanya membandingkan beda interior dan eksterior, dari segi fitur jelas ada beberapa perbedaan. Fitur eSP boleh dibilang cukup lengkap dibanding FI karena dari segi tahun keluarnya saja sudah terlihat jelas bahwa fitur FI agak cukup tertinggal dari eSP.  eSP terdapat fitur ISS atau Idling Stop System. 

    ISS ini memiliki fungsi untuk mematikan mesin apabila sedang berhenti selama 3 detik. Fitur ini kemudian akan kembali menyala apabila menggerakan gas lagi. Tak hanya itu, ada juga fitur ACG Starter atau Alternating Current Generator. 

    Fitur ACG adalah salah satu fitur terbaru yang memiliki fungsi untuk mengurangi getaran dan bunyi ketika motor dinyalakan. Fitur-fitur terbaru yang dimiliki Beat eSP ini bisa berefek dan berdampak positif untuk umur kendaraan.

    Beda Spesifikasi

    Bicara tentang spesifikasi, tentu baik Beat FI maupun eSP memiliki beberapa perbedaan. Beat eSP memiliki kapasitas aki lebih besar dibanding FI karena alasan Beat eSP terdapat fitur ISS. Aki untuk Beat eSP sebesar 5 Ah sementar untuk Beat FI hanya 3 Ah. 

    Masuk ke dalam mesin, kedua motor ini tidak terlalu berbeda sama-sama mesin 108,5 cc dengan bore dan stroke identik. Namun jika menilik pada kompresi, Beat eSP lebih besar dibanding Beat FI. 

    Varian eSP kompresinya sebesar 9,5 sedangkan untuk yang FI sebesar 9,2. Pabrikan menaikan nilai kompresi menjadi 9,5 karena agar lebih percaya dengan sistem pendinginan yang mengadopsi spiny sleeve. 

    Perbedaan lainnya terletak pada Roller Rocker Arm (RRA). Beat eSP memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding Beat FI. Tak hanya itu, piston pada Beat eSP lebih ringan sebesar 11,5 gram dibandingkan piston Beat FI. Lalu piston untuk Beat eSP juga lebih ringan sebesar 4 gram dibandingkan dengan miliki Beat FI.  

    Melihat ke bagian kelistrikan kedua motor maka bedanya yakni untuk Beat eSP menggunakan listrik 3 phase sementara di Beat FI hanya memiliki 12 gulungan namun di Beat eSP mempunyai 18 gulungan. Hal ini dikarenakan sistem pengisiannya berbeda yang menyebabkan flywheel yang berbeda juga. Adapun tujuan dengan adanya perbedaan ini karena berusaha untuk menciptakan efisiensi mesin  agar menjadi lebih halus dan minim gesekan.

    Nah, itulah perbedaan dari Honda Beat FI dan eSP. Meski keduanya sama saja, namun memiliki perbedaan pada bagian teknologi yang disematkan pada motor matik tersebut.

    Kalau untuk urusan mobil bekas, pastikan untuk memilih di dealer terpercaya yang dapat memberikan penawaran terbaik serta garansi pada unit yang Anda beli seperti OLX Autos.

    Dapatkan mobil bekas berkualitas dengan #PilihYangPasti di OLX Autos! Kami menjamin semua mobil yang bisa anda pilih berkondisi prima, dan bergaransi karena telah melalui inspeksi detail dari petugas berpengalaman. Pilih mobil terbaik untuk menunjang semua kebutuhan harian di OLX Autos!

    Populer
    GIIAS 2023
    Berita Terkait